Pulau Merah, Berlibur ke Banyuwangi Episode Kedua


Melanjutkan postingan sebelumnya tentang liburan ke Banyuwangi episode pertama yaitu ke Teluk Hijau, kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Merah untuk menikmati sunset. Pulau Merah juga merupakan pantai selatan, kurang lebih 1 jam perjalanan dari Teluk Hijau. Sama halnya ketika ke Teluk Hijau, sepanjang perjalanan kami juga bertemu penjual buah naga. Benar-benar sedang di puncak musimnya. Kalau gak ingat susah bawanya, rasanya pengen borong-borong lagi. Dan temanku yang cowok sudah melirik kejam hahaha

Ciri utama Pulau Merah adalah ada sebuah bukit, dengan tanah yang merah, namun tanahnya yang merah tertutup vegetasi hijau. Letaknya tidak jauh dari pantai. Jika sedang surut, pengunjung bisa jalan kaki ke bukit itu lho. Kalau sedang pasang, kita bisa menyewa perahu untuk mengelilingi bukit.


Bukit ikonik di Pulau Merah

Pantainya landai, pasirnya bersih, ombaknya cukup besar. Karena sudah sore, tidak banyak yang berenang. Ada beberapa yang main surfing. Kabarnya pernah juga diadakan kompetisi surfing internasional disini, keren kan. Sejauh mata memandang, aku hanya melihat air hingga ke ujung sana. Rasanya menenangkan. Aku tidak tertarik untuk berenang, menikmati sunset saja sudah bahagia #ehem.



Pantai cukup sepi, hampir tidak ada yang berenang

Pulau Merah menjadi salah satu tujuan wisata keluarga

Foto wajib di Pulau Merah

Di pantai ini, peradaban lebih dekat. Banyak penjual makanan, rumah penduduk, bahkan ada penginapan. Aku pikir seru juga ya, menikmati sunset lalu menginap disini dan bangun pagi dengan pemandangan pantai. Berasa Sultan hahaha Mungkin berikutnya aku akan kembali ke sini dengan keluarga besar, catet.


Cantik ya sunset dan langitnya, bikin pingin balik


Foto ala-ala siluet, buat kenangan

Setelah puas berfoto-foto, kami memutuskan untuk mencari tempat duduk. Biar lebih khusuk menikmati sunsetnya. Aku suka sekali menikmati suasana dengan duduk diam tanpa melakukan apa-apa. Duduk menyerap suasana, merekamnya dalam ingatanku, mengingat baunya. Mendengarkan suara alam, kepak burung, hempasan ombak, menikmati anginnya. Memandangi anak-anak yang berkejaran dengan teman-temannya, orang yang sedang pacaran #eh jangan lupa didubbing ya hahaha


Banyak tersedia tempat duduk dan dipan, bebas saja, gratis belum komersil hehehe


Setelah matahari menghilang, suasana pantai mulai menggelap. Hari ini sudah berakhir. Sedih rasanya harus menyudahi momen ini. Kami beranjak ke mobil, bersiap-siap melanjutkan perjalanan. 


Foto kenangan berempat, Geng Ijen goes to Pulau Merah :))
Perjalanan hari itu ternyata cukup melelahkan. Kami ingin segera bersih-bersih dan makan malam. Petualangan ke Ijen sudah menunggu kami. Untuk selengkapnya, baca di artikel part 3 yaaa

Comments

  1. kak tika kok ya bisa tahan udah ke pantai gak nyebur. Hehe, aku gak sah rasanya kalo udah ke pantai tapi gak mandi di laut.
    Apalagi pantai merah ini begitu sepi yang mandi. Mirip kayak pantai pribadi ya kak tika..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya sih mbak harusnya nyebur ya, tapi karena sudah menjelang sunset, dan sepi, jadi kurang terpanggil nurani ini :D

      Delete
  2. Saya sangat menantikan postingan ini, Mbak Kartika. Apalagi kemarin ceritanya juga seru. Dan saya langsung mupeng lihat pulau merah ini. Apalagi ada pantainya dan bisa menikmati sunset. Mantap.
    Ayo, ditunggu cerita selanjutnya, Mbak Kartika. Walau belum pernah ke Banyuwangi, tapi saya bisa merasakan. dan semoga bisa segera ke sana. Aamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Mas Bams atas supportnya. Tadinya mau kujadikan satu, tp belajar dr temen2 yg lain, lebih ringkas dibagi ya hehehe salah satu manfaat BW nih jd belajar teknik ngeblog juga

      Delete
  3. Pantai-pantai di Banyuwangi asyik juga ya, hehehe. Btw, sayang banget foto-fotonya agak gelap neh Kak, jadi kurang bisa menikmati visualnya. Apa karena pas sunset ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa krn sdh senja, dan maklum yaa cuma pake hape aja fotoinnya hehe

      Delete
  4. bukit yang di tengah itu unik sekali menurut saya.
    pantainya juga bersih ya...

