Soul (2020): Nikmati Hari Ini



Satu lagi film karya Disney yang bikin hangat hati setelah menontonnya. Tidak heran film ini sampai memenangkan piala Oscar ya.

Soul bercerita tentang Mr. G, seorang yang sangat mencintai musik jazz. Ia jatuh cinta pada musik jazz sejak pertama kalinya diajak sang ayah ke sebuah club jazz ketika kecil dulu. Sang Ibu, Libba, tidak setuju jika Mr.G masih mengejar mimpi musiknya. Libba ingin Mr.G hidup nyaman dan mapan dengan cara memiliki pekerjaan tetap.

Suatu hari, ia mendapat kesempatan menjadi pemain piano di band Dorothea Wiiliams, seorang musisi  jazz ternama. Ini adalah sebuah kesempatan yang ditunggu-tunggunya selama ini. Karena terlalu bahagia mengabarkan berita spektakuler ini, ia mengalami kecelakaan saat menelepon sambil berjalan.

Jiwanya melayang menuju keabadian. Menyadari hal ini, ia menolak untuk mati. Ia merasa harus menuntaskan misinya menjadi pemain piano Dorothea Williams dulu. Ia melarikan diri dan akhirnya malah terperangkap di alam sebelum kelahiran. Ia harus menemukan cara untuk bisa kembali ke tubuhnya, yang ternyata masih koma di rumah sakit.

Maka dimulailah petualangan Mr.G untuk menemukan jalan agar jiwanya bisa kembali ke bumi. Seperti biasa, Disney menampilkan tokoh-tokoh unik nan menggemaskan seperti si 22 yang complicated, si Dreamwind sosok ajaib yang jenius, si Terry yang terobsesi dengan angka, dan Dorothea Williams yang memberikan nasihat bijak pada Mr.G. Sungguh menyenangkan menontonnya!

 

***

 

Seperti biasa, Pixar membuat karya yang mengagumkan sekali dari segi visual. Aku sungguh terkesan dengan betapa detilnya penggambaran setiap tokoh, dengan gaya rambut yang berbeda-beda, wajah yang tidak seragam, dan sepertinya beberapa kali setting kota asli ditempel ke adegannya! Terasa begitu nyata...

Dari segi cerita, hmm.. dalam beberapa hal, aku merasa mirip dengan sosok Mr.G. Terus sibuk mencari yang belum aku punya, sehingga sering lupa dengan apa yang sudah ada ditangan. Bahwa ternyata kebahagiaan itu bukan mendapat apa yang kita inginkan, tapi hal-hal kecil dalam perjalanannya-lah yang memberikan kesenangan.

Tentu saja mengejar mimpi itu harus. Tapi jangan lupa untuk berhenti sejenak, untuk menikmati hasil kerja kerasmu. Pukpuk diri sendiri dulu deh πŸ’“πŸ’“πŸ’“


Baca juga: HTGAWM


Sumber gambar: https://www.layar.id/wp-content/uploads/2019/06/1-soul-pixar.jpg 


Comments

Popular posts from this blog

Tentu Saja Aku Bisa Melakukan Semuanya, Tapi Apakah Aku Mau?

Pengalaman Pertama Jadi Komuter di Ibukota. Siapa Takut?!

Kamu di Tim Waze atau Google Maps?