Tips Liburan Aman bersama Keluarga Dimasa Pandemi


liburan yuukk, sumber: pinterest.com

 

Yeyy, tempat wisata sudah mulai dibuka!!!

Ini berita baik ya buat pariwisata Indonesia. Setelah sekian bulan mati suri, tentunya ini sebuah angin segar buat para pelaku di bidang pariwisata.

Ini juga berita baik sih buat kita, hehehe. Banyak kan yang sudah bosan setengah mati di rumah saja saat liburan. Hayo ngaku?!πŸ˜ƒ 

Gapapa kok, asalkan menaati protokol kesehatan dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan keluarga kita.

Di situasi seperti ini, kita hanya bisa mengandalkan diri kita untuk menjaga diri lho. Ketika memutuskan untuk ke tempat umum, kita tidak tahu siapa saja yang bakal kita temui dan apa saja yang akan kita hadapi. Makanya penting banget untuk melindungi diri sendiri.

Bukan berarti parno ya. Tapi ini adalah langkah-langkah pencegahan, gaes.

Nah, jika sudah memutuskan untuk liburan bersama keluarga, berikut beberapa tips agar aman saat liburan di masa pandemi:

 

Mulai dari diri sendiri

Lakukan tindakan pencegahan mulai dari diri sendiri. Selalu pakai masker dan rajin mencuci tangan.

Meski sudah berbulan-bulan mendoktrin diri untuk selalu pakai masker ketika keluar rumah, ada saja saat-saat khilaf lupa πŸ˜‹ Untungnya aku berhijab, jadi kerudung aku jadikan pertolongan pertama pada kelupaan masker πŸ˜„

Habis minum atau makan, eh terus lupa dipasang lagi maskernya. Begitu ingat, harus langsung dipakai lagi dong maskernya!

Terima kasih pada teman-teman yang sering menegur, kita selalu saling mengingatkan yaa. Mwah.

Ketika liburan, kalau bisa nih ya, aku menghindari menyentuh barang-barang di tempat umum. Kalau terpaksa harus pegang, ya harus segera cuci tangan setelahnya. Aku juga selalu membawa hand sanitizer di dalam tas, agar setiap saat bisa membersihkan tangan. Lebih bagus lagi kalau bisa mencuci tangan di air mengalir, yes.

 

Pakai kendaraan pribadi

Untuk liburan, sebisa mungkin aku memilih naik kendaraan pribadi. Dengan begitu bisa mengurangi kemungkinan kontak dengan orang asing yang kita tidak tahu riwayat kesehatannya. Lagi-lagi, ini bukan parno ya. ini tindakan pencegahan 😎

Kalau akhirnya terpaksa naik kendaraan umum, berarti harus mematuhi aturan yang ditetapkan moda yang bersangkutan. Pakai masker, baju lengan panjang, atau face shield, ikuti saja biar lebih aman.

 

Memilih tempat makan yang taat protokol kesehatan

Yang sedari dulu sudah pasti kubawa saat liburan itu botol air minum. Biar gak mati gaya dan dehidrasi saat liburan. Kurang air putih, pose gak fierce lagi nanti wkwkwk

Nah, kalau soal makanan agak susah ya kalau mau bawa dari rumah. Kan lagi liburan πŸ˜† 

Berarti harus memilih tempat makan yang menaati dan menerapkan protokol kesehatan. Biar lebih aman dan bisa makan dengan tenang, badan tetap sehat, liburan tetap seru.

 

Memilh penginapan yang taat protokol kesehatan

Saat ini penginapan juga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan kok. Tidak perlu terlalu khawatir. Tapi tidak ada salahnya untuk lebih kritis dan bertanya apabila ada yang dirasa kurang di penginapan yang kita pilih.

Pengalaman keluarga kami saat liburan kemarin, kami memutuskan untuk menyewa villa di Lembang, daripada menginap di hotel.

Pertimbangannya adalah yang pertama, di villa kami sendirian, hanya keluarga kami. Tidak ada kontak dengan orang asing yang tidak kami kenal.

