Posts

Merawat Rambut Saat Liburan Dengan Natur Hair Mask Olive Oil

Image
Sejak belum berhijab dulu, aku sudah hobi sekali mewarnai rambut. Meski sekarang sudah tidak bisa pamer warna lagi, hobi ini tetap kuteruskan karena namanya juga hobi ya, ada kepuasan tersendiri dan aku merasa cantik dengan rambut berwarna. Setelah berhijab, perawatan rambut berwarna sebenarnya semakin ribet. Karena masalah terbesar rambutku adalah mudah lepek, solusinya tercepat adalah keramas tiap hari. Nah, karena rambutku diwarnai, keramas tiap hari jelas membuatnya semakin kering kan. Ditambah lagi saat ini rambutku cukup panjang. Apa masalah klasik rambut panjang? Yak, betul, rambut mudah rontok. Hiks sedih kan, problem rambutnya combo 😒 Jadilah perawatan rambutku ini harus extra plus plus. Harus rajin pakai conditioner, sesekali creambath, jangan lupa maskeran juga, agar rambut tidak semakin kering lalu rontok. Kendalanya adalah saat ini aku hampir tidak punya waktu untuk nyalon. Perawatan sendiri di rumah pun terasa ribet dan banyak makan waktu. Apalagi kalau sedang trave…

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia

Image
Siapa yang tidak mengenal kecombrang? Nama lain yang lebih dikenal di beberapa daerah mungkin bernama honje. Kecombrang adalah tumbuhan rempah dengan aroma segar dan rasa yang khas. Sebenarnya kecombrang bukanlah bumbu masak yang baru ditemukan, tetapi kini banyak chef di dunia yang mulai meliriknya. Berbeda dengan para chef itu, keluarga kami sudah sejak lama menyukai kecombrang sebagai bahan pelengkap masakan favorit, salah satunya sayur daun ubi tumbuk.

Sayur daun ubi tumbuk, menu favorit keluarga Sudah adakah yang mengenal sayur daun ubi tumbuk? Tadinya aku pikir masakan ini adalah khas dari Pulau Sumatera, khususnya dari suku Batak. Ternyata setelah ngobrol dengan beberapa kawan dan mencari di internet, sayur ini juga dikenal luas di Pulau Sulawesi dan Kalimantan.


Tidak heran sih, karena sayur ini sangat lezat dan khas sekali. Sejak tinggal di Jawa Timur, aku sering memperkenalkan sayur ini ke teman-teman, dan mereka menyebutnya sayur bobor singkong. Sekilas memang penampakannya sepe…

Imunoterapi, Harapan Baru Untuk Kalahkan Kanker

Image
Apa itu sel kanker?
Sel kanker memiliki sifat unik dimana sel ini menggunakan semacam kamuflase untuk mengelabui sistem imun pada tubuh kita sehingga terlihat seperti sel normal. Hal ini membuat sel kanker dapat terus tumbuh dan menyebar.


Sistem imun tubuh manusia
Pada kondisi normal, sistem imun tubuh berfungsi untuk mendeteksi dan menghancurkan sel “asing” atau abnormal di dalam tubuh dengan mengerahkan pasukan sel T.
Cara kerja sistem imun adalah :
·MENCARI : Sel T mencari semua hal yang berbahaya bagi tubuh
·MEMINDAI : Sel T memindai sel-sel untuk membedakan antara sel yang normal dan abnormal atau “asing”
·MENYINGKIRKAN : ketika terdeteksi, sel abnormal diserang dan disingkirkan oleh sel T





Kamuflase Sel Kanker
PD-L1 merupakan protein yang terdapat di permukaan sel kanker dan menjadi faktor penghalang dalam sistem imun tubuh kita terhadap kanker.
Ketika berikatan dengan protein lain seperti B7.1 dan PD-1, protein PD-L1 :
·menghambat proses pembentukan dan aktivasi pasukan sel T di kelenja…

Roadtrip Pulau Jawa-Bali selama 12 hari : Apa saja yang harus dibawa?

