Tips packing biar bisa gaya tapi hemat bawaan


https://www.instagram.com/sellypadi/

Entah itu akan berangkat untuk keperluan dinas atau liburan, kegiatan packing cukup ribet dan rumit. Bener gak?!

Aku ingin bawa barang selengkap-lengkapnya (maklum cewek), tapi harus sesedikit mungkin biar ringkas dan ringan bawanya. Zheyenk...

Nah, karena hobi jalan-jalan, aku punya beberapa tips nih. Sebenarnya ini hasil dari beberapa trial dan error ya. Jadi disclaimer dulu nih di awal hehehe

Ada saja kan kejadian, lupa bawa ini dan itu, lalu akhirnya harus beli di tempat tujuan. Nah kalo tempat tujuan masih di dekat peradaban sih bisa lebih santai ya. Tinggal cari salah satu mini market yang gak jarang berjejer sebelahan itu. Beres!

Masalah akan timbul kalau sedang berlibur ke gunung, atau pantai yang jauh dari pemukiman penduduk. Jadi menurut aku ya, lebih enak kalau semua kebutuhan disiapkan saja dari rumah. Liburan jadi lebih tenang dan fokus, gak malah sibuk cari barang ini itu. Asek!



Membuat Check List barang

Pertama, aku selalu membuat daftar barang yang akan dibawa. Ini akan tergantung dari : tempat tujuan. Iya dong. Pergi untuk dinas kantor, pasti akan beda kalau mau liburan. Begitu juga pergi ke gunung akan berbeda bawaannya kalau kita ke pantai.

Waktu juga berpengaruh ya. Kalau perginya cuma 1 malam, pakai ransel aja sudah cukup buat aku. Nah, kalau lebih dari dua malam, aku pasti pakai tas yang lebih besar, atau troli, tergantung mana yang memungkinkan.

Waktu juga akan menentukan berapa banyak potong pakaian yang perlu dibawa. Jangan lupa pakaian dalam ya! 
https://unsplash.com/photos/RLw-UC03Gwc

Tips dari aku sih, bawa pakaian yang tidak mudah kusut, dan bisa di mix and match. Iya sih kadang disediakan setrika di hotel. Kalo aku sih males ya pagi-pagi harus setrika dulu hahaha.

Kalau dinas, aku harus banget bawa celana warna gelap, dan blazer. Tinggal mikir baju atasannya kan? Pilih dengan bahan yang tidak mudah kusut, dan warnanya cerah (I love playing with colors!). Sepatu pakai yang flat saja, jadi bisa masuk ke acara formal dan informal.

Kalau liburan, yang dibanyakin atasan sih, karena lebih rentan kotor. Kalau pun tujuannya mau eksis dan instagramable, bawa aja yang bahannya ringan. Jangan lupa main warna juga di seksi kerudung ya. Jadi tetap bisa gaya, dengan bawaan yang minimal.

Oiya, aku selalu bawa baju dan pakaian dalam lebih 1 biji, untuk jaga-jaga saja. Pernah suatu kali, ketika perjalananan pulang ke stasiun, udah mau pulang nih, kehujanan dong di jalan. Basahnya gak bisa dimaafin deh. Untungnya bawa jaket, jadi bisa ganti pakai jaket aja, daripada masuk angin. Sejak itu, spare 1 wajib hukumnya.

Intinya daftar ini dibuat agar kamu tidak kelupaan akan barang-barang yang harus dibawa. Aku memang anaknya terencana banget. Jauh-jauh hari sudah persiapan packing. Makanya kadang bete kalau diajak liburan spontan. Bakal stres sendiri deh karena banyak yang ketinggalan 😛

Tulis semua barang yang diperlukan, mulai dari pakaian, sepatu/sandal, obat-obatan, kacamata minus/sunglasses, kelengkapan ponsel dan kamera, colokan listrik, atau peralatan ibadah. Isinya bakal sangat subyektif, tergantung kebutuhan masing-masing.



Selalu bawa dua tas

Siapkan 1 tas kecil untuk dipakai di badan (tas slempang/pinggang), buat barang-barang yang sering diambil selama di perjalanan. Tas kedua untuk pakaian, dan barang-barang lain di luar tas kecil.

Tas kecilku biasanya berisi dompet, HP, charger/power bank, dokumen perjalanan (KTP/paspor, tiket), dan jangan lupaaa... touch up kit.

Karena sering keluar masuk selama perjalanan, akan lebih aman dan praktis jika disimpan di tas kecil dan nempel di badan. Uang receh dan pecahan kecil juga disiapkan di kantong yang mudah diambil, jadi gak bulak balik buka dompet.