Ssst, ini rahasia ya. Aku membawa alas tidur sendiri dari rumah lho. Sekali lagi, ini tindakan pencegahan πŸ˜‡

Yang kedua, di villa kami bisa memasak sendiri. Jadi dari segi makanan, lebih higienis.

Yang ketiga, di villa yang kami pilih, fasilitasnya sudah cukup lengkap buat kami sekeluarga. Jadi gak perlu keluar ke tempat wisata lagi. Benar-benar quality time, menghabiskan waktu bersama keluarga, tapi dengan suasana yang berbeda. Biasanya kan kruntelan di rumah aja hehehe.

 

Secara umum, liburan kemarin super-super menyenangkan! Setelah berbulan-bulan gak kemana-mana -bahkan saat lebaran dan liburan sekolah kami tetap di rumah saja- ini adalah kali pertama kami liburan keluar kota. Ibuku senang, keponakanku juga super happy, kita semua merasa sangat terhibur dengan suasana yang baru.

Berikutnya, rencana kami akan berlibur kembali bulan depan. Sepertinya kami akan mencari villa murah di Puncak saja, mengingat liburan kemarin yang sukses di villa.

Jadi, yang mau liburan, ayo deh liburan. Asal tetap waspada dan menjaga kesehatan masing-masing yaaa 😎😎

 

 

Comments

  1. Siapa yang udah bosan di rumah dan ingin liburan? Akuuuu!!

    Ingin banget pergi jalan-jalan keluar kota tapi teman-teman juga masih takut untuk menginap di hotel atau villa πŸ˜‚
    Tapi benar juga, bisa aja bawa alas tidur sendiri kalau memang niat mau liburan ya. Hal ini nggak kepikiran sama aku sebelumnya πŸ˜‚

    Terima kasih saran-sarannya ya kak Tika! 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ide ini dari temenku juga kok Lia πŸ˜† sewaktu dia harus dinas ke luar kota. Aku langsung merasa ini sebuah solusi juga hahaha. semoga aja semua usaha preventif ini bikin kita bisa liburan dengan tenang 🀠

      Delete
  2. Betul mbak, di rumah saja lama lama bosan apalagi sudah empat bulan. Sekali-kali refreshing ah piknik ke pantai, yang penting jaga jarak, pakai masker, dan juga bawa hand sanitizer. Lagi pula kalo tempat wisata tutup terus kasihan pedagang sekitarnya yang kehilangan mata pencaharian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Agus, itulah mengapa sektor pariwisata dibuka sama pemerintah ya. Kita gak bisa diam2an terus, sementara biaya hidup jalan terus. Banyak banget yang terdampak ketika wisata kolaps. Asalkan semua pihak menaati protokol, rasa2nya wisata bisa bangkit sih ya, semoga deh!

      Delete
  3. Setuju, yang penting kita semua ikuti protokol pemerintah dan berusaha menjaga kebersihan. Dengan tips yang mba Kartika berikan, semoga pembaca semakin aware untuk selalu jaga kesehatan 😍

    Bali pun sudah mulai buka untuk turis lokal, mba. Karena Bali ini sangat mengandalkan pariwisata, jadi terasa sekali bedanya ketika awal-awal Corona. Thank God, sekarang sektor UKM dan pariwisatanya sudah mulai bergerak bangkit dari titik terbawah 😁

    ReplyDelete
  4. Iyaaaa dan kepingin bgt ke Bali mbak Eno.. *nelenludah*
    Iya mbak, Bali salah satu yg terpukul sekali yaa, semoga aja bisa segera pulih, asalkan kita juga bisa menunjukkan ke luar kalau kita orang Indonesia patuh dan taat protokol lhoo...

    Aku asli pingin main ke Bali mbak, tapi kok deg2an baca kisah teman2 naik pesawat yg kurang taat protokol. Kuatirnya kita udah taat, eh penumpang lain yang abai, lalu petugas gak tegas. Duh, was2 kan yaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah membaca. Tinggalkan komentar ya, biar aku bisa balas BW 😊

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Jadi Komuter di Ibukota. Siapa Takut?!

Tentu Saja Aku Bisa Melakukan Semuanya, Tapi Apakah Aku Mau?

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia