Skip to main content

Featured

Getting to know myself better

Seberapa kenal kamu dengan dirimu sendiri?
Yakin kamu sungguh-sungguh mengenal pribadimu?
Hayo ngacung, mungkin banyak di antara kita yang lebih mengenal pasangan atau sahabatnya, dibanding mengenal diri sendiri.
Kadang kita masih terheran-heran, ternyata kita bisa tho begini, bisa tho melakukan itu.
Kok bisa begitu? Hehehe
Ini fakta lho.
Sering dengar kan, bahwa yang bisa menilai diri kita adalah orang lain. Baik itu sahabat baik kita, rekan kerja di kantor, atasan kita, orang tua, atau pasangan.
Ibarat bercermin, kita butuh bantuan orang lain untuk melihat diri kita. Dengan melihat refleksi diri, kita bisa tahu, di mana salahnya gaya rambutku, pakaianku yang kurang rapi, atau celanaku yang terlipat sebelah 😃


***


Syahdan, aku punya seorang kawan. Tepatnya seniorku sih. Beliau ini salah seorang kawan yang memiliki kepribadian yang khas. Biasanya aku selalu mati kutu di depannya. Beliau sering membuatku tersipu malu, karena sudah bisa menebak sepak terjangku, tanpa aku harus cerita 😙
Setela…

BIji Ketapang yang kurindu


Membuat kue selalu tepat untuk ngabuburit di rumah. Kali ini lagi pengen biji ketapang. Ada yang belum tahu biji ketapang? 😉


Resepnya gampang banget. Tanpa mixer, dan digoreng saja. Maklum nih, di rumah gak ada mixer dan oven. Gak hobi bikin kue sih. Ini kejadian one in a million saja hahaha

Setelah browsing resep biji ketapang yang menurut aku masuk akal, kupilihlah satu diantaranya, dengan sedikit modifikasi. Haha sotoy kan 😋 Ya gpp lah ya, ini lagi dapat hidayah creative baking rupanya 😋

Masuk akal disini maksudnya, karena aku mengharapkan biji ketapang yang crunchy -ketika digigit ada backsoundnya, bukan lembut kemudian pecah seperti nastar- maka kupilih resep yang tanpa mentega, karena sudah menggunakan santan. Kebayang kan, sudah ada santan, pakai mentega lagi, pastilah doi bakal empuk-empuk nyes 😀 Lagipula ini kue resep jadul lho gaes, harusnya tidak mengenal mentega kan hehehe. Oiya untuk memudahkan, kita akan memberi nama sayang yaitu BK (biji ketapang) saja ya.
Voila, jadi ini resepnya :

Bahan basah :
1 butir telur
80 gr gula pasir
1 pcs vanili
2 sdm santan kara

Bahan kering :
300 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
Garam  

Mudah kan bahannya! Aku bahagiaaa ❤❤

Cara membuatnya :

Kita mengerjakan bahan kering dulu, ya. Tepung terigu, baking powder, dan garam dicampur menjadi satu. Aduk rata. Sisihkan.
Beralih ke bahan basah. 

Telur dikocok lepas, masukkan gula. Aduk hingga gula cair. Masukkan vanili dan santan. Setelah tercampur rata, masukkan bahan kering. Aduk hingga kalis. Kalis itu begini lho.



Setelah kalis, ambil sejumput adonan. Buat semacam sedotan memanjang. Potong-potong serong dengan ukuran yang sama agar cantik. Monmaap fotonya agak ngeblur.. kan multitasking sama ngerjain adonan 😎



Percikkan sedikit tepung biar tidak lengket. Lalu selesaikan hingga adonan habis. Nah, begini penampakannya setelah semuanya selesai. Horee, tinggal digoreng...



Tips agar menggoreng sukses, bagi adonan menjadi 2 bagian. Kita akan menggunakan metode deep fried, sehingga minyaknya agak banyak agar si BK bisa tenggelam. Setelah BK dimasukkan, jangan langsung diaduk. Diamkan sebentar, jika sekiranya sudah kuat (tidak bakal pecah), baru aduk perlahan.

