Berburu diskon tiket kereta di aplikasi KAI Access


Kabar gembira!! Bukan ekstrak durian dalam permen rasa stroberi yaaa hehehe...

Bagi yang belum mengetahui, khusus untuk penumpang Lansia, TNI/Polri, Veteran, dan Wartawan, PT Kereta Api Indonesia memberikan diskon khusus hingga 50%, atau biasa disebut tarif reduksi. Hanya saja, selama ini diskon tidak berlaku untuk pembelian online melalui aplikasi KAI. Jadi kalau mau mendapatkan diskonnya, harus membeli melalui loket secara manual. Harus antri dong, hiks!

Nah, mulai 1 September 2019, layanan pembelian tiket dengan tarif reduksi dapat dilakukan secara online lho!

Buat aku pribadi ini akan sangat sangat membantu dalam hal efisiensi waktu. Aku cukup sering menggunakan transportasi kereta bersama Ibuku. Nah Ibuku ini sudah masuk dalam golongan Lansia karena telah berusia diatas 60 tahun. Horeee udah gak perlu antri-antri lagi sekarang, lalala yeyeye

Dari pihak PT KAI, menurut aku sosialisasinya sudah cukup gencar sih. Aku sendiri memperoleh informasi ini dari berita di TV. Iyes, aku masih nonton berita di TV lho, kan acaranya setelah gosip show, sambil sarapan pagi :D

Bagaimana caranya agar bisa menggunakan tarif reduksi di aplikasi? Harus daftar dulu ya, nama calon penumpang yang memenuhi syarat Lansia, TNI/Polri, Veteran, dan Wartawan. Syaratnya cuma bawa KTP asli. Setelah terdaftar di dalam sistem KAI, voila, maka tarif reduksi bisa diperoleh.

Hari Jumat lalu, ketika aku tiba pertama kali di Jakarta, aku sudah bertanya mengenai pendaftaran ini. Apakah penumpang yang bersangkutan harus diajak serta saat mendaftar? Ternyata boleh lho diwakilkan oleh keluarga. Cukup membawa KTP asli, dan pas foto calon penumpang.

Karena saat itu aku tidak membawa KTP asli Ibuku ~apalagi pas foto ya, jadi ya gak bisa langsung mendaftar deh. Oiya jangan lupa, hanya bisa mendaftar di stasiun besar ya. Kebetulan aku daftarnya di Jakarta, jadi bannernya menyediakan info stasiun besar di Jakarta dsk. Berikut nih bannernya :



Maka kuputuskan Jumat berikutnya adalah hari mendaftar di Stasiun Gambir. Kebetulan ada acara juga di SCBD. Jadilah aku mampir ke Stasiun Gambir setelah urusan di SBCD selesai.

Sesampainya di Stasiun Gambir pukul 1 siang, aku diarahkan ke ruangan Customer Service. Sudah cukup panjang antriannya, padahal baru aja selesai sholat Jumat ya. Aku dapat nomor antrian 206, padahal saat itu masih nomor 167. Fiuh, bakal pulang sore nih.

Alhamdulillah ternyata antrian berjalan cepat. Banyak nomor yang dilompati karena orang yang dipanggil tidak ada. Prosesnya sendiri sangat cepat. Optimis deh gak pulang sore.

Banyak sekali Bapak dan Ibu yang mendaftar sendiri. Biasanya mereka datang dalam satu kelompok, kebayang kan heboh kalau sekelompok Ibu-Ibu hahaha. Alhamdulillah ya mereka masih sehat-sehat semuanya. Masih bisa mendaftar sendiri, supaya bisa jalan-jalan terus dong.

Ada juga yang diwakili keluarganya, seperti aku. Ada juga yang ditemani saat mendaftar. Seru deh antriannya. Tahu sendiri ya, angkatan Bapak Ibu begini masih suka benget ngajak ngobrol kalo lagi antri. Kadang kangen lo ngobrol-ngobrol begini. Kalau ngantri sama anak milenials, alamat deh sunyi karena sibuk dengan HP masing-masing.

Yang keren, para petugas Customer Service sangat sabar-sabar lho. Pastilah para Bapak dan Ibu ini banyak bertanya soal aplikasi. Dan para petugas juga sangat telaten menjawab pertanyaan-pertanyaan. Salut deh buat KAI!

Jam 2 kurang, tibalah giliranku. KTP asli dan pas foto dariku difoto oleh petugas. Data-data dimasukkan ke komputer. Tidak sampai 5 menit, proses sudah selesai.

“ini berlaku mulai kapan ya, Mbak?”