Tas dalam tas

Agar memudahkan, barang-barang sejenis aku kelompokkan di satu tempat. Misal peralatan mandi dan  peralatan elektronik. Kedua kelompok ini aku satukan di tas kecil transparan, biar gampang terlihat isinya dan gak berantakan. Jadi di dalam tas, ada tas-tas kecil lainnya, sesuai kebutuhan.

https://unsplash.com/photos/4HHnYEvvY6s


 Susun baju dengan cara digulung

Tips ini aku dapat dari kakak sepupuku yang seorang pramugari. Agar menghemat tempat di tas, gulung pakaian sedemikian rupa sehingga bisa masuk ke sudut-sudut tas. Horee, bisa bawa barang lebih banyak. 

https://unsplash.com/photos/Nl-SXO4FAHw


Ada yang samaan gak cara kita packing? Share yuk di kolom komentar 😊😊

Comments

  1. Aku juga packing baju digulung mbak, apalagi bajunya anak-anak. Biar muatnya di koper bisa lebih banyak. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benerrr. Hemat tempat banget klo digulung deng rapih

      Delete
  2. Aku sih lebih main Aman di kerudung, pakai warna warna yg netral yg bisa dipadu padankan dengan outfit yg kita punya. Udah gitu aja sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe gapapa mba, yang penting tetep eksis foto2nya hihi

      Delete
  3. Aku juga nggak suka packing tapi suka jalan-jalan hahaha. Packing tuh rasanya ngabisin waktu aja gitu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka sih, tapi jdi ribet sendiri kan sok perfeksionis hohoho

      Delete
  4. Toss biasanya aku gulung kak biar muat banyak haha. Terus tas dalam tas juga aku lakuin soale biar gampang pisahin misalnya kalau pakaian dalam aku suka ada tas sendiri ,make up di pouch dan elektronik semacam casan gitu ada tas juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa jadi gak berantakan yaa.. meski kadang tas-tas kecil itu juga ngabisin tempat

      Delete
  5. Tips di atas harus saya ingat baik-baik, nih. Soalnya untuk urusan mempersiapkan perlengkapan kala bepergian saya masih asal dan tidak bikin catatan perencanaan, malah pernah saya lupa memasukkan celana panjang suami, hu hu.
    Semoga liburan depan jika ke Pangandaran, insya Allah, sata bisa bikin persiapan matang. Baru tahu gulung baju itu menghemat tempat. Harus dipraktikkan untuk baju anak dan suami juga.
    Makasih, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba, alhamdulillah kalau bermanfaat ya :)

      dasarnya karena aku lupaan, jadi harus di catat apa2 yang perlu dibawa hihihi, walhasil listnya tambah terus hahaha

      Delete
  6. Aku banget mba Tika.. aku si repot kalo packing, tapi selalu ngandelin suami. Emang sama kayak cara mba Tika, digulung begitu. Kalo aku yang ngerjain jadinya ambyar., hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bagi tugas ya buk... asyik lah kalo kompak ngerjain soal packing

      Delete
  7. Aku packing baju juga digulung. Tapi paling jago packing itu suamiku. Bahkan dia itu mau berangkat baru packing dan aku bisa seminggu sebelum traveling udah bongkar tas berapa kali aja hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih kok sama sih... itu daftarku juga tambah terus, karena dibuaty jauh2 hari hahaha

      Delete
  8. Tipsnya mantuuull.
    Ih, jadi rindu traveling lagi euyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. traveling memang selalu ngangenin huhu kapan jalan2 lagiii

      Delete
  9. Kalau aku tips packing pakaian nya di masukin plastik vakum gitu dan sudah di labelin untuk di pakai di hari apa pakainan nya. Apalagi kalau aku dan suami pergi jalan jalan bawa bocah 2 kan . Pakaian yg sudah di masukin vakum dan di beri label memudahkan banget sih buat kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaya, kalo ajak anak2 malah harus semakin prepare ya. aku blm smpai sana sih mba, karena moody banget soal baju hahaha, trgantung hari ini ingin pakai baju apa :))

      Delete
  10. Tossss dulu untuk pakaian digulung, Mbak Tika hahaha. Karena kalau digulung itu, selain hemat tampat, juga mudah saat ambilnya.
    Dan saya juga suka membuat daftar kegiatan apa yang akan saya lakukan saat liburan. jadi pakaiannya saya sesuaikan. Jadi yang pakaian dipakai hari pertama, wajib di atas taruhnya.

