Bakmi Jowo Bu Citro, Kuliner Malam Legendaris di Kota Solo


Di cerita sebelumnya...

Untuk memenuhi undangan pernikahan seorang kawan di Klaten, kami berenam -geng singlelilah- sepakat berangkat bareng sekaligus liburan tipis-tipis. Berangkat Sabtu pagi dari Sidoarjo, jalan-jalan ke Pantai Banyu Tibo di Pacitan, ke Solo untuk menginap semalam, Minggu pagi menghadiri resepsi di Klaten, dan akhirnya pulang ke Sidoarjo di Minggu malam.



Kulineran di kota Solo

Ketika akhirnya matahari tenggelam dan langit sudah gelap, kami harus meninggalkan Pantai Banyu Tibo. Kami sempat minum es degan dan makan pisang goreng di warung dekat parkiran, sambil istirahat sejenak. Setelahnya kami harus bergegas ke Solo untuk istirahat, agar besok pagi tampil prima di resepsi pernikahan. 
Di perjalanan, seorang kawan dari rombongan yang berbeda memberikan kabar kalau mereka sudah sampai di Solo. Mereka mengajak untuk makan malam bareng. Wah, undangan yang menyenangkan sekali! Horee, mau kulineran malam di kota Solo.
Kira-kira jam 20.00 kami sampai di Solo. Kami janjian ketemu di Bakmi Jowo Bu Citro. Wahh terbayang enaknya makan mie rebus malam-malam begini. Cuzzz



Ternyata warung bakmi ini buka di 2 tempat. Kami janjian di Bakmi Jowo Bu Citro 2. Rupanya ini cabangnya, yaitu di jalan Wijayakusuma no.8, Solo. Pusatnya, Bakmi Jowo Bu Citro 1, ada di Jalan Pulanggeni no.40, Solo.
Sesampainya di sana, wah ramai sekali. Pasti enak beneran, kataku dalam hati. Menunya cukup beraneka ragam, tapi tentu saja aku memesan Bakmi Jowo yang terkenal itu, dan tidak lupa teh manis hangat.

Bakmi Jowo yang melegenda itu! Sumber: wisatasolo.id

Bagi yang belum tahu, mie godog dalam bahasa Indonesia berarti mie kuah. Maaf ya lagi-lagi fotonya pinjam, karena lupa foto waktu itu. 


Menurut aku, mie godog ini enak banget. Kuahnya bening dan ringan, ayamnya lembut, tekstur mienya lembek dengan pas (aku tidak suka mie yang lembek). Porsinya juga pas, tidak kebanyakan, atau terlalu sedikit. Satu lagi, yang paling penting, GAK MANIS! Gurih seperti yang kusuka. Kalau katanya si Nces Nabati, ENDOL SURENDOL TAKENDOL KENDOL, NGEUNAH! 
Aku jadi berpikir, apakah semua makanan berkuah di Solo itu bening? Sotonya bening, kuah baksonya juga bening, sekarang mie godog juga kuahnya bening. Apakah aku perlu membuat riset dan membuat ulasan khusus soal ini???
Dan satu lagi. Aku juga suka teh manis hangatnya dengan gula batu. Khas Jawa Tengah sekali ini. Setahu aku cuma di Jawa Tengah minuman disajikan dengan gula batu. Rasa manis yang ditimbulkan itu beda. Klasik dan jadul. Menyenangkan 😍

Teh hangat dengan gula batu, manisnya jadul, enak! Sumber: jagel.id  

Setelah perut kenyang, sudah waktunya untuk ke hotel. Kami sudah diwanti-wanti supaya besok jangan telat. Undangan jam 9, datanglah sebelum jam 9. Jadi penasaran, seperti apa sih resepsinya sehingga tidak boleh terlambat?

