Mau Wisata Olahraga Lari di Surabaya? Lapangan Thor Jawabannya


Bergaya dulu setelah jalan sore 10ribu langkah


Olahraga kini menjadi salah satu sarana relaksasi dan liburan buat banyak orang. Untuk mengisi waktu luang, tidak jarang orang malah memilih pergi ke pusat kebugaran daripada ke pusat perbelanjaan. Berenang juga salah satu pilihan banyak keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Di hari Minggu, di banyak kota diadakan Car Free Day (CFD), yang pengunjungnya juga tidak sedikit.
Nah, untuk para traveler yang juga suka olahraga, di Surabaya ada lapangan khusus olahraga atletik lho, namanya Lapangan Thor. Lapangan ini terletak di Jalan Padmosusastro no 74, Surabaya, tepatnya di belakang GOR Pancasila.

Sejarah Lapangan Thor
Mengutip dari laman surabayastory.com, Lapangan Thor sebenarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dulu, lapangan ini diperuntukkan sebagai lapangan bola, sekaligus markas klub sepakbola yang bernama THOR. Singkatannya Tot Heil Onze Ribben, yang artinya Hail to Ourselves Ribcage (Salam untuk Tulang Rusuk Kita). Para pemainnya adalah Indo-Belanda.
Setelah Indonesia merdeka, selain menjadi tempat latihan sepakbola, lapangan Thor juga banyak melahirkan atlet-atlet atletik ke tingkat internasional. Salah satunya Henny Maspaitella.
Kini, harapannya, dengan fasilitas berstandar internasional, anak-anak muda tertarik dan bisa menjadi atlet berprestasi dan bisa membawa nama Indonesia ke panggung olahraga internasional.



Berolahraga sambil berwisata
Buat para penyuka olahraga jenis atletik, lapangan Thor menyediakan tempat yang sangat layak dan berstandar internasional. Khusus untuk olahraga lari, tersedia 8 jalur dengan panjang 400 meter yang melingkar dalam lapangan. Lintasannya berbahan karet sintetis tartan dengan warna merah tanah, nyaman dipakai menapak. 

Delapan jalur lari berstandar internasional

Lintasan melingkar dengan panjang 400 meter

Selain lari, pengunjung juga bisa menggunakan fasilitas lain. Ada fasilitas untuk lompat jauh, lompat galah, halang rintang, lempar lembing, juga tolak peluru. Namun karena saat ini sedang musim hujan, banyak fasilitas yang diberi penutup agar terlindung dari air. 

Lapangan untuk lompat jauh

Lapangan untuk lempar cakram

Lapangan ini juga dilengkapi dengan tribun berkapasitas penonton hingga 1100 orang. Tempat duduknya terbuat dari plastik dan semi outdoor. Hati-hati saat melangkah naik, karena ada beberapa genangan karenaa tampias air hujan. 

Tribun penonton terlihat dari sisi seberang

Pemandangan dari tribun sayap kanan

Jangan khawatir, apabila perlu ganti baju sebelum atau sesudah latihan, tersedia juga kok ruang ganti dan toilet yang cukup banyak dan paling penting, bersih.

Ruang ganti dan toilet dijadikan satu

Toiletnya banyak kok
 
Untuk masuk ke lapangan, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Syarat masuknya hanya menggunakan sepatu olahraga. Iya, serius! Tentunya agar lapangan dipergunakan sesuai peruntukannya, dan tidak merusak lintasan ya.

Lapangan ini buka dari mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 20.00.  Pengunjung biasanya datang di pagi sebelum sekolah atau bekerja. Bagi yang tidak sempat, bisa juga datang di sore hari setelah pukul 15.00 karena matahari sudah cukup bersahabat. Hari Sabtu dan Minggu adalah waktu terfavorit pengunjung untuk berolahraga di sini.


Banyak muda-mudi, pasangan, bahkan keluarga berwisata olahraga di sini. Selain agar lebih sehat dengan mengeluarkan keringat, juga bisa menambah kekompakan dengan berkegiatan bersama. Dan tentu saja lapangan ini sangat instagramable dengan warna dominan merah tanah. Di berbagai sudut terlihat juga aksi-aksi selfie dan wefie dari pengunjung.
Di berbagai sudut banyak papan pemberitahuan agar lapangan tetap terjaga kebersihan dan manfaatnya. 

Ajakan untuk berbagi jalur. Jadi jangan egois dan semaunya sendiri ya!

Harus banget ya ini dibuat pengumuman :(

Mohon maaf, sekadar mengingatkan 

Sayangnya lapangan Thor ini tidak memiliki akun media sosial. Seringkali pengunjung yang datang kecele karena baru tahu bahwa lapangan ditutup karena ada event. Andai memilki akun media sosial, segala kegiatan yang akan datang dapat diinformasikan dan pengunjung juga bisa mengakses informasi tersebut.
Semoga para pengunjung mau terus menjaga kebersihan dan fasilitas di lapangan ini. Biar warga Surabaya dan sekitranya bisa terus memanfaatkan fasilitas ini, dan bangga dengan Lapangan Thor.
Salam jalan-jalan! Salam olahraga!

