Yuk, Menantang Skill di Game 3 Keys Solitaire dan Solitaire A Deck of Fish Card


Ngacung yuk, siapa yang hobinya main game waktu gabut?

Aku dong.

Ada yang sukanya main game kartu semacam Solitaire?

Aku suka semua jenis game kartu. Sepertinya ini berkaitan dengan kenangan di masa kecil, dimana Ayah sering mengajak aku, kakak, dan adik bermain kartu bersama setiap hari Minggu. Ayah memang tipe orang yang sangat menyukai permainan, tidak heran beliau jago main kartu dan catur.  

Bersama Ayah, tentu saja waktu itu kami menggunakan kartu sungguhan berjumlah 56 kartu. Seingatku banyak sekali jenis permainan kartu yang Ayah ajarkan. Kalau sekarang ditanya lagi, sepertinya aku sudah lupa. Tapi yang kuingat dengan benar adalah, bermain kartu bersama menjadi agenda yang kutunggu-tunggu setiap hari Minggu.

Setelah dewasa dan mengenal aneka game kartu di Windows, aku melanjutkan kebiasaan itu. Buatku, yang menarik dari game kartu adalah tidak terlalu membutuhkan berpikir, tapi menantang untuk diselesaikan. Semakin sulit untuk diselesaikan semakin penasaran dibuatnya. Dimainkan ketika sudah di akhir hari pun juga tidak bikin lelah otak.

Tentu saja untuk yang bermain secara online dan berkompetisi, misinya jadi bertambah untuk mengejar skor dengan pemain lain. Diperlukan strategi permainan untuk mendapatkan skor sebanyak mungkin dalam sekali main. Yang ini mungkin agak melelahkan πŸ˜†

Buat yang bermain game kartu di Windows, pasti sudah mengenal dengan baik 5 sekawan, yaitu: Solitaire, Freecell, Spider, Pyramid, dan Tripeaks. Secara pribadi, game kartu favoritku adalah Freecell.

Freecell dan Solitaire sebenarnya mempunyai misi yang sama yaitu mengurutkan kartu mulai dari As hingga King. Berbeda dengan Solitaire yang terdiri dari tujuh tumpukan kartu yang harus dibuka satu per satu, di Freecell semua kartu sudah terbuka namun urutannya random.

Aksi mengotak-atik susunan kartu yang random inilah yang menurutku bikin seru dan geregetan. Kalau sudah kehabisan langkah dan game over, duh rasanya semakin tertantang untuk menaklukkan game yang sama. Iya, bukan malah memilih game yang baru, justru aku akan mengulang game yang sama untuk tahu di mana kesalahanku tadi.

Ada yang samaan dengan aku? πŸ˜‹

Nah baru sebulan terakhir ini, aku dikenalkan ke game kartu jenis yang lainnya. Konsepnya masih seperti Solitaire dan kawan-kawan sih, tapi beberapa dimodifikasi sehingga cara bermainnya dan tampilannya lebih menarik. Yang jelas sih bisa mengalihkan rasa bosan jika permainan sudah mulai terasa terlalu gampang #ehsombong.  

Di situs ini aku menemukan surganya game kartu. Sungguh banyak sekali jenis game kartu yang bisa dicoba di sini. Tentu saja aku belum mencoba semuanya, tapi sejauh ini aku sudah menemukan 2 game kartu favorit yang sepertinya akan kumainkan untuk jangka panjang yaitu 3 Keys Solitaire dan Solitaire A Deck of Fish Card. 

Yuk, kita bahas satu-satu cara bermainnya. 


3 Keys Solitaire




Meski namanya mengandung Solitaire, tapi secara konsep game 3 Keys Solitaire lebih mirip Pyramid atau Tripeaks. Untuk memulai permainan, klik tombol Play. Tampilannya akan seperti ini:




      Misi permainan game 3 Keys Solitaire adalah menghabiskan kelompok kartu di bagian bawah. Cara bermainnya dengan memasangkan kartu di sebelah kanan atas (King Wajik) dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit di kelompok kartu bagian bawah. 

      Jika pilihan kartu di bagian bawah tidak ada yang sesuai, klik kartu di kiri atas (warna hijau dengan angka 36) untuk mengocok kartu berikutnya. Di sebelahnya ada bonus 4 kartu Joker yang akan menjadi kartu bebas untuk dipasangkan dengan kartu apapun.   

      Yuk, kita coba bermain bersama game 3 Keys Solitaire. Berikut cara memulainya:

  • Kartu di kanan atas adalah King Wajik. Pasangkan King Wajik dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit di kelompok kartu bagian bawah. Pilihannya antara Queen atau As. Dalam hal ini pilihannya cuma 1 yaitu Queen Sekop.
  • Pilih Queen Sekop dengan mengklik 2 kali, maka kartu di kanan atas akan berubah menjadi Queen Sekop.