Cerita soal resepsinya ada di post berikutnya yaaa πŸ˜‰

Comments

  1. Bakmi jowo-nya terlihat enaaak :D terakhir kali makan bakmi jowo saat di Yogyakarta, tapi itu sudah lamaaaa jadi rindu ingin makan lagi :))

    By the way, sekarang sepertinya sudah jarang ya mba ada teh pakai gula batu. Jadi terbayang bayang rasanya, karena dulu waktu kecil masih agak mudah untuk mendapatkan gula batu bahkan di rumah pun kadang ibu memakainya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrrr mbakk,, gula batu itu jarang banget kalo di Jatim, jadi aku selalu terkesan kalo pas main ke daerah Jateng. Wedang-wedangannya juga dijual dengan gula batu tho yaaa.. entahlah menyenangkan buatku :)

      Delete
  2. Aahhhh...aku belum menginjakkan kaki je Solo hahaha cuma lewat tuh. Kulinernya enak begini yaa...minumnya pakai gula batu manisnya natural hhmm... 😍 Bakmi Jawa aku doyan..bisa nambah kayaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mbak, apalagi makannya malam2 pas musim hujan begini,, slurpp nyaman

      Delete
  3. duh enak nih bakmi jowo, saya doyan banget. Apalagi pake rawit, beuh nendang banget

    ReplyDelete
  4. Ngiler baca ulasannya, jadi pengen ngerasain bakmi Jowo bu Citro jg.
    Saya jg termasuk yg suka teh gula batu Jateng, tapi jangan terlalu manis, sebab kalau di Solo takaran tehnya lumayan manis bagi ladah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya bnr mbak. Gula batunya besar2 jadi aku keluarkan dl trus kupecahin sendiri
      lalu kucemplungin lg sesuai mauku

      Delete
  5. klo ukuran lidah saya yang dari sulawesi agak manis... pernah minta sambel malah dikasih kecap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur Bang, buat aku masakan Jawa Tengah terlalu manis buatku. Tapi yang ini beda. Lebih ke gurih, pas pokoknya.

      Kalo makanan lainnya macam gudeg, krengseng babat, lumpia, menurut aku terlalu manis πŸ˜…

      Delete
  6. Hm .. Pengen coba nih makan bakmie bu citra masakan solo, biasanya sih kalau masakan solo itu identik manis, soalnya aku pernah makan tengkleng, manis juga rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini salah satu kuliner yang gak manis mbak. Aku juga gak suka makanan manis, jadi ini aman buatku wkwk

      Delete
  7. Bakmi jowo plus teh gula batu
    Kebayang wenaknyaaaa
    Toss atuh saya penyuka mi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak bang, gak manis juga, jadi amann hahaha

      Delete
  8. Rasa bakmi jowonya manis gak, Mbak? Saya kurang suka kalau yang lumayan berasa manisnya. Pengennya yang pedes aja gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak teman2 yg nanya manis apa gak. Hehe jadi aku update deh artikelnya 😁😁

      Gak manis mbak, sesuai seleraku yang suka gurih2 πŸ€—πŸ€—

      Delete
  9. Ternyata kuah mie jowo di Solo berkuah bening ya?
    Baru tau, kirain sama dengan yang Di Jogja. Wah mesti berburu nih

    ReplyDelete
  10. Wah kalo kesana bareng suami mesti diajak kesini nih biar nyicipin mie yang udah melegenda. Suami suka banget makan mie.

    ReplyDelete
  11. duh ngiler banget liat Mie Jowo, pengen icip dong kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau kakak masak mie sendiri kali yaa,,, kan dunianya masak 😁😁

      Delete
  12. iya mbak, kalau di Jawa Tengah itu serba bening. Saya asli klaten, terbiasa dengan kuah soto bening. Pas pertama ke Jakarta dan mencicip soto betawi, agak kaget juga kok kuahnya bersantan.

    Pas ke Malang, ternyata kuah sotonya beda lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh jadi betul ya mbak teori aku? Ini pengamatanku aja sih. Soal bening aku suka mbak, tapi soal manis itu yang sering bermasalah hehe karna besar di keluarga Sumatera jadi lidah aku lebih terbiasa asin.