UPDATE! Selama masa transisi PSBB di Surabaya, Lapangan Thor dibuka kembali untuk umum. Tentu dengan aneka protokoler kesehatan agar aman bagi pengunjung. Banyaknya pengunjung yang masuk dibatasi, wajib memakai masker, dan ingat, selalu jaga jarak ya!

Comments

  1. Namanya kenapa lapangan Thor mba? Aku jadi penasaran. Hehe. Lumayan ya, bisa gratis olahraga di tempat sekeren itu. Sayang banget ngga ada media sosialnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini harusnya aku masukkan ya sejak awal. Makasih ya mbak buat masukannya. Sudah aku tambahkan nih sejarah lapangan dan namanya πŸ˜‰πŸ˜‰

      Delete
  2. Temen2 Google Local Guides seriiingg banget meet up di mari.
    Sayangnya, daku blum sempat ikutan, euy.
    Kapan2 kabari kalo mau lari di sini yak :)
    Kalo lagi selo, insyaAllah daku datang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya Mbak? Aku malah gak tahu, ya baru kali ini mah aku kemari, pas kebetulan lagi mudik :D Siapa tahu bisa jumpa yaaa

      Delete
  3. Wah aku yang orang surabaya baru tahu lapangan ini. Asyik banget buat olahraga bareng teman. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sama Mbak. Aku baru keturutan kali ini. Sebelumnya sudah niat olahraga 2x gagal karena ada Event Dispora hehehe

      Delete
  4. Waah orang Surabaya bisa sehat semua ini punya arena olahraga dengan fasilitas yang membuat tambah semangat, mantap 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi kalo lagi main ke Surabaya bisa mampir Mbak :)

      Delete
  5. ya ampun saya dulu 3 tahun tinggal di Sby buat kuliah tapi gak tau sama sekali tentang lapangan thor ini. padahal lokasinya di belakang GOR Pancasila

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata lapangan Thor ini selesai direnovasi tahun 2017 Mbak, tahun berapa kah Mbak Artha kuliah di Surabaya?

      Delete
  6. Wah cakep nian
    Bersih karena bu Risma ketat ya?
    Bandung juga punya, tapi kotor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bukan karena Bu Risma ya Ambu, tapi karena warga Surabaya sudah semakin sadar untuk menjaga fasum :)

      Delete
  7. wah seru ya olahraga di lapangan Thor tapi sayang juga kalau sampai di lapangan Thor eh ternyata tutup karena ada acara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu Mbak, saya sudah jadi korban 2x gagal masuk karena ada Event Dispora

      Delete
  8. Asyik banget lapangan Thor ini ya mbak. apalagi gratis masuknya. Mesti dimanfaatkan dan dijaga dengan baik ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul Mbak, gratisnya ini yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya :)

      Delete
    2. Banget mbak plus harus dijaga juga. Jangan sampe walaupun gratis digunakan secara asal-asalan. sedih terkadang sampah berserakan dan dicoret-coret

      Delete
    3. Iyaaaa sedih banget. Aku juga perhatian nih sama toilet. Biasanya GOR kan toiletnya mrmprihatinkan. Semoga kebersihan di sini bisa terus dipertahankan

      Delete
  9. Seru ya. Di kota saya Makassar juga marak olahraga lari, ada komunitasnya pula.

    Semoga dengan fasilitas berstandar internasional, anak-anak muda tertarik dan bisa menjadi atlet berprestasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mbak. Harapannya demikian, biar semakin semangat berlatihnya

      Delete
  10. Wah keren. Lengkap bgt fasilitasnyaaaa
    Mantabs Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa mampir Bang, kalau lagi main ke Surabaya ;)

      Delete
  11. Aku setahin di surabaya gatau kemana2 huhuhu... lom pernah kesini juga. Next time ku mampir dan plah raga disini ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nha sekarang sudah tahu, jangan lupa mampir ya hehehe

      Delete
  12. Namanya jadi mengingatkan film yang booming tahun kemaren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya film itu yang ikutan namanya Bang, karena lapangan ini sudah ada sejak jaman Belanda :D

      Delete
  13. Sudah banyak nih yang menggalakkan olahraga lari sebagai sarana rekreasinya. Di kota saya pun, mereka smpai berkomunitas tapi sekarang lagi gak bisa ke luar rumah ya. Semoga tidak lama lagi bisa berwisata lari lagi mereka yang menekuninya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ini cerita sabtu terakhir sebelum sosial distancing dicanangkan. Rindu sekaliii jalan-jalan ke luar kotaaa

      Delete
  14. Lapangan olahraga buat lari atau jogging bisa buat senam barenga temen-temen bisa, ditambah lagi gratis ya ampun, gimana ga bikin semangat buat olahraga bareng gank ya mb hihi biar badan sehat dan jiwa tenang hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, seru sekali kalau rame2 sama teman atau keluarga. Apalagi kalau hari Sabtu dan Minggu, wah seru lihatnya

