Memulai Bisnis Kuliner bersama Paxel Sameday Delivery Service

Semenjak diterapkannya PSBB di banyak kota di Indonesia, ruang gerak kita semakin terbatas. Beruntung aku memang sejak dulu bekerja dari rumah, sehingga tidak perlu memusingkan soal berangkat dan pulang ke kantor. Memang sih banyak pekerjaan yang ditunda bahkan dibatalkan oleh klien. Tapi alhamdulillah, aku malah dapat beberapa pekerjaan baru sebagai pengganti yang dibatalkan.

Pekerjaan baru itu termasuk membantu seorang sahabatku yang sedang kurang beruntung. Suaminya di-PHK padahal beliau adalah satu-satunya pencari nafkah di keluarganya. Praktis mereka harus memutar otak agar dapur bisa terus ngebul.

Begitu memasuki bulan Ramadhan, sahabatku ini bertekad memulai bisnis kuliner pertamanya. Selama ini sahabatku ini memang hobi memasak,  tapi ya buat dimakan sendiri saja. Atau dikirim ke tetangga. Kadang aku kecipratan dikirimin juga sih :D

Sahabatku ini menerima pesanan masakan untuk takjil dan buka puasa. Mulai dari pastel, tahu bakso, jemblem, hingga aneka lauk dan sayur untuk berbuka puasa. Apa daya, karena tidak bisa masak, aku hanya membantu di sektor promosi saja. 


Pastel, takjil favorit pesanan teman-teman

Lauk dan sayur, pesanan buat buka puasa



Awalnya sih kami hanya berjualan di WA grup dan mulut ke mulut saja. Jadi soal mempromosikan ini tidak sulit sama sekali buatku. Sudah banyak yang tahu prestasinya di bidang masak memasak. Mulai tetangga sekitar sampai teman-teman sekolah anaknya.

Tapi menurut aku sayang banget kalau tidak diperluas jangkauannya. Kan sekalian capek ya, masak agak banyakan dengan waktu yang relatif sama, bisa menghasilkan omzet yang lebih besar. Lama-lama aku promosikan juga ke teman-teman di kantor lama. Aku post juga foto-foto promosi di akun instagram.

Tidak perlu waktu lama deh, dagangan kami laku keras. Pertanyaan berikutnya bagaimana caranya  mengantar makanan tepat waktu sebelum waktunya berbuka puasa?

 

Paxel Sameday Delivery Service

Terima kasih kepada Paxel yang punya solusi untuk mengirim makanan sameday dan tepat waktu. Sejak akhir 2018, aku sudah langganan pakai #paxelsameday. Entah itu untuk mengirim dokumen dan barang-barang endorsement. Paket dari temanku di kota yang sama, atau antar kota. Aku yang mengirim, atau aku yang menerima. Semua gak masalah, karena bisa diatur sendiri melalui aplikasinya. Berasa punya perusahaan kurir pribadi gitu loh!

Happines Hero, panggilan sayang mas kurirnya Paxel, sangat helpful dan gak segan-segan membantu angkat-angkat kalau barang kirimanku besar. Selalu ramah #antarkankebaikan, dan gak pernah lupa senyum. Karena sudah langganan jadi akrab banget dan selalu kudoakan untuk selalu selamat di jalan, amin.

Tentu saja aku merekomendasikan Paxel untuk melancarkan bisnis kuliner kami. Sudah yakin dengan layanannya, ditambah lagi yakin dengan tarif flatnya. Untuk seluruh dimensi paket (small, medium, large) dengan berat maksimal 5 kg, tarifnya flat hanya Rp20.000,-! Menurut aku formula ini pas banget buat bisnis kami yang bergerak di bidang makanan. Promosinya juga gampang, tinggal bilang “ongkir cuma 20ribu!”.

Alhamdulillah, 2 minggu menjelang lebaran kami memutuskan menerima pesanan kue kering buat lebaran. Baru melayani pesanan nastar sih, karena kekurangan sumber daya bantuan. Tapi sudah sangat terbantu di sektor delivery dengan Paxel Sameday Delivery Service. Alhamdulillah, setelah lebaran bisnis kuliner kecil-kecilan kami masih berjalan. Jadi kalau ada yang bilang social distancing mengurangi rejeki, kita sih gak setuju. Social Distancing, Super No Worries!    


