Day 12: Ini Cara Sehat Versiku


Waktu ikutan lomba lari di Singkawang, Kalimantan Barat, cieee 

Sebenarnya jika diminta untuk berbagi tips sehat, masih merasa jauh banget dari label sehat. Masih dalam perjalanan ke arah sana, maksudnya. Tapi mungkin menulis dengan topik ini bisa menyegarkan kembali niat dan tujuan yang ingin dicapai ya hehehe.


Baca juga: Bucket List 2019


Misalnya nih aku masih berjuang untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya tidak muluk-muluk sih, cuma ingin lebih sehat dan mudah mencari baju hahaha. Tentu gaya hidup yang harus diubah, pola makan diperbaiki dan olahraga diperbanyak. Aku membiasakan diri banyak minum air putih dan selalu bergerak. Meski di kantor lebih banyak duduk, aku usahakan melakukan banyak gerak. Caranya dengan minum air putih yang banyak agar lebih sering ke toilet (toilet di kantor jauh didepan, lumayan lah sekali ke toilet dapat 500 langkah PP, yes aku sudah hitung!). Jadi 2 target terpenuhi sekaligus, minum air putih dan bergerak.

Yang kedua, mengurangi asupan gula ke tubuh. Aku hanya minum teh manis satu gelas di pagi hari. Sisanya mungkin asupan dari nasi putih yang aku makan, sehingga aku mengurangi porsi nasi putih harian. Kebetulan aku tidak terlalu suka makanan atau cemilan manis, jadi ini membantu banget.

Tantangan berikutnya adalah mengurangi garam. Karena tidak suka makanan manis, tentunya makanan asin adalah kesukaanku. Caranya bisa dengan mengurangi garam pada masakan, dan perbanyak minum air putih.

Oiya, aku juga masih berusaha untuk tidur cukup yaitu minimal 6 jam sehari. Buat aku sulit banget karena rasanya 24 jam itu kurang. Di antara kesibukan bekerja dari pagi ke sore hari, kemudian mengejar deadline menulis di malam hari. Jadi aku tetapkan tidur maksimal jam 12 tengah malam, agar bisa bangun jam 04.30 keesokan harinya. Jika sudah 2 malam berturut-turut berpola seperti ini, maka malam ketiga harus tidur lebih awal untuk membayar hutang tidur 2 malam sebelumnya. Maklum ya gaes, sudah mulai uzur hehehe

Untuk olahraga, aku berusaha meluangkan waktu minimal 15 menit di pagi hari sebelum mandi. Gerakan yang kulakukan bisa peregangan, jalan kaki, aerobik, atau yoga. Tergantung mood. Karena menurut aku berolahraga juga harus dengan hati yang senang lho.




Mengubah gaya hidup memang tidak bisa dalam semalam. Konon untuk mengganti kebiasaan dibutuhkan 21 hari, untuk mengganti gaya hidup dibutuhkan 3 bulan. Tentu ada hari-hari malas bin banyak alasan, tapi gak boleh menyerah ya. Besok dimulai lagi dan harus tetap semangat!

Kalau kamu gimana? Share yuk dengan memberikan komentar tentang kebiasaan hidup sehat J


Comments

  1. Am I not the best sista ever ? 🐱🐈 I literally comment on all your posts even on those mehh topics (like this one, you know I'm not that exercise type of person, or when you start writing about IT, which you know, I still live in the 90s 😽). I genuinely think athletic people are the hottest and you do look awesome in that pic (you go, busy bee 🐝 !!! ) So you go, Sista, Health Supremes !!! 😺😻🌹

    ReplyDelete
  2. hahaha yes, I am so lucky to have you! muah

    ReplyDelete

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah membaca. Tinggalkan komentar ya, biar aku bisa balas BW 😊

Popular posts from this blog

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia

14+ First Love (2015), Kisah Cinta Pertama dari Sinema Rusia

Menikmati sistem transportasi di Jakarta, sudah keren banget!