“Sudah berlaku mulai sekarang, sejak didaftarkan. Jangan lupa setelah memasukkan nama, klik tombok Cek Reduksi, kemudian dipilih diskonnya ya. Kalau tidak dipilih, tidak keluar diskonnya.”

“Oke Mbak.”

Harus dicoba, noted.

Misi berhasil. Di perjalanan pulang langsung kucoba deh di aplikasi.

Setelah memasukkan nama penumpang, jangan lupa selalu klik tombol “Cek Reduksi”. Jika penumpang sudah terdaftar di sistem reduksi, akan muncul status UMUM di bagian bawahnya.



Di halaman berikutnya akan tampil pilihan diskonnya. Jangan lupa harus diklik untuk memilih ya.




Kalau diskon sudah dipilih, di halaman berikutnya diskon 20% akan muncul di bagian bawah.




Horeee berhasil.

Terima kasih KAI. Salut deh untuk segala perubahan dan perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan ke masyarakat. Lanjutkan!












Comments

  1. Aku baru tahu kalau KAI menerapkan tarif reduksi untuk penumpang yg tersebut di atas mbak. Ihh cakep banget deh KAI. Kalau udah daftar secara manual selanjutnya beli tiket KAI untuk ibu/bapak yg udah lansia bisa akses dari aplikasi dan dapatin diskon 50% yah. Mantulll (y)
    TFS yahh mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo untuk lansia diskonnya cuma 20% mbak. Yg 50% itu untuk veteran kalo ga salah. Utk lengkapnya cek dk web KAI saja ya 😊

      Delete
  2. Pengen bangetlah naik kereta api lagi. dulu kami sering mudik pake ini karena kota domisi dengan kampung halaman dekat. Kami beli tiket selalu online via web, krn dulu blm ada aplikasinya. Dan emang asyik selalu dapat diskon yang biasanya kami tukar dengan pulsa. Plus bisa milih nomor kursi sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kita kan selalu seneng banget klo dapet diskon yaaa hihihi

      Delete
  3. itu untuk jakarta aja, atau seluruh kota di indonesia ya...
    medan gimana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat nasional ini mbak, KTP se-Indonesia. Kebetulan aku daftarnya di Jakarta, jadi bannernya info untuk stasiun di Jakarta dan sekitarnya 😊

      Delete
  4. Wahh, asik nih
    Mau daftarin ibu mertuaku deh
    Siap2 ngetrip lagi pakai sepurrrrr
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee lumayan kan ye diskonnya buat nambah uang jajan 😎

      Delete
  5. Enak ya kalau ada harga khusus gini kan lumayan dapet potongan harga. Seandainya bisa dibeli online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah mendaftar bs dong dibeli online. Silahkan dicoba yaa

      Delete
  6. Eh, saya boleh curhat nggak? Saya beberapa kali coba beli tiket via aplikasi KAI Access, beberapa kali juga selalu gagal saat mau bayar, jadi aja balik lagi ke aplikasi lain. Ini kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya? Aku belum pernah bermasalah sih soal bayar membayar. Mgkn bisa dicoba payment point yang lain...

      Delete
  7. Udah install aplikasi ini. Kalo di Medan memudahkan banget tanpa harus bolak balik ke stasiun. Karena biasanya kalo mau kemana2 stasiun yang pusat jadi titik kumpul beli tiket.
    Kalo ibu kita sudah lansia, cuma ibu kita saja ya yang dapet potongan kak? Kalo ibu beli 2, berarti 1 lagi yang buat kita tetap bayar full ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba, yang dapat diskon yang didaftarkan saja. Kalau Ibu dan Ayah didaftarkan ke golongan lansia, berarti dapat diskon dua-duanya.

      Delete
  8. KAI access memudahkan dalam pemesanan tiket juga. Ga perlu antre bisa pesan dari jauh-jauh hari. Mksh KAI..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, gak ribet kan harus antri-antri dulu, hemat di segi waktu

      Delete
  9. Wih..wih... saya pun ikut hore-hore, Mbak. Soalnya Ibu saya juga bisa dapat diskon nih 50 % saat naik kereta.
    Selama ini, saya memang selalu membeli tiket lewat aplikasi KAI. Tapi karena tidak bisa dapat diskon lewat online, terpaksa harga normal. Padahal selisihnya lumayan juga ya, Mbak. Misalnya kereta api Sawung Galih 300 ribu, bisa dapat 150 ribu.
    Terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku aja yg cm 20% eman2, dibelain beli manual. Apalagi dirimu yang 50% mas 😅😅

      Delete
  10. Udah lama juga gak naik Kereta Api. Tapi kayaknya aku gak dapaet diskon deh karena gak masuk kriteria yang disebut di atas