Nastar, pesanan buat lebaran


*Artikel ini diikutsertakan di Paxel Blog Vlog Competition 2020




Comments

  1. Mantab mba, saya juga ada rencana jualan online, bisa gunakan jasa pengiriman Paxel ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, aku suka pakai paxel karena all in one :D

      Delete
  2. sisi "positif" wabah ini, kita semakin kreatif ut bisa tetap eksis ya mba. Smg sukses bisnisnya dan lomba blognya

    ReplyDelete
  3. saya pribadi blm pernah coba paxel , krn yg deket rumah merk lain..semoga byk agennya ya ,..jd sy bs coba

    ReplyDelete
  4. Saya mau coba deh paxel ini
    Sptnya bgs ya
    Apalagi saya pun jualan online dan suka kirim2

    ReplyDelete
  5. Paxel bagus juga, ya. Ini membantu banget buat yang pengen mengembangkan bisnis kuliner. Saya juga punya usaha kuliner bareng suami soalnya

    ReplyDelete
  6. Terakhir mau pakai Paxel ternyata belum menjangkau daerahku. Semoga jangkauannya makin luas

    ReplyDelete
  7. Betul sekali. Bisnis kuliner sehat yang bisa diantar adalah salah satu jenis bisnis yang diprediksikan meningkat popularitasnya.

    ReplyDelete
  8. udah bisa gk ya ke medan mini pake paxel . jadi pengen nyobain jasanya. tfs mba

    ReplyDelete
  9. Benar mbak, teman temanku yg bisinis kuliner, kirim paketnya juga dgn paxel

    ReplyDelete
  10. Di daerahku belum terjangkau paxel ini. Sebenarnya pengen pakai ini kalau kirim2 makanan gitu.

    ReplyDelete
  11. wah bisa juga nih, baru tahu aku

    ReplyDelete
  12. boleh juga nih paxel. jadi inget pas pesen kue ma temen. dia suruh ambil sendiri ke toko gara-gara jarak rumahku dan tokonya agak mahal kalo pake jaskir. kalo paxel ada di daerahku mungkin beda lagi ceritanya ya.

    ReplyDelete
  13. Daku pernah pakai paxel buat membantu mengirim paket an daku sendiri, karena waktu itu lagi ada acara nginep beberapa hari, hehe. Jadi terbantukan adanya paxel

    ReplyDelete
  14. Murah ya pakai paxel, tarifnya flat. Sayangnya belum ada di kotaku. Semoga paxel bisa berekspansi sampai di sini, aamiin.

    ReplyDelete
  15. Sejak dulu kepikiran mau bisnis dan menggunakan sistem marketing online. Tapi selain kurir belum masuk ke kampung saya ini, bingung juga saya mau bisnis apa... Hehehe... Soalnya tetangga disini kalau ada seorang buka usaha, dagang apapun, suka ikut-ikutan dan jadinya banyak saingan deh

    ReplyDelete
  16. Aku juga pakai Paxel untuk usaha onlineku. Praktis, nggak perlu bingung kelebihan 300 gram itu masuk ke ongkir berapa kg :D Pokoknya, 5 kg flat dah.

    ReplyDelete
  17. Tambah lagi nih referensi aku buat kurir pengiriman paket sehari sampai (same day service). Sering banget nih mama mertua atau ibu mau kirim rendang. Kan serunya dikirim sekarang, besok sampai. Hehehe.

    ReplyDelete
  18. Makasih banget infonya nih mbak, jadi tambah informasi untuk kurir pengiriman paket. Kalau baca gini berarti yang termasuk yang direkkomendasikan

    ReplyDelete
  19. Bisa dibilang ini hikmah dari pandemi ya Mba. Banyak yang dituntut menjadi kreatif untuk tetap bertahan hidup dan munculnya berbagai fitur yang membantu ukm memasarkan produknya... Semoga rejeki kita dilancarkan Allah SWT

    ReplyDelete
  20. wih, keren banhet. aku juga pengen bisa jualan online. makasi informasinya...sangat mengisnpirasi buat yg mau jualan online.

    ReplyDelete
  21. Bisnis kuliner terbantu banget nih yah dengan adanya paxel sameday delivery service. Apalagi tarifnya murah dan flat. Pastinya para pelanggan ga merasa berat di Ongkir. Jadi kepikiran mau bisnis on-line juga nih.. tapi apa yah hehehhe.

    ReplyDelete
  22. Raih untung yang lebih banyak dan membangun kepercayaan masyarakat lewat lewat rasa yang enak dan pengiriman tepat waktu lewat paxel

    ReplyDelete
  23. Pengiriman yang tepat waktu itu amat sangat mendukung perkembangan bisnis ya. Apalagi jika merintis bisnis online dan pesan antar.

    ReplyDelete
  24. Bisnis dari rumah terutama kuliner memang sangat layak digenjot ya, Mbak. Apalagi kalau sudah ada pasarnya. Tentu saat berbisnis, kita butuh maju dengan memperluas jangkauan pemasaran. Pakai Paxel ini memang sangat mendukung. Layanan bagus dan cepat. Aku juga pakai loh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah membaca. Tinggalkan komentar ya, biar aku bisa balas BW 😊

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Jadi Komuter di Ibukota. Siapa Takut?!

Tentu Saja Aku Bisa Melakukan Semuanya, Tapi Apakah Aku Mau?

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia