#seminggusatucerita

https://www.instagram.com/sellypadi/

Tiba-tiba saja terbersit ingin mendedikasikan diri menulis blog seminggu sekali selama 2019. Kenapa seminggu sekali? Well, karena setiap hari itu akan sangat ambisius jika dikali 365 hari ya. LOL. Kalo sebulan sekali kok ya rasanya pemalas sekali. Kapan terealisasi jadi blogger fulltime kalau begitu? Hehehe
Masak sih dalam seminggu tidak ada yang bisa diceritakan. Pasti ada, jadi tidak perlu khawatir. Yang diragukan sebenarnya adalah konsistensi diriku hahaha.. eh tapi kan harus positif thinking ya... jadi ayuklah harus semangat dan yakin bisa!
Nanti rencananya, ceritanya bisa tentang apa saja. Tentang di kantor, di rumah, kisahnya teman, atau kamu mau nyumbang cerita, juga boleh J Harapanku sih bisa berbagi cerita yang nanti bisa didiskusikan di kolom komentar. Lebih bagus lagi kalau bisa menginspirasi ya.. wah bakal sangat menyenangkan J Semoga ya, jadi tantangan ini cari bahan cerita yang bagus, dan mengasah lagi teknik bercerita yang menarik.
Duh, jadi semangat nih ingin segera memulai.
Jadi, pagi ini aku juga memutuskan untuk ikutan 30HBC di Instagram.  Sudah pernah tahu belum? Buat yang belum, 30HBC singkatan dari 30 Hari Bercerita, adalah tantangan nge-blog di Instagram selama 30 hari nonstop. Setiap harinya harus post satu cerita, tentang apa saja. Kalau cerita kamu dianggap keren oleh admin, tulisan kamu akan direpost dan bisa dibaca lebih banyak orang lagi. Keren kan, ibarat jadi seleb sehari, tetiba dapat banyak hujan likes dan followers.
Ini bakal jadi kali keduaku ikutan tantangan ini. Woohoo semangat! Cerita sukses tahun lalu sih, jujur ya aku belum sukses full ikut 30 hari. *malu*
Ya kuakui kadang karena kesibukan, jadi gak sempat untuk posting cerita. Karena ini bukan cerita sembarang cerita lho. Kadang kesulitannya cari foto atau video yang sesuai dengan cerita. Eh, tapi sebenarnya cerita itu ada lalu dicari foto yang cocok, atau dari foto kita bisa bercerita? Hehe bingung ya. Akhirnya untuk membayar “hutang”, besoknya kita bisa posting beberapa cerita untuk menutup kekurangan. Tapi kalau sudah terlambat, gak bisa direpost ya. Catet! 
Oiya, dalam 30 hari itu bakal ada beberapa topik yang ditentukan oleh admin. Biasanya kita diberi tahu sehari sebelumnya, biar surpise. Tahun lalu, ada juga tantangan untuk menggunakan 3-4 kata untuk dirangkai dalam satu cerita. Seru ya...
Tantangan ini tanpa hadiah dan gratis lho. Herannya peminatnya banyak sekali. Buatku sih yang buat menarik karena membaca cerita pendek itu selalu menyenangkan. Ada yang bercerita kisah komedi, romantis, horor, dijadikan serial dalam sebulan. Menarik ya! Kita bisa sedikit mengenal kepribadian si penulis, mungkin dari gaya menulisnya, pilihan diksinya. 
Kemudian saat kita menulis cerita dan mendapat validasi (likes) dari orang lain juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Serius! Tentu saja kadang rasa khawatir masih ada, karena posting cerita untuk ikut tantangan seperti ini membuka akses ke pembaca yang lebih luas. Jadi ada sedikit beban. Berbeda dengan menulis di blog yang mungkin pembacanya lebih teseleksi, hanya orang-orang yang mengenal kita, atau sudah pernah membaca blog kita sebelumnya. Bikin deg-degan begitu hehe
Ya sudah deh. Kalau kamu juga tertarik ikutan, segera deh folllow akun @30haribercerita dan ikuti tantangannya. Mulainya tanggal 1 Januari 2019. Yuk, kita balapan posting di Instagram!





Comments

Popular posts from this blog

Parasite (2019)

My Life as Writer

Tentu saja aku bisa melakukan semuanya, tapi apakah aku mau?