Posts

Buku Catatan Unik dari Hibrkraft, Ini yang Gue Banget

Image
Aku punya banyak sekali jurnal. Entah mengapa aku suka sekali memiliki jurnal lebih dari satu, yang kusematkan kepada mereka untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Ada jurnal untuk to-do-list, curheart, menggambar iseng, sampai aku tulis juga materi ngaji atau belajar bahasa di jurnal, alih-alih di buku tulis. Alasannya karena jurnal kan bentuknya lebih handy dan nggak gampang lecek kayak buku tulis. Karena teman-temanku juga tahu soal hobi memiliki jurnal ini, sering sekali aku mendapat kado atau oleh-oleh berupa jurnal. Alhasil semakin lengkap lah koleksi jurnalku. Kalau nggak dipakai mubasir yekan, jadilah aku sering banget ngadi-ngadi bikin tema jurnal sendiri 😄😄😄 Nah, yang terakhir ini aku dapat hadiah dong dari Hibrkraft 💓 Adakah yang sudah pernah mendengar  Hibrkraft sebelumnya? Yuk, kenalan dulu dengan jurnalku yang terbaru. Jadi ini adalah sebuah buku catatan unik yang bisa dicustom sesuai selera kita. Aku sendiri memilih yang bersampul tenun, karena AKU BELUM PERNAH PU

Tentang Friends The Reunion, Dari Seorang Fans

Image
    Euforia tentang Friends The Reunion mungkin sudah padam, tapi buatku, aku masih belum bisa move on dongg 😂😂😂 Pertama kali menonton Friends ketika umurku masih belasan tahun. Waktu itu meskipun usiaku masih muda, komedi yang dimainkan masuk dalam nalarku, dan aku bisa tertawa dibuatnya. Belum lagi kisah tentang persahabatan erat yang sudah seperti keluarga –siapa yang nggak kepingin punya sobit seperti mereka berenam, yekan? Sejak itu aku selalu mengikuti setiap episodenya. Meski di season awal aku sempat ketinggalan nontonnya, tapi dengan semangat membara aku berhasil menuntaskan misi menonton season-season awal. Tidak terhitung juga aksi menonton ulang karena koleksi DVD sudah ditangan 😎😎😎 Aku hampir hapal semua episodenya, tapi herannya masih saja tertawa setiap menonton ulang. Gilak, menurutku keren banget sih penulis skenarionya. Menciptakan enam tokoh dengan karakter yang kuat. Masing-masing punya keanehan sendiri-sendiri. Tapi entah bagaimana, mereka berenam sem

Ini 10 Prinsip Akuntansi yang Wajib Diketahui

Image
    Seperti yang kita ketahui bersama, laporan keuangan digunakan sebagai sumber informasi untuk membuat keputusan di masa yang akan datang. Laporan keuangan tentunya harus dapat digunakan oleh berbagai pihak dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk itulah ada 10 prinsip akuntansi yang menjadi pegangan dasar bagi para akuntan untuk membuat laporan keuangan. Prinsip akuntansi menjadi acuan untuk keseragaman dan obyektifitas sehingga baik akuntan maupun para pengguna laporan keuangan memiliki standar dan persepsi yang sama. Prinsip akuntansi memberikan keseragaman dimana prosedur dan cara penghitungan yang digunakan sama, siapapun akuntan yang membuatnya, serta akan memberikan informasi yang sama kepada siapapun pengguna laporan keuangan. Prinsip akuntansi juga memberikan obyektifitas karena tidak akan ada perbedaan yang muncul di kemudian hari karena acuan yang dipakai sama. Berikut adalah 10 prinsip akuntansi yang wajib diketahui sebelum membuat laporan keuangan: Prinsip Ent

Jalan Raya Gubeng, Jalan Favoritku di Kota Surabaya

Image
Kalau ditanya jalan mana yang menjadi favoritku di kota Surabaya, aku akan dengan lantang menjawab: Jalan Raya Gubeng. Yap, Jalan Raya Gubeng terletak di tengah kota Surabaya. Di sekitarnya banyak perkantoran, sekolah, dan tempat tongkrongan ngehits anak muda. Tidak heran karena posisinya yang di tengah memang mudah dilewati dari arah mana saja di Surabaya. Sebagai seorang yang tumbuh besar di kota ini, jalan ini cukup mewarnai kehidupan masa remaja hingga dewasaku. Terutama sejak duduk di bangku SMA ya, rute menuju ke sekolah semakin jauh dan pilihan transportasinya juga beragam. Selain bisa naik bemo (angkot), kala itu aku juga sudah diperbolehkan bawa sepeda motor ke sekolah. Dengan demikian, semakin jauhlah acara bermain sepulang sekolah 😁😁😁 Rute dari rumah ke sekolah sudah pasti melewati jalan ini, baik naik bemo maupun ketika bawa sepeda motor sendiri. Dua kali seminggu setiap pulang sekolah ada agenda les bahasa Inggris yang letaknya di Jalan Sumatra, juga di sekitar jalan