Gorengan pertamaku sukses, di foto pertama.  Cantik yaaa ❤
Gorengan kedua agak gosong huhuhu. Entah kenapa gorengan kedua lebih cepat gosong, lengah sedikit udah terlalu gelap. Gak usah dipasang lah fotonya. Malu akutuu 😌

Yaaaa.. masih enak kok rasanya *menghibur diri* 

Sesuai ekspektasi kok. Ketika digigit terdengar bunyi kletak, tidak hancur nyes seperti layaknya nastar. Well done!
Jadi, ada yang belom tahu biji ketapang? Cobain deh buat, enyaaakkkk 😘😘

Comments

  1. Jadi, biji ketapang itu nama kue? Kirain biji beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. hasil akhirnya kayak biji-bijian kann :))

      Delete
    2. sama mb Dyah.. kirain biji buah ketapang terus dibuat jadi kue wkwkwkw

      Delete
    3. suer namanya biji ketapang! coba deh googling *defensip :))

      Delete
  2. Walah kupikir itu pakai biji beneran ternyata cuma penampakan ya..

    Baru tahu ini aku karena memang didaerahku tidak ada hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak banget mba, cobain deh gampang banget buatnya :)

      Delete
  3. Ya Allah, kemarin liat post ini di ig mba..
    hari ini kebagian resep nya.
    Makasih loh mba,
    cemilan enak ini.
    Mau ajak anak buat ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, aku juga suka banget. apalagi gampang bikinnya hehe

      Delete
  4. Enak banget loh biji Ketapang ini, aku juga pernah nyicipin, ada yang lembut, ada yang keras juga tergantung orang yang bikin kayanya atau sesuai selera

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa makanya banyak banget ragam resepnya di internet, tinggal pilih yang sesuai selera

      Delete
  5. Ini resep kue favorit aku di tiap lebaran, selalu wajib bikin ini

    ReplyDelete
  6. Favoritku saat Lebaran ini mbak, kenalnya ya setelah pindah Jakarta, di kampung saya di Kediri ga ada. Ternyata bikinnya mudah juga ya, aku mau coba aaah. Makasih resepnya.

    ReplyDelete
  7. Kue favorit saya nih, Mbak. Karena ibu saya suka bikin, maka saya pun bisa bikinnya hahaha. Paling seru, kalau disuruh keroyokan buat gunting-gunting adonan. Dan di Makassar ini namanya kue biji-biji hehehe. Biasanya dikasih juga jintan hitam Mbak.

    Nah, untuk yang rasa asinnya juga saya suka bikin. Jadi pakai bawang goreng. Makin mantap hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh aku tauu.. yang asin itu kue bawang bukan namanya? resepnya hampir sama, bedanya di bentuknya kotak2 persegi. sama gak sih? hehe

      Delete
  8. Wah aku suka nih sama kue ketapang. Walau agak keras gitu, tapi bikin ketagihan hehehe. Jadi gak mau berhenti.

    ReplyDelete
  9. aih aku juga suka banget biji ketapang , ntar resepnya tak praktekin

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba. lalu dibuat konten dong haha

      Delete
  10. serius aku baru tahu ini biji ketapang begitu bentuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe aku juga gak tahu aslinya mana cemilan ini. sepertinya di tempat lain namanya beda ya

      Delete
  11. Belum tau nih, enak ya buat temen kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok jadi temennya ngopi mas, karena rasanya cenderung manis

      Delete
  12. Beneran baru tau ini, sebelumnya gak pernah denger apa itu biji ketupang. Gimana mau tau denger aja egak. Tapi hari ini aku sudah tau

    ReplyDelete
  13. Biji ketapang , memang kadang ngangenin hahaha. Di rumah, biasanya dibuat pas bulan puasa dan buat suguhan ceilan lebaran. Makasih resepnya....

    ReplyDelete
  14. Resepnya gampang jadi PD buat nyoba. Hihi...ini resep mirip janagel ya, cuma kalau janagel nyetaknya dipilin-pilin pakai telapak tangan.. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, aku malah baru denger janagel. kayaknya enak yaaa

      Delete
  15. Nanti aku coba ah resepnya mba. Boleh nih buat cemilan manis di sore hari. Mau Belanja bahan-bahannya dulu ah...

    ReplyDelete
  16. Kinda wonder how long it takes to make this cake ... but it certainly looks yumm, even for a non sweet tooth I am !

    ReplyDelete
    Replies
    1. if you have 2-3 hours, you can try it out! :)

      Delete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular Posts