Cuma 500ribu, yuk mulai investasi!


https://unsplash.com/@blankerwahnsinn


Kata siapa investasi itu mahal?

Di jaman yang serba mudah dan kaya dengan informasi, asal banyak survei, kita bisa mulai berinvestasi hanya dengan 500ribu dan memiliki portofolio!

Pertama, yuk samakan persepsi dulu soal investasi.

Investasi itu berbeda dengan menabung ya. Menabung itu menyisihkan sejumlah dana untuk dijadikan sebagai simpanan. Simpanan itu nanti akan menjadi sumber dana untuk berjaga-jaga, semisal sakit,  butuh biaya mendadak, atau memperbaiki/membeli laptop yang rusak (bagi seorang blogger). Ingat, untuk hal yang mendesak dan diperlukan, bukan semata memuaskan keinginan semata.

Tabungan sebagai dana jaga-jaga, idealnya minimal setara dengan 3 x penghasilan bulanan kita. Kalau mau lebih? Ya bagus banget malah. Karena untuk jaga-jaga, sifatnya jangka pendek. Segera setelah dana ini terpakai, kita harus segera mengisinya kembali, untuk mengembalikan ke saldo awal. Main aman aja ya, kalau berkaitan dengan tabungan.

Nah, berbeda dengan tabungan, investasi dilakukan setelah memiliki tabungan yang memadai. Gampangnya, kalau kita sudah punya tabungan yang memadai, buat apa lagi nambah tabungan, hehehe. Mendingan dana yang disisihkan dibuat investasi. Istilahnya uang “nganggur”, mendingan diinvestasikan, kan :)

Investasi itu tujuannya untuk menambah nilai dan sifatnya jangka menengah hingga jangka panjang, Jangka menengah yaitu 3 – 5 tahun, jangka panjang lebih dari 5 tahun. Karena jangka waktunya cukup lama, itulah kenapa kita gunakan uang yang “nganggur”.

Sudah paham kan ya bedanya? 

Jadi sekarang mau investasi dimana? Butuh modal berapa untuk mulai berinvestasi?

500ribu aja bisa kok.

Serius?

Yup.

Dan kamu juga bisa memulai portofolio mu sendiri.

Portofolio apaan sih?

Jadi portofolio dalam konteks investasi adalah kumpulan beberapa jenis investasi yang berbeda. Kenapa harus berbeda? Untuk membagi risiko. Ingat, tujuan investasi untuk menambah aset yang kamu miliki. Apabila uang 500ribu mu kamu tanam di satu produk investasi saja, hasilnya ya hanya dari satu produk itu saja. Demikian pula risikonya.

Lebih baik kalau kamu coba di beberapa produk, dengan imbal hasil yang berbeda, risiko yang berbeda. Amati dan evaluasi prospeknya. Sambil belajar dan menambah jam terbang. Toh uang “nganggur” kan B-)

Oke, jadi investasi apa sih hanya dengan 500ribu?

1.       Peer to peer lending (P2P)

Hitsnya fintech menjadikan P2P lending ikutan menjamur. P2P lending adalah platform investasi digital, yang mempertemukan penyandang dana dengan pengusaha yang membutuhkan dana. Dalam hal ini, kamu jadi investor (lender) ya, bukan peminjam J



Sudah banyak sekali aplikasi P2P yang ada. Beberapa platform mensyaratkan minimal 50ribu saja untuk mulai. Kita memiliki kebebasan memilih unit usaha mana yang akan dibantu, dengan kebijakan peringkat atau rating yang berbeda-beda. Tingkat dan masa pengembaliannya juga berbeda-beda.



Inilah yang menjadi PR besar bagi calon investor. Survei, survei dan survei. Yang paling penting, pastikan dulu platform yang dipilih sudah terdaftar dan berijin di OJK. Sisanya ada di tangan kita :)



2.       Emas batangan

Biasanya lebih dikenal dengan nama Logam Mulia (LM). LM bisa dibeli di toko emas yang cukup besar. Tapi jika ragu, bisa langsung ke Butik Antam, salah satu unit bisnis BUMN, yang kini ada di kota-kota besar di seluruh Indonesia.