 


  • Langkah berikutnya, pasangkan Queen Sekop dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit, yaitu King atau Jack. Dalam hal ini tidak ada kartu yang dapat dipilih. 
  • Maka cari bantuan dengan mengocok kartu, yaitu dengan mengklik kartu di kiri atas. Perhatikan bahwa angka 36 di bawahnya menunjukkan sisa kartu yang dapat dikocok. Sebisa mungkin jangan menghabiskan jatuh kartu ini di awal permainan.



  • Kartu di kanan atas berubah menjadi 7 Wajik. Perhatikan bahwa sisa kartu yang bisa dikocok adalah 35.
  • Pasangkan 7 Wajik dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit, yaitu 6 atau 8.
  • Berhati-hati dalam memilih karena ini adalah bagian dari strategi. Pilih angka berikutnya yang akan membantu untuk langkah berikutnya, tanpa harus mengocok kartu lagi. Dalam hal ini, 8 Hati akan dipilih agar berikutnya dapat memilih 9 Wajik (tanpa harus mengocok kartu lagi).


  • Kartu di kanan atas menjadi 8 Hati, dan pasangkan dengan 9 Wajik.
  • Begitu seterusnya hingga kartu habis
  • Jika ada beberapa pilihan, dahulukan kelompok kartu yang memiliki gambar kunci (Key) agar dapat membuka 2 kartu di kanan atas yang masih terkunci, untuk mempercepat permainan.


Solitaire A Deck of Fish Card



Untuk memulai game Solitaire A Deck of Fish Card, klik Play, dan papan permainan akan muncul seperti ini:




Misi permainannya sama seperti 3 Keys, yaitu menghabiskan kelompok kartu di bagian atas. Cara bermain game Solitaire A Deck of Fish Card juga mirip dengan 3 Keys, yaitu dengan memasangkan kartu di bagian tengah bawah (4 Keriting) dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit di kelompok kartu bagian atas.

Jika pilihan kartu di bagian atas tidak ada yang sesuai, klik kartu di sebelah kirinya (warna biru dengan angka 8) untuk mengocok kartu berikutnya. Angka 8 menunjukkan sisa kartu yang dapat dikocok, ya.

Yang unik, di game Solitaire A Deck of Fish Card tersedia kartu bonus yang bergambar ikan. Kumpulkan kartu bonus ini di kolom sebelah kiri, yang nantinya dapat membantu ketika kehabisan kartu.  

      Jika dalam permainan mendapat streak, akan muncul gambar ikan di sebelah kanan kartu 4 Keriting. Jika gambar ikan sesuai dengan salah satu dari 3 ikan koleksi di kolom sebelah kanan, gambar koleksi ikan akan menyala. Klik gambar ikan untuk melengkapi koleksi ikan. Jika ketiga koleksi ikan sudah komplit, maka game akan selesai dimenangkan, dan otomatis naik ke level berikutnya.   

      Yuk, kita coba bermain bersama game Solitaire A Deck of Fish Card. Berikut cara memulainya:

  • Ada 3 kartu bergambar ikan di baris paling bawah. Klik ketiga kartu bonus ini untuk disimpan di kolom sebelah kiri. Papan permainan akan tampak seperti ini




  • Kartu yang harus dicari pasangannya adalah 4 Keriting (di bagian tengah bawah). Pasangkan 4 Keriting dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit di kelompok kartu bagian atas. Pilihannya antara 5 atau 6. Dalam hal ini pilihannya tidak ada, jadi harus mengocok kartu. Klik kartu biru di sebelah 4 Keriting. 

 


  • Kartu 2 Hati muncul. Pasangkan 2 Hati dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit, yaitu As atau 3. Dalam hal ini pilihannya cuma satu yaitu As Hati.



  • Perhatikan ada ikan di sebelah As Hati, dan salah satu gambar ikan di kolom sebelah kanan menyala. Klik, maka koleksi ikan akan bertambah dan dicentang. Kumpulkan dua ikan lagi, maka permainan akan dimenangkan, dan otomatis naik ke level berikutnya. 


  • Selanjutnya pasangkan As Hati dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit, yaitu 2 atau King. Dalam hal ini pilihannya tidak ada, sehingga harus mengocok kartu, atau menggunakan kartu bonus di kolom sebelah kiri.  