    ReplyDelete
  5. Unik ya nama²nya Mbak. Kemaren ada Teluk Hijau, trus sekarang ada Pulau Merah. Besok² ada warna lg gak yaa hehe,, btw foto berlatarbelakang sunsetnya syantiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kebetulan aja yaa, kayaknya cuma itu sih yg pake warna untuk namanya...

      Iyaaa aku selalu suka fotoin sunset. Menurut aku yg paling bagus itu sunset

      Delete
  6. Sunsetnya MasyaAllah cakep bener, kapan ya bisa berkunjung ke sana? Enaknya pas sepi jadi lebih puas menikmati suasana pantainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bener. Aku juga merasa beruntung ke sananya sore. Dapet sunset, juga dapat agak sepi. Kalo pantai terlalu rame juga pusing ya hehe

      Delete
  7. Wah, beda antara pasang dan surut cukup jauh ya, kalau begitu. Apa ini normal atau memang fenomena alam di sana? Luar biasa lho punya 2 kemungkinan, jalan kaki saat surut atau berperahu saat pasang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya itu untuk penggambaran jarak bukitnya mba. Jaraknya dekat bisa jalan kaki

      Delete
  8. Pantainya kelihatan bersih ya, jadi terlihat nyaman sekali berada dipantai itu. Pulau yang jadi ikon itu unik, karena bisa didatangi jika air laut lagi surut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, pantai di sini relatif bersih. Semoga saja para pengunjung konsisten untuk terus peduli dengan pantai-pantai kita

      Delete
  9. namanya unik Pulau Merah dan pemandangan masayallah cantiknya. semoga kapan - kapan bisa lihat sunset disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok mbak, main ke Banyuwangi, lalu mampir ke wisata Jawa Timur lainnya :)

      Delete
  10. Mbak, perjalanan dari Teluk Hijau ke Pulau Merah ini menggunakan apa? Harus pesan alat transportasinya dulu atau siap di tempat aja? Biayanya berapa ya, Mbak? Aku tuh kepengen banget kesini, euy. Sambil ngitung-ngitung biayanya, hahaha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Teluk Hijau ke Pulau Merah aku naik mobil mbak. Untuk perahunya standbye di pantai Rajegwesi, ajdi ga usah khawatir, pasti dapat kok hehehe. Pesanku datangnya jangan kesorean yaa, sayang jauh-jauh kesana sebentar saja :)

      Delete
  11. Wah ternyata masih gratis ya, semoga gak banyak sampah di sana jd pengelolanya gak mumet dan gak narik retribusi #ngarep :D
    Wah kalau sampai pernah ada lomba surfing skala internasional brarti ombaknya emang bagus ya mbak? Sayang kesorean jd gk trlalu eksplor lautnya ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantainya gratis mbak, tapi ada kontribusi saat masuk Taman Nasional Meru Betiri. Standar lah.

      Iya, aku juga baru tahu setelah pulang dari sana. Kalo ga salah tahun 2013 Event surfing itu.

      Delete
  12. Pantai di Banyuwangi itu emang indah indah. PR banget nih aku buat datang dan berkunjung ke Banyuwangi.

    Kalau aku lihat pantai begini, gak bisa tenang mbak kalau belum nyebur ha..ha...
    Mantap mbak lanjutan ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha langsung disko yaa... harusnya begitu sih mas, masak sudah sampai pantai gak main air, gak seru kan. Ini juga karna sudah kesorean jadi serba nanggung

      Delete
  13. Aku salah satu yang penasaran dengan tempat ini..tapi sayang aku datang pas waktu kurang tepat.. Jadi penuh dan kotor oleh sampah.. Sedih lihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang ya, waktu aku datang kebetulan bersih pantainya. Ah semoga lebih disiplin ya pengunjung soal sampah

      Delete
  14. MaasyaaAllah sunsetnya mbaaaa... Seumur hidup daku belum pernah ngeliat sunset dan merasakan sensasi indahnya secara langsung. Cuma lewat Poto dan lukisan. Sedih akutu, kurang traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbakk, ndang dimulai.. mulai dari yang deket ajaa hehehe

      Cita-citaku malah pas pensiun punya rumah di deket pantai, biar bisa puas ngeliatin sunset



      Delete
  15. Pulau merah baguuss. Masih sepi dan belum banyak yg jualan ya sepertinya.
    Malah enak karena berasa pribadi bgt.

    Aku td ke pantai juga, dan ruame bgt. Haahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbakk.. seneng kalo ke pantai masih sepi, jadi puas foto-foto, puas main-main, andai yaa bisa punya pantai pribadi.

      Delete
  16. Aku belum pernah ke Banyuwangi. Setelah baca artikel ini, jadi pengen

    ReplyDelete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular posts from this blog

Parasite (2019)

My Life as Writer

Tentu saja aku bisa melakukan semuanya, tapi apakah aku mau?