Tips Memilih Bengkel Sepeda Motor dengan Cara Frugal Living

Apakah merawat sepeda motor juga bisa mengadopsi cara frugal?

Tentu bisa dong.

Seperti yang pernah kubahas di artikel sebelumnya, merawat barang-barang yang dimiliki adalah salah satu tips untuk gaya hidup frugal, termasuk merawat sepeda motor. Merawat kendaraan secara rutin bisa menjadi salah satu solusi hemat lho. Jika ada kerusakan bisa dideteksi sedini mungkin, dan biayanya akan lebih friendly dibandingkan ketika kondisi kerusakan sudah akut.

Nah agar perawatan rutin untuk sepeda motor kesayangan tidak bikin bokek, berikut adalah tips untuk memilih bengkel sepeda motor yang bisa mendukung gaya hidup frugal:

 

Bengkel yang harganya jujur dan transparan

Begitu banyak bengkel sepeda motor di luar sana, dengan harga yang berbeda-beda. Malah terkadang harga yang diberikan berbeda-beda untuk setiap pelanggan, karena memang tidak ada harga resminya. Yang ada kita jadi terkaget-kaget ketika mendengar total biaya servis sepeda motor.

Nah, yang paling sip sih sebelum melakukan perawatan sepeda motor kita bisa mengetahui harga resminya tanpa embel-embel. Dengan demikian, dana bisa disiapkan sesuai dengan biaya perawatan yang akan dilakukan. Ingat, perencanaan itu hal yang penting dalam frugal living!

Apalagi hari gini ya, seharusnya ada website resmi yang bisa diakses untuk bisa mengetahui berapa harga suku cadang dan berapa biaya layanannya. Biar tidak seperti membeli kucing dalam karung kan.

 

Bengkel dengan mekanik yang profesional dan handal

Setelah harga, kita juga butuh kepastian nih soal kehandalan para mekanik di bengkel sepeda motor yang akan dipilih. Kalau mekaniknya betul-betul memahami mesin, tahu seluk beluk cara mengatasi masalah di sepeda motor, serta sudah cukup berpengalaman, tentunya servis sepeda motor bisa diselesaikan dengan cepat dan tanpa masalah lanjutan. Meskipun ada garansi servis, males banget kan harus bolak-balik ke bengkel, hanya karena mekaniknya kurang cakap dan tidak berpengalaman.  

 

Bengkel yang memiliki peralatan yang lengkap dan modern

Setelah tenaga mekanik yang cakap, peralatan yang lengkap dan canggih pastinya semakin mendukung hasil servis yang terbaik. Kalau alatnya lengkap dan canggih, pastinya pekerjaan servis juga semakin cepat selesai, dan kita nggak perlu lama-lama menghabiskan waktu di bengkel.

Misalnya nih, perihal mengganti ban. Kalau bengkelnya punya alat khusus untuk melepas dan memasang ban yaitu Tyre Changer, tentunya kondisi velg sepeda motor akan lebih aman. Risiko baret atau lecet karena alat congkel yang manual akan tereliminasi, dan sepeda motor kita juga tetap ketje.

 

Bengkel dengan suku cadang yang lengkap

Pernah nggak sih, lagi servis sepeda motor dan perlu mengganti salah satu suku cadang, eh ternyata stok barangnya lagi kosong. Akhirnya malah disuruh balik minggu depan. Huft, bikin iflfeel kan! Membuang waktu aja deh. Jadi penting banget lho memilih bengkel sepeda motor yang suku cadangnya lengkap dan ready. Biar sekali jalan ke bengkel, pekerjaan bisa langsung selesai, dan sepeda motor siap dipakai lagi.

 

Bengkel yang memberikan jaminan garansi servis

Meskipun berharap tidak perlu menggunakan jaminan garansi, tapi jaminan ini penting banget untuk memberikan kenyamanan buat kita. Semisal setelah servis sepeda motor ada keluhan yang muncul kita dapat kembali ke bengkel yang sama untuk mendapatkan lanjutan pelayanan, tanpa harus membayar lagi, Bengkel yang berani memberikan jaminan juga berarti komit untuk memberikan pelayanan yang terbaik ke pelanggannya. 

 

Bengkel yang bukanya sampai malam

Ini yang paling penting sih buat aku. Maklum yes, kan masih kerja kantoran.

Kebanyakan bengkel sepeda motor bukanya hanya sampai sore. Akhirnya harus pergi ke bengkel di akhir minggu, di mana antriannya panjaaaang, karena masih banyak yang jadi pegawai kayak aku kali ya hahaha.

Kalau ada bengkel yang bukanya sampai malam, khususnya jam pulang kantor, udah fix jadi pilihan aku sih. Waktu di akhir minggu bisa digunakan untuk istirahat, atau berlibur karena kondisi sepeda motor sudah OK.

 

Bengkel yang bisa melayani berbagai metode pembayaran

Sebagai pengabdi e-wallet, aku jarang banget sih bawa uang tunai.

Sayangnya, kebanyakan bengkel masih melayani pembayaran tunai atau debit saja. Belum lagi kalau sudah membawa uang tunai, eh ternyata biayanya melebihi uang yang dibawa. Dahlah, ribet banget.

Kalau ada bengkel yang bisa melayani pembayaran dari e-wallet atau QRIS, sudah pasti jadi pilihanku. Selain lebih aman, juga lebih praktis untuk bertransaksi.

 

Bengkel yang lokasi dekat dari rumah atau kantor

Perihal lokasi juga sangat penting buatku, karena biasanya aku memilih bengkel yang dekat dengan rumah atau kantor. Selain karena lebih mudah, juga lebih hemat dari segi waktu, karena nggak perlu bepergian jauh hanya untuk servis sepeda motor.