LM dijual mulai dari 0,5 gram (terkecil) sampai 1000 gram (terbesar). Dengan modal 500ribu kamu sudah bisa membeli LM 0,5 gram. Sisanya bisa kamu tanam di produk yang lain. Voila, kamu sudah punya protofolio kan!



Cara pembeliannya juga mudah. Cukup datang ke Butik Antam, dengan membawa identitas KTP dan NPWP (jika ada). Setiap pembelian LM dikenai pajak. Dengan menunjukkan NPWP, harga yang kamu dapatkan lebih rendah karena pajaknya lebih rendah.



Saat ini juga sudah banyak pilihan cara berinvestasi di LM. Ada yang sistemnya menabung, jadi berapa pun uangmu bisa terlihat konversinya ke emas. Sekali lagi, survei, survei, dan survei. Sesuaikan dengan budget dan  



Kenapa bukan emas perhiasan? Untuk investasi, LM lebih rendah biayanya. Berbeda dengan LM, perhiasan karena mengalami proses lebih lanjut, pembeli dikenai “ongkos”, begitu istilahnya. Demikian juga saat menjual kelak, harganya lebih turun karena dikenai ongkos lagi. Dobel-dobel deh.



3.       Reksa dana / Saham

Berinvestasi di reksa dana/saham juga semakin mudah sekarang. Bisa melalui aplikasi fintech yang serba instan, atau bisa juga melalui broker konvensional. Modal awalnya juga bervariasi, mulai dari 100ribu hingga 300ribu. Masih terjangkau kan?



Gimana, menarik kan? Dengan tiga pilihan ini, kamu sudah memiliki portofolio pertamamu tho, woohoo... 
Sudah memutuskan belum, mau dimulai dari yang mana? 😊










Comments

  1. Replies
    1. terima kasih juga sudah membaca :) yuk, mulai berinvestasi!

      Delete
  2. Investasi sedang menjadi pembicaraan masyarakat zaman now lho Kak.
    Banyak banget yang ngobrolin hanaya sekedar ngisi waktu dan sampai ada yang mulai melakukan juga.
    Eh, ternyata investasi mulai 500 ribu juga bisa.

    Keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lho, sayang banget kan kalau uang 500ribu cuma habis di mal saja. mendingan mulai disisihkan buat masa depan yang lebih cerah, uhuy :)

      Delete
  3. Saya nabung emas via pegadaian mba... cukup mudah proses dan nambah saldonya. Bisa diisi dari mobile banking kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa tambah jadi poin ke empat ini! Makasih Bang masukannya :)

      Delete
  4. Saya baru invest sebatas LM nih Mbak. Pengen coba yg reksadana sebenarnya tapi belum tereksekusi, masih harus dipelajari dan permantab dulu, hehehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Pelajari dulu baru eksekusi. Selamat survei yaa :)

      Delete
  5. Jujur saya pribadi kurang begitu suka pakai perhiasan (emas). Jadi kalau investasi emas kurang begitu tertarik. Ehh tapi kalau yang dibilang tadi investasi emas di pegadaian, mungkin kelihatan nya lebih enak dan simpel (dalam artian selama gk perlu make emas nya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama, makanya aku lebih suka ke LM, rasanya seneng kalau pegang barangnya hehe. Pilihannya buanyak mba,, sesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaan :)

      Delete
  6. Bahkan sekarang 10rb aja udah bisa beli reksadana, 500 perak bisa beli emas di e-commerce, segampang itu :D

    acipah.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benerr... drpada buat nongkrong dan lyfe aja kan yaa... sayangg

      Delete
  7. Yg jelas, kudu kurangi jajan online nih, demi bisa invest 500K/ bulan secara rutin
    Atau kurangi nongkrong di cafe instagrammable yaaakk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bnr.. ini tantangan nghbah mindset sih. Skrg aku sih sayang duitnya klo cm buat jajan2 yang lucu2 gemez gt.. toh lewat doang haha mending beli barang yang bs dipake, atau klo ga butuh barang ya invest saja! 😎