Image
Sudah lama kami bercita-cita melakukan perjalanan darat -atau roadtrip bahasa kerennya-,menjajal tol trans Jawa dari ujung ke ujung. Sederhana ya cita-citanya hehehe. Penasaran aja sih, apalagi saat ini tol sudah sampai di Probolinggo. Rada telat ya hehehe. Libur lebaran kemarin kami hanya berlibur di Jawa Barat, jadi gak terjun dalam euforia tol baru.
Jadilah libur akhir tahun kemarin kami wujudkan mimpi roadtrip itu. Berbekal 12 hari jatah cuti kerja dan anak sekolah, kami putuskan sekalian dong menyeberang ke Bali, nanggung amat sampai Probolinggo doang.
Akhirnya kita sepakat rute roadtrip kita kali ini adalah dari Tangerang menyusuri tol trans Jawa, transit di Magelang dan Jogja, mampir di rumah Sidoarjo, mudik ke orang tua di Probolinggo, lanjut ke Bali. Pulangnya dari Bali langsung ke Malang, mampir lagi ke rumah Sidoarjo, singgah di Semarang, lalu ke kembali ke Tangerang.
#markicabs


Persiapan roadtrip 12 hari
Selama 2 minggu kami mempersiapkan segala sesuatunya. Rombongan kami ter…

Mau staycation atau business travel? Ini bukti cintaku, #PastiAdaOYO jawabannya

Image
Yuhuuuu setelah liburan tahun baru, waktunya kembali kerja keras bagai kuda. Alhamdulillah sejak awal tahun, ada beberapa kerjaan yang mengharuskan ke luar kota. Seneng siihh, sambil jalan-jalan ye kan.

Tapiii... yang bikin bingung soal akomodasi nih. Buat aku penginapan itu sejatinya untuk tempat istirahat saja. Gak harus yang mahal, yang penting bersih dan nyaman. Mahal-mahal sayang juga kan, lha wong aku seharian di luar buat kerja. Malam hari baru balik ke hotel buat istirahat dan bersih-bersih. Untuk alasan kesehatan keuangan juga, aku wajib banget cari penginapan yang ekonomis, maklum akuntan 😋
Nahhh alasan itulah yang bikin aku jatuh cinta sama OYO Hotels Indonesia. Jaringan hotelnya luas di seluruh Indonesia, dan harganya sangat ramah di kantong.

Staycation bersama OYO Hotels Indonesia

Jadi pertama kali aku mengenal OYO karena dapat voucher gratis dari Google Local Guides. Itu sekitar medio 2019 ya. Awalnya aku masih bingung, OYO apaan sih? Belum pernah dengar sebelumnya. Bener…

Imperfect (2020), Mencintai Diri Sendiri itu Penting

Image
Aku angkat topi pada pada Ernest dan Meira, sutradara dan penulis buku Imperfect, yang menurut aku sukses membagikan pesan bahwa cantik itu tidak melulu kurus dan putih. Di era serba visual ini, penampilan memang bisa menjadi segalanya. Penting banget sih mengangkat masalah ini ke ranah bioskop lewat media pop, agar bisa masuk ke segala segmen dan pesan bisa tersampaikan.
Meski demikian aku punya sedikit catatan pribadi buat film ini. Ini tidak bermaksud julid ya, hanya saja aku ingin mengungkapkan hal yang menggelitikku di sini.


Penampilan Rara di kantor
Diceritakan Rara, seorang perempuan 27 tahun, seorang profesional yang bekerja di sebuah gedung perkantoran megah di Jakarta.
Jujur sejak trailernya muncul, aku sedikit menaikkan alis sih. Menurut aku, sosok Rara di sini ditampilkan dengan agak kacau ya, bahasa halusnya penampilannya sangat berantakan. Bisa dibilang terlalu lebai dan dramatis.
Untuk ukuran seorang perempuan umur 27 tahun, rasa-rasanya hampir tidak mungkin Rara tidak tah…

Ahmad, Cinta Pertama Ainun dalam Film Habibie Ainun 3 (2020)

Image
Sebagai penutup trilogi kisah cinta Habibie Ainun, begitu yang kubaca di salah satu media, film ini sangat berkesan buat aku. Pemerannya baru, ceritanya segar karena berkisah tentang cinta masa kuliah. Reza Rahadian tentu saja muncul sebagai Bapak Habibie, yang berperan sebagai penutur kisah dari masa depan, dan Habibie muda di awal dan akhir film.  Ternyata oh ternyata, sebelumnya diduga Jefri Nichol adalah pemeran Habibie muda. Yang mengejutkan penonton, rupanya Jefri Nichol berperan sebagai Ahmad, kisah cinta pertama Ibu Ainun.


Jujur, aku menjadi suka sekali dengan Maudy Ayunda dan Jefri Nichol di film ini. Akting mereka segar sesuai usianya, mengalir sepanjang film. Tidak ada perasaan ingin menjulidi karena kesan lebai. Bagus banget!

Seperti biasa, aku tidak akan membahas review filmnya ya. Film ini masih diputar di beberapa bioskop. Jadi nonton deh, ayo kita dukung film Indonesia berjaya di kandang sendiri!


Perjuangan Ibu Ainun selama belajar menjadi dokter
Yang membuatku terkesan ada…