      Delete
    2. Btw kalau soto, di Indonesia memang kaya sekali dengan aneka sotonya. Sampai ada akun di IG @soto365 dia setahun keliling Indonesia makan soto yang berbeda hehehe

      Delete
  13. Bakmi Jowo selalu ngangeni. Ibuku sering bikin begini nih...Dan aku gatau kenapa mie telor yang dijual kering itu beda rasanya kalau dibikin bakmi. Hmm..kan kalau bisa ga perlu mesti nunggu pulkam atau ke Solo dan icipin Bakmi Jowo Bu Citro..Ngiler bener akuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku, penjual mie legend biasanya emg bikin mie sendiri mbak, krn yg dipasaran itu terlalu kering buat mereka. Makanya selalu ngangeni, krn ga ada di tempat lain yaa

      Delete
  14. Bakmi jowo ini ngingetin momen saat dulu aku pernah studi ke kota solo sekitar tahun 2009.
    Bakminya lebih bening dibandingkan bakmi Jogja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa makanya aku terkesan banget mbak. Setau aku bakmi Jowo itu heavy dan cenderung manis. Eh ternyata di Solo, very light dan gak manis. Sukaaaaa

      Delete
  15. Iya. Bener. Bakmi Godok itu Bakmi yang di rebus. Kalau di Palu sudah sulit menemukan Teh dengan gula batu. Sekarang sudah langsung tersedia teh manis atau teh tawar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas, di Sidoarjo atau Tangerang juga sama, jarang yang mengggunakan gula batu. Padahal kalau di hypermarket masih ada lho dijual, entah pasarnya buat siapa ya?

      Delete
  16. Foto bakmi godognya bikin luapeer mbak... Kebayang itu gurih dan enaknya. Setuju tentang bening-bening, soto, bakso juga kuahnya bening. Sop timlo juga bening eh sayur bayam namanya juga sayur bening lho di solo. Mungkin terinspirasi gadis solo yang bening bening ya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooo begitu tho sejarahnya, jadi gadis Solo bening-bening ya...

      Delete
  17. Eih Bakmie Jowo ya itu salah satu kesukaanku.apalagi bakmie godognya aduh bikin ngecesssee pokokya endol surendol

    ReplyDelete
  18. Kalau saya kurang cocok dengan menu masakan manis (maksudnya bukan bolu/kue yang naturenya emang manis), dan somehow, menu masakan Jawa umumnya manis. Tapi tentunya ada juga yang nggak manis atau nggak segitunya manis. Ini pasti menarik untuk dicicipi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Bang, aku juga gak suka masakan yang cenderung manis. Jadi terkesan sekali dengan Bakmi godog yang satu ini, padahal dari Solo (biasanya manis masakannya)

      Delete
  19. Di Semarang juga ada bakmi jowo yg enak, tapi aku penasaran sama bakmie Jawa yg di Solo, kira2 enak mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum coba sih yang di Semarang, Bang. Agak parno juga makan di Semarang, soalnya serba manis hehehe

      Delete
  20. Wah harus dicoba nih pas mudik besok. Mudah2an ga tutup ya hehehe. Masih banyak yang mau dicoba di Solo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya tutup jam 10an mbak. Rameee bangett setelah magrib. Aku jadi pengen lagi sekarang

      Delete
  21. Aduh auto-ngiler deh Kak Tika, liat foto²nya, bakmi Jowo Bu Citro emang menggodo ehh menggoda hehe... Tfs informasinya yaa Sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa aku pun jadi berandai-andai, jika Bakmi Jowo Bu Citro buka cabang di Surabaya, aku akan sangat bahagia

      Delete
  22. Enak banget ya kalau di makan hujan hujan hehehe. Btw jadi kangen pengen ke Solo. Baru tahu juga bakmi ini. Bisa mampir deh kalau ke Solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba ya mbak, lalu dijadikan konten di blog hihi

      Delete
  23. bayangin, pas hujan hujan makan bakmi gini mba. enak banget pasti hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh kak, auto ngiler gak sih jadinya nomnom

      Delete
  24. Teh krampul gula batu lebih segar lagi rasanya..ada di Solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu yang kayak gimana Mbak.. saya belum pernah dengar, jadi kepooo

      Delete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular posts from this blog

Parasite (2019)

Pengalaman pertama jadi komuter di Ibukota. Siapa takut?!

Tentu saja aku bisa melakukan semuanya, tapi apakah aku mau?