      Delete
  8. Senang deh zaman sekarang investasi udah jadi semacam lifestyle bagi banyak orang.
    Terlebih lagi ragam investasi udah banyak dan terjangkau banget.
    Jadi semangat lagi untuk berinvestasi :)

    ReplyDelete
  9. dulu ibu saya melulu kalo invest di emas. Terbukti sangat membantu di saat lagi butuh2nya.
    Kalo alm.bapak saya suka invest di tanah.
    Jadi dalam kurun beberapa tahun harga langsung gila-gilaan mba.

    Jadi kami pernah beli tanah harga ratusan ribu, jadi puluhan juta, lalu menyentuh seratusan juta, dan kini harganya udah jadi Milyar mba.
    kekurangannya ya mesti santai ngeJual. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tanah itu emg prospek bgt ya. Tapi aku mikirnya klo properti/tanah itu repot krn ga bs dibawa2. Langkah jadi tidak ringan, buat aku yg hampir nomaden ya hehehe

      Delete
  10. Aku juga suka nabung emas kak..solanya harga emas itu memang stabil..sama suka koleksi perhiasan emas aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi bisa sekalian dipake ya.. dobel2 manfaatnya πŸ˜€

      Delete
  11. oo berarti aku baru bisa mulai investasi kalau tabunganku udah terpenuhi, termasuk terpenuhinya dana darurat. begitu ya?
    oke aku catat. semoga disegerakan bisa investasi. aamiin.
    makasih sharingnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mnrtku pribadi yah. Tabungan darurat kan untuk jaga2. Klo investasi untuk menumbuhkan aset, klo bisa tambah teruss πŸ˜‰

      Delete
  12. Wow.. zaman now soal inestasi juga mudah dan jenisnya beragam ya, Mbak. Dan yang paling cihuii terjangkau. dulu itu kan, kalau maun investasi dana besar,sekarang bisa dengan 500 ribu. Menarik ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, makanya sekarang gak ada alesan untuk nunda2 investasi. Buruan deh ☺

      Delete
  13. Untuk sekarang, aku lebih prefer investasi dalam bentuk Logam Mulia dan tanah. Kalau saham dll belum ngerti ngerti banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo aku properti dan tanah malah kurang tertarik. Selain lebih mahal, juga susah jualnya hehe.

      Delete
  14. saya juga tertarik tuh sama yang emas.
    saham hukum dalam islamnya masih abu2 menurut saya, jadi ndak dulu de..
    kalo yang pertama, wahh karena ndak ada pengetahuan sama sekali, jadi ya no bingitz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kembali ke selera masing2 mbak. Intinya sih kalau dipecah ke beberapa jenis investasi, risikonya juga dibagi.

      Delete
  15. Fintech bisa jadi alternatif investasi ya. Tfs deh Mba Kartika now I know, hanya dg 500 ribu yaa udah bs berbuat sesuatu utk kelangsungan finansial di masa depan. Kl skrg msh yg no. 2 sih biar persiapan anak² kuliah. Semoga bs ke yg no. 1 & no. 3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi selalu ingat untuk tetap survei dan survei ya mbak. Bagaimanapun investasi itu ada risikonya, yang wajib banget kita pahami sblm memutuskan.

      Delete
  16. Wahhh thanks sharing nya kak,
    Kak Tika sendiri sudah investasi
    Di ketiganya kah? *Kepo hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sudahh kucoba semuanya... makanya pingin berkisah di blog☺

      Delete
  17. pengen nih investasi. Pengennya sih di LM ama bisnis saham. Semoga dimudahkan yaaaa...
    btw, makasih lho sharingnya. memang pentingh saih investasi ini jadi kita gak hanya nabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Penting banget juga untuk memulai, lebih cepat lebih baik. Demi masa depan yang lebih ceriaπŸ€—

      Delete
  18. infonya bermanfaat banget, karena selama ini kalo dengar kata investasi yang kebayang tuh duit M M an. Sekarang asal ada niat punya duit dikit aja kita sudah bisa berinvestasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrrr... dimudahkan banget untuk kita2 bisa memulai investasi sejak dini.

