Traveling dengan orang tua, kenapa tidak?




Beberapa kali aku nekat mengajak Ibuku liburan berdua saja. Bukannya apa-apa. Menurut aku traveling dengan orang tua cukup pelik. Jatuhnya hampir sama dengan solo traveling, karena beliau berharap hanya padaku. Positifnya, solo traveling dengan bonus seorang teman, negatifnya solo traveling dengan tambahan “beban”. Beban disini maksudnya adalah aku sendirian mengorganisir itinerary dan akomodasi, tugas tidak bisa dibagi-bagi. Senangnya ya ketika melihat Ibuku bersenang-senang. Kami punya quality time berdua, yang jarang banget ada. 

Seperti traveling pada umumnya, perencanaan yang matang adalah poin yang paling penting. Traveling dengan orang tua tentu tidak bisa menganut aliran backpacker ya! Apalagi aliran go-show!

Menurut pengalaman aku, berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat traveling dengan orang tua :

1.       Bawa serta kursi roda

Awalnya Ibuku tidak mau memakai kursi roda. Malu lah, merasa merepotkan lah. Tapi setelah merasakan manfaatnya, yaitu hemat energi dan tidak gampang kelelahan di malam hari, beliau malah selalu mengingatkan sekarang. Toh di tempat tujuan tidak ada yang kenal. 


Saat ini kursi roda bisa disewa, pilihan kursi rodanya juga banyak, sesuai kebutuhan. Biasanya minimal sewa 5 hari. Terakhir kali di tahun 2018, harga sewanya Rp15 ribu per hari. Googling saja, kamu akan terhenyak melihat banyaknya pilihan persewaan kursi roda. 


Tentu saja kursi roda hanya bisa dipakai di tujuan wisata perkotaan, bukan alam ya.Di beberapa kota besar juga sudah banyak fasilitas yang ramah disabilitas. Jadi tidak perlu kuatir. 


Jika kamu menggunakan mode transportasi pesawat terbang, masing-masing maskapai menyediakan fasilitas kursi roda secara gratis. Minta saja kepada petugas saat check in manual,  mereka akan dengan senang hati membantu. Kursi roda sewaan lebih baik dimasukkan ke bagasi. Karena bagasi sudah berbayar sekarang, jangan lupa masukkan ke dalam budget.



2.       Pemilihan akomodasi dan tempat wisata

Ibuku sangat menyukai perjalanan. Maksudnya tujuan wisatanya tidak terlalu penting, yang penting diperjalanannya, melihat pemandangan, tempat-tempat baru. Jadi pilihlah tempat wisata sesuai selera beliau, karena tujuan kita untuk menyenangkan beliau kan. Pastikan mode transportasi yang nyaman buat orang tua. 

Dalam sehari lebih baik satu tujuan saja, agar tidak terlalu kecapekan. Lebih baik liburan santai daripada grusa grusu dan jadinya tidak menikmati liburan.



3.       Banyak istirahat dan tidak telat makan

Kadang untuk menghemat waktu, kita sering melewatkan waktu istirahat atau makan. Kalau alirannya bakcpacker sih, amat sangat disarankan ya, terutama untuk menghemat budget hehehe. 

Tapi tidak disarankan jika traveling bersama orang tua. Daripada masuk angin, atau kurang istirahat, lebih baik disiplin soal ini. Caranya adalah masukkan acara makan dan istirahat menjadi salah satu tujuan wisata. Cukup istirahat penting agar selama liburan tetap fit.



4.       Bawa obat-obatan

Kalau perlu sebelum berangkat, cek kesehatan dulu ke dokter. Paling tidak kita sudah tahu kondisi di awal. Bahkan saat meminjam kursi roda di maskapai, prosedurnya harus menjelaskan kondisi kesehatan yang bersangkutan, kenapa membutuhkan kursi roda. Biasanya aku tulis saja alasannya capek berjalan jauh, karena Ibuku memang masih sehat.



5.       Dibawa santai dan sabar

Dimana-mana kalau traveling bersama teman pasti ada masa-masa berantemnya. Biasanya hal-hal kecil sih pemicunya, seperti mood. Sama halnya traveling dengan orang tua. Oleh karena itu penting banget menjaga mood masing-masing. 

Gimana caranya? Ya itu tadi. Pastikan soal komsumsi teratur. Istirahat juga cukup. Hal-hal lain di luar rencana, dibawa santai saja, anggap sebagai bagian dari petualangan. Harus sabar juga dengan orang tua. Karena secara waktu, cara berlibur juga berbeda. Fokus saja kepada tujuan awal ingin menyenangkan orang tua JJ




Comments

  1. Nikmat yang tiada dua bisa bersama dengan orang tua. Apalagi bisa mengajak mereka berwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr, kebetulan hobiku dan Ibu sama, jalan-jalan, jadi liburan adalah salah satu agenda wajib buat kita :))

      Delete
  2. just share info aja, RATU MEDIKA adalah toko online yang menjual kursi roda travelling untuk jalan-jalan. Kursi roda liburan (kursi roda bepergian) ukuran kecil dan ringan. Kursi roda haji yang biasa digunakan saat naik haji dan naik pesawat. Kursi roda lipat ukuran mini yang ringan dan praktis masuk bagasi pesawat, untuk lebih jelasnya dapat membuka link ini: RatuMedika.com

    ReplyDelete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular Posts