    Untuk tas kecil selempang juga wajib. Itu memang untuk uang, KTP, tiket, hape dan lainnya. Tapi tetap ada simpanan uang di dompet dan tempat lain hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Bams prepare banget ya, sampai disiapkan baju per harinya, kalah aku hahaha

      biasanya aku cuma kira2 brp hari bawa beberapa pasang buat mix match. ntar disana tergantung moodnya mau pakai baju yang mana hehe

      Delete
  11. paling susah kalau soal packing ini bagiku, gak pernah rapi alias asal taruh saja. Kalau ada yang kelupaan tinggal sempilin di space yang ada doang. Tetapi tas kecil selalu aku bawa untuk tempat PB, HP, dompet, air minum atau sejenisnya yang bisa masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cowok lebih ringkas kali ya mas, gak ribet bawaan kayak cewek hehehe, jadi emg lebih simple persiapannya :)

      Delete
  12. kalo saya yangbikin ga muat biasanya karena gak bisa ngatur storage nya,,asal masukin aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mas, coba deh pake cara digulung. Mansur lo!

      Delete
  13. Samaan kak, aku biasa ngelist barang apa saja yg mau di bawa. Aku biasa ngelist beberapa hari sebelum packing jadi biar ga kelupaan dan di gulung juga biar muat banyak. Klo aku tipe pakai ransel atau tas keril buat naik gunung gitu. Jadi semua bisa masuk deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh anak gunung yaa.. makin hebat nih packingnya, krn biasa bawaaanya ringkas tapi lengkap

      Delete
  14. Saya juga suka menggulung baju buat traveling ke tempat tempat keren gitu mbak, packing harus selalu rapi mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas selain hemat tempat juga baju gak kusut

      Delete
  15. Tos. Beberapa tips sudah aku lakukan ketika melakukan travelling terutama aju yang digulung karena emang efektif banget mengurangi ruang.

    ReplyDelete
  16. Saamaan semua..apalagi tas di dalam tas. Pengalaman pulangnya tas yang sama enggak cukup lagi karena baju kotor pasti lebih makan tempat daripada baju bersih plus ketambahan oleh-oleh. Kwkwkw

    ReplyDelete
  17. Sama mbak. Aku juga suka digulung kalau bawa baju di koper. Terus pasti banget aku checklist dulu sebelum packing. Jadi pas mau masukin ke koper, udah tau mana yang belum dan gak. Hehehe. Samaan nih kita.

    ReplyDelete
  18. mantaaap tipsnyaa. dulu aku masih bingung efek dr ngegulung baju apa. tapi ternyata setelah dipraktekin sendiri, enak bgt kalo diguluung. lebih gampang juga buat ngambilnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa itu penemuan paling jenius deh dlm dunia traveling hehehe

      Delete
  19. Salah satu postingan blog yang sangat bermanfaat, terutama melihat trend kaum milenial saat ini yang mengutamakan pengalaman hidup melalui liburan mendatangi tempat-tempat eksotis. Terima kasih atas tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, alhamdulillah klo bisa memberi manfaat

      Delete
  20. Aku juga kalo packing baju di gulung mba, lebih rapih dan ga makan tempat. Tuk tipsnya oke banget mba Insyallah bermanfaab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah klo bermanfaat mba, terima kasih sudah membaca

      Delete
  21. Aku suka tas dalam tas. Jadinya ga berantakan ya mbak pas mau ambil sesuatu langsung inget di dalam kantong tas yang mana. Oya, kalo aku juga merhatiin cara susun dan dan lipetnya. Biasanya aku suka gulung-gulung baju. Mayan inj jadi bikin banyak muatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. tapi klo kebanyakan tas kecil juga bikin cepet penuh hehe.. biasanya aku cm 2 tas kecil aja didalam, buat toiletries dan alat2 elektronik

      Delete
  22. terima kasih atas saran tipsny untuk packing-packing perjalanan dengan gaya wah, tapi bisa menjadi hemat pengluaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas, semoga bermanfaat ya, happy packing 😉

      Delete
  23. Sy biasanya mlm sblm jalan br mulai packing. Gk perlu di catet cukup di ingat aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh coba dishare di blog kak, gmn caranya.. pengen juga sih bisa se spontan itu 🤠🤠

      Delete
  24. iya nih
    saya kalau bepergian selalu bawa 2 tas
    kadang 3
    1 koper
    1 ransel atau selempang
    dan 1 tas tentang untuk makanan/camilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tas yang ketiga itu penting banget, malah aku lupa :P

      Delete
  25. Samaa ... saya kalo packing untuk bepergian gitu pakaian juga saya gulung. Karena disamping menghemat tempat juga terhindar dari kusut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata cara ini manjur banget ya, udah banyak yg pakek. Tos atuh mba😍

      Delete
  26. Aku nyobain packing digulung, kok bajunya malah jd kusut2 ya 😅 apa akunya yg ga jago susun baju yaa. Hehehe..

    ReplyDelete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular Posts