 

  • Aku memilih untuk mengocok kartu. Kartu berubah menjadi 5 Sekop. Perhatikan bahwa sisa kartu yang bisa dikocok adalah 6.
  • Pasangkan 5 Sekop dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit, yaitu 4 atau 6.
  • Berhati-hati dalam memilih karena ini adalah bagian dari strategi. Pilih angka berikutnya yang akan membantu untuk langkah berikutnya, tanpa harus mengocok kartu lagi. Dalam hal ini, 6 Keriting akan dipilih, kemudian berikutnya dapat memilih 7 Wajik (tanpa harus mengocok kartu lagi).


  • Kartu berubah menjadi 7 Wajik. Pasangkan 7 Wajik dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit, yaitu 8 atau 9. Dalam hal ini tidak ada pilihan yang sesuai, maka pilihannya adalah mengocok kartu, atau menggunakan kartu bonus di kolom sebelah kiri.
  • Berhati-hati dalam memilih karena ini adalah bagian dari strategi. Dalam hal ini, aku memilih untuk mengocok kartu.



  • Kartu berubah menjadi Queen Sekop. Pasangkan Queen Sekop dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit, yaitu Jack atau King. Dalam hal ini akan dipilih King Sekop, lalu berikutnya pilih Queen Wajik. 


  • Kartu berubah menjadi Queen Wajik. Pasangkan Queen Wajik dengan kartu yang bernilai satu lebih banyak atau lebih sedikit, yaitu Jack atau King. Dalam hal ini akan dipilih secara berurutan Jack Hati, Queen Hati, dan Jack Wajik. 


  • Perhatikan salah satu koleksi ikan menyala. Klik untuk menambah koleksi. 
  • Perhatikan juga ada kartu bonus bergambar ikan, Klik untuk menambah kartu bonus.
  • Lanjutkan permainan. Ketika koleksi ikan terakhir didapatkan, game akan dimenangkan dan naik level. 


  • Selamat, berhasil naik level! Lanjutkan permainan sampai ke level-level berikutnya!



Kalau ada teman-teman yang sudah mencoba bermain, share yuk game kartu mana yang sudah kalian coba? Lalu game mana yang paling kalian sukai?


Comments

  1. permainan Solitaire salah satu favorit aku mbak, ternyata sekarang banyak macamnya ya. Belum aku utak atik versi yg lain nih
    Dulu awal main waktu SD, kayak susah gitu, lama lama udah terbiasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa seru banget main kartu tu buat aku hehe.. cobain deh versi lainnya, tampilannya juga gemoy

      Delete
  2. Ngacung yuk, siapa yang hobinya main game waktu gabut? saya ga ngacung karena saya kalo gabut ngeblog atau ngonten youtube, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha waduh salah nanya nih kalo sama suhu content creator (^_^) sayang waktunya klo cuma buat main game yak, mending buat ngonten :-P

      Delete
  3. ini versi pembaruan dari era windows 95 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngga tahu sih Bang sebenernya, mungkin iya, mungkin bukan hehe. Yang jelas konsep mainnya sama sebenernya, cuma tampilan games-nya lebih gemoy aja >_<

      Delete
  4. Ini nih permainan yang gak akan lekang oleh waktu, Solitaire. Eh tapi belum nyobain yang 3 Keys Solitaire nih, kapan kapan kalau gabut bisa dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerr.. games ini memang didedikasikan ketika gabut aja. Biasanya aku main pas lagi ngantri atau mau tidur hehe

      Delete
  5. Mbaaaa jelas banget caranyaaa 😍😍. Aku terkadang banyak buta Ama permainan game gini. Solitaire aku main, tapi yg basic2 aja πŸ˜„.

    Tapi kalo ditulis lengkap gini, dan penjelasannya ga bikin bingung, aku sukaa. Jadj kalo ntr butuh penjelasan, liat dari tulisan ini deh. Akh mau coba ntr.

    Kebetulan aku pun rutin main game, biasanya pas udah jenuh Ama rutinitas 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya saking sukanya sampe aku telatenin ss biar jelas, soalnya games-nya gemes2 gitu tampilannya. Mainnya juga gak capek, karena gak banyak mikir hihi. Kalo aku main game sukanya yang gak strategi (jadi gak usah mikir), dan harus ada tantangannya (biar gak cepat bosan) :D

      Delete
  6. Jadi ingat zaman dulu main game online Solitaire di komputer :) Ternyata sampai hari ini pun masih digandrungi ya. Buat relaksasi cocok banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo mbaa, aku sukanya tu gak bikin mikir-mikir banget, tapi merasa tertantang gitu hahaha, mayan buat pas lagi gabut

      Delete

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah membaca. Tinggalkan komentar ya, biar aku bisa balas BW 😊

Popular posts from this blog

14+ First Love (2015), Kisah Cinta Pertama dari Sinema Rusia

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia

[REVIEW BUKU] My Sister’s Keeper by Jodi Picoult