      Delete
  15. Keren ya, lapangan Thor ini, Mbak kartika. termasuk komplit. Kayaknya seru juga kalau ada kolam renang di sana ya hehehe. Dan pas baca sejarah namanya, saya agak ngakak setelah tahu artinya, Salam untuk Tulang Rusuk Kita hehehe.
    Dan memang, Mbak. harusnya punya akun media sosial, ya. karena kasihan juga kalau yang sudah jauh-jauh datang, ternyata tutup, karena ada evant. O, ya Henny maspaitela itu atlit terkenal memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul kan Mas. Saya termasuk yang kasihan karena jauh2 datang dari Sidoarjo hahaha, dari desa pingin liat stadion di kota :P kecele sampe 2x sedihnyaaa akhirnya berujung olahraga di Kodam deh daripada sia2 perjalanan jauh :')

      Delete
  16. Wah asyik banget lapangan dan sedikit alat olahraga diperuntukkan untuk umum ya kak,
    Kita emang kudu rajin olahraga biar sehat dan gak mudah sakit,
    Salam olahraga!
    *kek komentator bola di akhir acara hahaha

    ReplyDelete
  17. Nah, hari gini memang lebih semua ada medsosnya . termasuk Lapangan Thor ini..jadi pengunjung ga balik karena sudah tahu sebelumnya lapangan dipakai event sehingga ditutup untuk pengunjung.
    Btw, namanya unik ya..Thor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari gini begitu lohhh, ya begitulah sayang ya kalau sarana sudah bagus tapi pengelolaan kurang memadai, termasuk pengelolaaan informasi dan komunikasinya. Andai lebih dioptimalkan mungkin bisa ngehits banget di kalangan anak2 muda

      Delete
  18. Wah lapangan berstandar internasional sdh banyak yabsebarannya di daerah Indonesia. Semoga tercipta bibit - bibit atlet unggulan dalam dunia olah raga dan yg pasti masyarakat sekitar bisa memanfaatkan lapangan ini supaya makin sehat yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mungkin langkah pertama perbaiki fasilitas dulu ya Mbak, paling tidak sudah ada inisiatif dari pemerintah kota

      Delete
  19. Nama lapangannya mengingatkan sama pemain Avengers hehe, lapangan bolanya luas ya, fasilitasnya juga bagus dan bersih, Surabaya keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ternyata bukan superhero Mbak hehehe, tadinya kupikir juga begitu hehehe

      Delete
  20. Ya ampiuun namanya romantis amat ya, Tot Heil Onze Ribben, literally tulang rusukkah...
    Btw jd bikin tambah semangat olga terus yaa Kak Tika... Kl sy gak jogging lg, aerobic an aja bareng buibu se RT hihi. Salam sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Kak, aku gak jogging, jalan santai saja memenuhi kouta 10ribu langkah sehari hehehe

      Delete
  21. Wah fasilitas yang ada di lapangan ini cukup lengkap ya mba. Ada ruang gantinya juga loh... Enak donk yaa apalagi bisa digunakan untuk umum ya mba. Bener deh jadi bisa olahraga lari sambil berwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, banyak juga orang pulang kerja lalu mampir disini. kan bukanya sampai jam 20.00

      Delete
  22. Makin lama, liat fasilitas publik di Surabaya kok makin keren yaaa. Suka deh sama lapangan olahraganya, sama taman-tamannya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Surabaya betul2 berbenah selama Bu Risma yang memimpin, beda dengan Sidoarjo yang begitu2 saja ternyata kesangkut korupsi juga hiks

      Delete
  23. Jadi mengingatkan aku buat ke surabaya kapan kapan haha asik banget nih fasilitas lapangannyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa jangan lupa mampir ya kalau pas ke Surabaya ;)

      Delete
  24. Semoga nanti nggak hanya di Surabaya aja punya lapangan olahraga se keren ini, daerahku Bengkulu juga.

    Maklum, lapangan di daerahku belum begitu luas. jadi belum bisa menampung kapasitas orang terlalu banyak.
    tapi,terakhir aku pulang kampung. Dari luar nya sudah mulai di perbaiki seperti warna dinding nya yang sudah usang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga ya Kak, biar warga ada tempat juga untuk olahraga yang aman, kadang olahraga di jalan juga khawatir kesenggol

      Delete
  25. Namanya unik ya, lapangan Thor. Tp asli keren banget lapangannya. Memfasilitasi warga untuk memiliki gaya hidup sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya instagramable Mbak! Warna merah batanya tuh yang bikin cantik

      Delete
  26. Kalau di masa pandemi begini, aturan masuknya gimana, Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pembatasan berapa orang yang boleh masuk. Tentu saja masker dan physical distancing wajib.

      Delete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular posts from this blog

Parasite (2019), Film Terbaik Pemenang Oscar 2020

Pengalaman Pertama Jadi Komuter di Ibukota. Siapa Takut?!

Tentu Saja Aku Bisa Melakukan Semuanya, Tapi Apakah Aku Mau?