    ReplyDelete
  11. Menarik ini, bisa dapar diskon ongkos kereta api di aplikasi KAI Access yahh. Kapan² pingin nyoba juga ah. Tfs Mbak Kartika

    ReplyDelete
  12. Menarik nih aplikasinya apalagi kereta sudah jadi transportasi andalan terlebih saat harga pesawst yang gila gilaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerr untuk yg sering mobile pake biaya sendiri, naik pesawat mayan bikin seret yak?! 😅

      Delete
  13. Asik deh bisa dapatin tarif reduksi dengan mudah tanpa antri, bisa langsung di aplikasi, memang awalnya repot2 datang dulu ke stasiun besar, tapi ga apa2 cukup sekali aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa untgnya antrian sdh rapi dan manusiawi. Mgkn krna sosialisasi sdh berjalan agak lama, jd udh menyusut antriannya

      Delete
  14. Mbak, Jumat lalu tetanggaku yang banyakan sudah sepuh barengan ke stasiun Gambir buat daftar...Heboh bener mereka janjian di grup RW . Tapi hepi lihat mereka antusias sekali dengan program ini. Katanya biar mudah kalau pulang kampung atau nengokin anak cucu dengan naik kereta. Sayangnya Bapak Ibuku (80 dan 74 tahun) sudah merasa capek kalau perjalanan Kediri- Jakarta..Jadi belom bikin mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener yaa rombongan hihi seru pol pokoke.

      Jakarta-Kediri cukup jauh ya klo berkereta. Mungkin ada baiknya didaftarkeun saja mba, apabila waktu sedang longgar. Siapa tau jalan2 yg deket aja, udh siap deh diskonnya 😊

      Delete
  15. Wah makasih mbak informasinya, enak ya sekarang kalau beli tiket reduksi gak perlu jauh2 ke stasiun, cukup pesan online aja :D
    Lumayan juga lho diskon 20 persen untuk pembelian tiket kereta itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayan bangettt.. bisa buat taksol dan jajan cilok wkwk

      Delete
  16. Enak banget... semudah itu dapat pengurangan harga 50%. Hiks.... jadi iri. Jadi ingin punya ID wartawan.
    Tapi ikut senang, sih, karena ini adalah bukti penghargaan profesi (dan usia). Semoga nanti bertambah lagi, kriteria yang mendapatkan reduksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi semoga yaaa.. ctgnya blogger gitu hahaha

      Delete
  17. Asyikk nih baru tau KAI ada tarif reduksi. Sdh lama gak naik kereta api k luar kota, kl dlm kota masih suka naik. Ini berlaku buat tujuan k luar kota kan ya .. Btw bagus nih KAI membuat terobosan program yg bs meningkatkan pelayanan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sdmoga terus ditingkatkan ya pelayanan ke masyarakat

      Delete
  18. Wah, sayang sekali aku gak ada rencana perjalanan menggunakan kereta api dalam waktu dekat, tapi baguslah kalau ada diskon-diskonan seperti ini lumayan membantu masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai pengabdi diskon aku mah sukakk bgt wkwkk

      Delete
  19. Moda transportasi idaman gue banget nih kereta api, dan semakin kesini semakin baik pelayanan dan fasilitasnya. Terima kasih PT KAI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll..karna naik kereta itu lebih romantiss

      Delete
  20. Wow, KAI makin maju aja nih, buat aplikasi jg, makin praktis aja jadinya, apalagi kalau ada promo diskon, pasti byk yg gunain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pas buat pengabdi diskon macam aku hahaha

      Delete
  21. Wah keren nih... Aku gak pernah beli tiket kereta di kau akses... Biasanya di marketplace BL, dkk. Tapi susaaahhh bgt wkwkwk. Akhirnya minta tolong ja ma ipar yg kerja di KAI #curcolmaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah mulai skrg pake aplikasi deh biar dpt diskonnya, jgn lupa daftar dl yaa biar dpt reduksinya

      Delete
  22. udah lama gak naik kerete, gak tau lagi perkembangannya. huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sekali2 lah kak naik kereta, mnrt aku kereta itu romantis

      Delete
  23. Mba lanjutkan blog2 tentang jkt yah. Meski sering urusan dinas ke jkt. Taunya bandara-hotel-bandara via taksi onlen.

    Gk pny info pengalaman kayak gini

    ReplyDelete
  24. Mantab, nih. Infonya bakal manfaat banget buat yang sering bepergian pakai kereta api. Lumayan, bis dapet diskon.

    ReplyDelete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular posts from this blog

Parasite (2019)

My Life as Writer

Tentu saja aku bisa melakukan semuanya, tapi apakah aku mau?