      Delete
  19. Aku kayaknya tertarik sama LM deh mbak untuk investasi hehee. Tapi sebenarnya aku sedih juga karena belum bisa nabung huhuuu padahal kan penting ya. Apalagi investasi, penting juga. Semangatin aku dong mbak hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe nah setelah baca artikel ini kan sdh tahu bahwa investasi itu gak mahal. Sama lah biayanya untuk ngopi di kafe instagramable hehe ayuk segera dimulai πŸ˜‰

      Delete
  20. Emas batangan sepertinya menarik, tapi bisa nggak ya investasi selain uang cash ini langsumg cair jika mendadak dibutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru LM ini yang paling mudah dicairkan mbak. Tinggal ke toko emas, pasti langsung cair

      Delete
  21. Hmm, saya adalah orang yang mengira tabungan uang itu sama dengan investasi, hmm hmm
    Akibat kurang minat baca tentang investasi, jadilah salah paham heuheu
    makasih sharingnya mbak, asupan gizi banget buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, semoga bermanfaat yaa, dan langsung dipraktekkan gituπŸ˜‰

      Delete
  22. iya, insyaAllah dalam waktu dekat aku pribadi bakalan mulai investasi. Karena untuk jangka panjang kalau katanya bang Raditya Dika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah benerr tu kata Dika,, panutan kita semua 😎

      Delete
  23. Aku sudah punya portofolio Reksadana mbak, tapi hanya modal 100 rb ehheee. Emas batangan juga aku punya hehee, next lanjut investasi lainnya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat investasi yaa mbak. Dengan memulainya, sudah selangkah lebih maju 😎

      Delete
  24. jadi ingat LM Antam 50 gram yang udah dijual ketika butuh duit untuk bantu rehab rumah orang tua di kampung
    semoga bisa dibeli lagi
    memang sih belinya sedikit demi sedikit
    mulai dari 5 gr..
    trus beli lagi 5gr
    dan terkumpul deh 50 gr
    pokoknya harus bisa punya lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbakk.. seneng kan kalo hasil nabung bisa jadi bagian rumah orang tua ya. Alhamdulillah

      Delete
  25. Butuh bgt nih info2 cara investasi dengan modal murah. Jd gak perlu pusing2 lg klo mau investasi yg biasanya pake modal gede

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, sekarang investasi bukan cuma miliknya pemilik modal gede, tapi kita2 juga bisa jadi investor dongg

      Delete
  26. Zaman sekarang main mudah berinvestasi ya mbak. Saya yang tertarik sekarang tu saham sih, kalau reksadana sudah. Cuma msh menimbang platform mana yang te[at dengan segala risikonya. Kalau emas malah udah saya tarikin masukin reksadana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih keren.. tinggal dirutinkan saja mba tabung reksadana dan sahamnya. Jangan lupa susun lagi mimpi-mimpi baru, biar semangat nabungnya

      Delete
  27. Tertarik berinvestasi di Reksadana tapi sebagai pemula, aku masih cari informasi2 untuk yakin beli reksadana tersebut

    ReplyDelete
  28. Dari dulu aku tertarik gitu mbak dengan bentuk investasi, namun tetap stay searching,, cek dulu aman nggaknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, khusus untuk fintech juga harus cek ke web OJK, untuk memastikan terdaftar atau tidak

      Delete
  29. Sepertinya LM menarik ya buat dicoba. Harus mulai dianggarkan nih, untuk investasi jangka panjang. Mksh infonya....

    ReplyDelete
  30. Aku sudah memutuskan dong. Sebenernya investasi itu bisa dimulai dari 100ribu aja. Minimal, reksa dana lah ya yang risikonya masih kecil. Penting banget kan nih buat milenial bisa berinvest sejak dini*

    ReplyDelete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular posts from this blog

Parasite (2019)

My Life as Writer

Tentu saja aku bisa melakukan semuanya, tapi apakah aku mau?