 


Merawat Sepeda Motor di Planet Ban

Awalnya sih aku penasaran dengan bengkel sepeda motor yang baru saja dibuka di dekat rumah. Karena baru buka, bengkel ini juga memberikan promo khusus untuk pelanggan baru. Cuslah aku ke sana ketika memang waktunya untuk servis sepeda motor.

Ternyata oh ternyata, pelayanannya berbeda lho dari bengkel yang biasanya aku kunjungi. Yang paling aku notice sih, sewaktu proses servis sepeda motor, mekaniknya tidak menggunakan bensin dari tangki sepeda motorku. Padahal biasanya mekanik selalu memakai bensin pribadi pelanggan lho, sampai kadang menghabiskan bensin yang sudah tinggal sedikit itu, hiks.

Bengkel ini memiliki cairan khusus yang harganya sudah termasuk dalam biaya servisnya. 

Yap, nama bengkelnya adalah Planet Ban.

Sebenarnya Planet Ban bukan pendatang baru di dunia otomotif. Aku juga sudah sering melihat bengkelnya. tapi selama ini aku pikir Planet Ban hanya menjual ban, atau hanya melayani bongkar pasang ban saja. 

Baru aku tahu kalau juga melayani pembelian suku cadang lainnya, serta layanan servis lain seperti;

  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT / Rantai
  • Servis Injeksi

Selama menunggu servis sepeda motor, aku ajak ngobrol petugas di konternya. Ternyata aku juga bisa mengecek harga suku cadang dan biaya layanan resmi langsung di website planetban.com

Jadi aku bisa nih mengira-ngira berapa sih biaya yang bakal aku keluarkan kalau mau menservis sepeda motorku. Kalau harganya transparan dan resmi begini kan jadi nyaman ya, nggak takut dicurangi, dan yakin suku cadangnya juga berkualitas dan pasti ready. 

Kaget juga pas mendengar Planet Ban menggratiskan beberapa jasanya, yang biasanya kita disuruh bayar di bengkel lainnya, seperti:

  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa Servis dan Ganti Oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
  • Gratis pengisian nitrogen, SELAMANYA.

Asik yaaa!

Terakhir, saat membayar, Planet Ban bisa dong menerima pembayaran dengan menggunakan e-wallet seperti yang kusuka. Dahlah, fix aku pindah langganan aja ke Planet Ban buat servis sepeda motorku.

  

Nah, mumpung lagi ada Promo NGEBUT dari Planet Ban nih, kamu bisa lho mendapatkan potongan harga sampai dengan 150K! Buruan deh ke Planet Ban. 

Servis sepeda motor dengan harga yang terjangkau dan layanan yang memuaskan. Sesuai banget dengan misi kita di frugal living!



Comments

  1. Asiik ada Planet Ban...bener mbk..kalo mau servis motor tu cari yg terpercaya,terlengkap dan ada pas lagi di butuhkan hehe..dan ga kaleng" jangan keburu motor ringsek baru di servis ntar keburu mahal, jadi bisa lebih hemat pas dengan cara hidup frugal living, satu lagi ini nih metode pembayaran yang bisa pake e-wallet, praktis dan memudahkan pelanggan.

    ReplyDelete
  2. ingin merasakan pengalaman berharga dari planet ban. Rasanya ada keunggulan yang ia miliki dari pesaingnya

    ReplyDelete
  3. Asiik bangeet nih Ngebut di Planet Ban, Servis yang memuaskan ditambah lagi list gratisnya, plus ada pilihan cara pembayaran lainnya. Kudu rutin nyervis nih..

    ReplyDelete
  4. Sayangnya bengkel ini ga ada Deket rumahku mba. Jadi suami masih rutin service motor dan mobilnya di bengkel resmi Toyota dan yamaha.

    Masalah service rutin, memang harusnya begitu sih, supaya kendaraan ga cepet rusak kan. Ntr malah jatuhnya mahal bgt sekalinya udah rusak.

    Suamiku tipe yg rajin merawat kendaraan dia..makanya tiap kali dia jual mobil utk ganti baru, pasti cepet lakunya. Soalnya memang rutin dirawat.

    Dulu pernah sebelum pake bengkel resmi, ada langganan bengkel dekat rumah. Kebetulan teknisinya udah langganan. Tapi kemudian dia berhenti dr bengkel itu, eh sejak ga ada si teknisi, ntah kenapa JD banyak masalah tiap kali service di sana. Akhirnya kami stop. Dah laah di bengkel resmi aja.

    Mungkin kalo ada planet ban Deket rumah, suami mau juga kali.

    ReplyDelete
  5. Bener mbaa sebenernya yg kita pegang bukan bengkelnya kan, tapi teknisinya. Klo udh cocok sama teknisinya, pasti balik lagi deh.

    Untungnya planet ban udh ada di deket rumahku mba jdi ya enak, hemat waktu. Teknisinya juga gak ada masalah tuh sejauh ini. Kayaknya bakal lanjut nih ke sini aja...

    ReplyDelete
  6. Wahhh planet ban emang andalan aku banget waktu kuliah dulu, entah kenapa kalau mau service selalu kesini sih terbukti banget kualitas pelayanannya gak pernah mengecewakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa aiu juga baru tahu lho ternyata Planet Ban mah udah eksis lama yak. Untungnya sekarang ada yg dekat rumah, jdi makin langganan lah

      Delete

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah membaca. Tinggalkan komentar ya, biar aku bisa balas BW 😊

Popular posts from this blog

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia

14+ First Love (2015), Kisah Cinta Pertama dari Sinema Rusia

Menikmati sistem transportasi di Jakarta, sudah keren banget!