Naif: Karena Kamu Cuma Satu

Image
  Hatiku mencelos mendengar kabar soal bubarnya band Naif. Dan karena Asumsi yang mengabarkan, aku menganggap kabar ini sudah fix. Sedihnyaaa 😭😭😭 Naif memang bukan band pop yang gegap gempita sering tampil di televisi. Bukan juga band yang sibuk wara wiri dengan keviralan di media sosial. Tapi Naif selalu ada dengan lagu-lagunya yang easy listening. Dibawakan oleh suara uniknya David, petikan gitar dan bass khas ala Jarwo dan Emil, serta permainan drum Pepeng yang bikin band Naif sangat bernuansa 70-an. Buatku, sejak Posesif, band Naif tidak pernah absen mengeluarkan lagu-lagu yang menjadi soundtrack dalam perjalanan hidup. Asek. Menikmati band Naif juga tidak pernah luput dari koleksi video musiknya. Aku tidak pernah memperhatikan siapa sutradaranya, namun aku melihat sebuah benang merah. Setiap video musiknya selalu berkisah dan plotnya sederhana saja. Tidak banyak detil yang terlalu rumit, hanya mengalir bercerita saja, dari awal hingga akhir lagu. Terkadang tidak menyambung

Soul (2020): Nikmati Hari Ini

Image
Satu lagi film karya Disney yang bikin hangat hati setelah menontonnya. Tidak heran film ini sampai memenangkan piala Oscar ya. Soul bercerita tentang Mr. G, seorang yang sangat mencintai musik jazz. Ia jatuh cinta pada musik jazz sejak pertama kalinya diajak sang ayah ke sebuah club jazz ketika kecil dulu. Sang Ibu, Libba, tidak setuju jika Mr.G masih mengejar mimpi musiknya. Libba ingin Mr.G hidup nyaman dan mapan dengan cara memiliki pekerjaan tetap. Suatu hari, ia mendapat kesempatan menjadi pemain piano di band Dorothea Wiiliams, seorang musisi  jazz ternama. Ini adalah sebuah kesempatan yang ditunggu-tunggunya selama ini. Karena terlalu bahagia mengabarkan berita spektakuler ini, ia mengalami kecelakaan saat menelepon sambil berjalan. Jiwanya melayang menuju keabadian. Menyadari hal ini, ia menolak untuk mati. Ia merasa harus menuntaskan misinya menjadi pemain piano Dorothea Williams dulu. Ia melarikan diri dan akhirnya malah terperangkap di alam sebelum kelahiran. Ia harus

Jenuh tanpa Mengeluh :)

Image
  Seperti tahun-tahun sebelumnya, komunitas Blogger Perempuan membuat event tantangan menulis blog selama 30 hari. Sebenarnya sewruuu sekali inih, tapi karena tersita kesibukan yang lain, aku nggak ikutan dulu tahun ini. Tapiiii kok ada beberapa tema yang menarik yhaa~ Seperti tema yang satu ini: Sumber inspirasi saat jenuh. Konon katanya, menjadi penulis sama saja seperti profesi lainnya. Kita tidak bisa bekerja menunggu mood datang. Kita tidak boleh menulis hanya dengan menunggu inspirasi datang. Justru tugas kitalah untuk mencari ide-ide baru yang segar, apapun caranya. Aku sepakat sih soal ini. Repot banget kan ya kalau bekerja mengikuti mood. Mau jadi pegawai kantoran atau pekerja bebas, waktunya kerja ya harus kerja. Ya kali duit turun dari langit 😂😂😂 Nah, kembali ke tema tadi, aku ingin berbagi pengalaman mencari sumber inspirasi saat jenuh melanda. Bahasa kerennya: ga iso mikir maneh, wayahe mlaku-mlaku . Yes, cara paling manjur buatku adalah jalan-jalan. Kegiatan