Resep Nasi Merah Goreng ala #dirumahaja

Instagram.com/sellypadi


Baru kali ini aku membuat kreasi nasi merah digoreng. Tadinya tidak pernah terpikir ya untuk menggoreng nasi merah. Karena merasa aneh aja kali ya hahaha
Tapi kali ini nasi merah di rumah bersisa cukup banyak. Gara-garanya karena bosan #dirumahaja kami keluar untuk jalan-jalan, dan berakhir beli makanan. Gak makan di tempat kok, kami tetap menjaga jarak dari kerumunan. Akhirnya makanan beli dibawa pulang, nasi merah dirumah jadi tidak termakan deh. 
Ibuku memang mengajarkan untuk tidak pernah membuang makanan. Kalau gak habis ya masukkan ke dalam kulkas. Karena malas memanaskan keesokan paginya, jadilah aku punya ide untuk menggoreng. Sebenarnya bisa gak sih nasi merah digoreng?

Setelah pencarian di google, ternyata buanyuak resepnya. Oalah emang harus punya jiwa kreatif nan inovatif ya soal memasak. Dan gak aku banget hehehe :P Aku lihat beberapa bumbunya sama aja dengan nasi putih goreng kok. Oke sip, aku jadi yakin dengan menu sarapan besok pagi!


Bahan
Aku lihat di kulkas ada beberapa bahan yang bisa melengkapi nasi merah gorengku. Eh masih ada sisa sambal hijau juga. Mantab jadi aku gak perlu bikin bumbu lagi.
Sambal hijau sisa, bumbunya sudah mengandung bawang merah dan garam.
1 siung bawang butih, iris halus.
2 siung bawang merah, iris halus (aku tambahkan lagi biar mantab).
2 butir telur, digoreng dadar terpisah.
Kecambah sesuai selera.
Nasi merah 2 porsi.
1 ruas bawang prei, iris kasar.
Kecap asin secukupnya.
Garam dan merica sesuai selera.

Cara membuat
Tumis bawang merah, bawang putih hingga kuning.
Masukkan sambal hijau, tumis hingga wangi.
Masukkan nasi merah, aduk rata.
Tambahkan kecap asin, garam, dan merica.
Koreksi rasa.
Masukkan kecambah dan bawang prei, aduk. Jangan terlalu lama biar kecambah tidak terlalu matang.
Angkat dan sajikan bersama telur dadar dan taburan bawang goreng.

Ternyata enak lho! Aku juga tidak menyangka seenak ini. Tekstur nasi goreng sudah semestinya pera kan. Nah cocok lah dengan tekstur nasi merah yang agak keras dari sananya. Ditambah dengan telur dadar kesayangan, makin mantab deh sarapanku kali ini. 

Selamat mencoba ya! Resep lain selama #dirumahaja bisa di baca di sini Resep Kue Biji Ketapang πŸ˜‰

Comments

  1. Resep yg super duper gampil dan bisa dipraktikkan kala lapar melanda saat kita #DiRumahAja :)
    Ini dalam sehari, aku dan anakku bisa makan sampai 5-7 kali nih, hohoho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, aku juga gak nyangka banget lo ternyata nasi merah enak digoreng, tidak aneh maksudnya hahaha selamat menikmati #dirumahaja yaaa ;)

      Delete
  2. Hmm, yummy, Mbak! Ibu saya juga selalu bilang jangan buang makanan, apalagi kami dulu memang bukan orang berada. Nyari makan susah dan terlebih ya emang nggak pantas rezeki dibuang-buang...Jadi pengen nyoba juga, secara nggak biasa nasi merah digoreng..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Penolongnya ya masuk kulkas. Besok deh dipikir mau diapain hehehe

      Delete
  3. Resep buat anak kosan nih, haha. Besok bakal nyoba ah, udah mulai bosen sama makanan di kosan dan butuh variasi, dan makanan diatas terlihat sangat menggiurkann xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa coba yaaa.. ntar share hasilnya di blog πŸ˜‰πŸ˜‰

      Delete
  4. Coba deh dibikin cireng, dicampur sagu, jadi deh cemilan sedap.
    Untuk cocolan bisa Pakai bumbu kacang dari bumbu pecel siap saji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh dapat resep baru dari Ambu. Bisa deh dicoba, kalau pas ada sisa nasi merah lagi deh, makasih Ambu

      Delete
  5. Nyam nyam enak nih. Saya penggemar nasi goreng, apapun itu. Yang ini pasti enak. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran enak Mbak. Aku juga pecinta nasgor. Semenjak beralih ke nasi merah jarang banget jajan nasgor. ((Jajan)) 🀣🀣
      Rasanya rinduku pada nasgor terobati kali ini

      Delete
  6. Hemm jadi laper... Untung bacanya pagi2, nanti bisa langsung eksekusi nasgor buat sarapan. Tapi saya ngga punya beras merah, ngga papa deh. Nasi putih pun jadi. Makasih resepnya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nasi putih mah udah pasti enak ya Mbak. Sejujurnya aku rindu sekali makan nasi putih huhuhu

      Delete
  7. Saya juga paling anti buang makanan mbak, jadi kalau masak berusaha pas untuk sehari. Seandainya pun bersisa, selalu saya sisipkan untuk menu berikutnya. Btw, saya pernah juga nyoba bikin nasi goreng pake nasi merah ini, tapi kok gagal, ahahhaha. Mau deh pakai resep mbak ini, biar lebih berhasil dari sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih banget lho mbak kalau sampai membuang. Kalau sedang rajin berkreasi, coba2 masak, lalu gagal, tetap aku makan lho, meski pedih πŸ˜… Gak tega soalnya kalo dibuang, sayang bahannya

      Delete
  8. Tapi enak gak mbak secara nasi merah saya kurang suka meski sehat ya tapi kayanya cepat kenyang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku enak mbak. Tidak seaneh yang kupikirkan hahaha sepertinya aku terlalu under estimate sama nasi merah πŸ˜…

      Delete
  9. Apa aja bisa digoreng hehe bahkan tiwul pun bisa kuncinya kreatif dan mau y. Kan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu bukan bakatku mbak hahaha makanya beruntung ya sekarang cuma sejauh jari-jari aja. Tinggal tanya ke mbah resep apa aja

      Delete
  10. Aku juga pernah lho makan nasi merah goreng.
    Tetap nikmat seperti nasi putih.

    Btw, diam di rumah aja bikin kita termotivasi untuk improvisasi.
    Daebag!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak! Membunuh waktu bahasa romantisnya hahaha

      Delete
  11. Alhamdulillah ada resep nasi merah goreng. Soalnya udah 2 tahun ini kami konsumsinya nasi merah, kadang dicampur beras hitam. Suka bingung nasi sisa diapain. Kirain engga enak kalau digoreng...hehe...Makasih yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong Mbak, tos virtual! Enak beneran lho Mbak, aku juga gak nyangka seenak itu

      Delete
  12. Teteup endang-bambang itu Kak nasgor merahnya, hmm yummy ya... ada kecambahnya lg jadi ada unsur nabatinya jg yaa... Sip deh resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa aku lebih suka pakai campuran tauge daripada sawi Mbak Mia. Sawi berasa pahit hehehe

      Delete
  13. Saya juga kalau makan di luar trus ada sisanya gitu minta dibungkusi sama pelayannya dan bawa pulang ke rumah. Intinya ya jangan mubazir ya Mbak hehe.. btw saya baru tahu nih kalau nasi merah juga bisa digoreng gitu kayak bikin nasi goreng biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mbak, jangan sampai ya kita membuang makanan, sedih banget kalo ingat jaman kecil dulu susah makan πŸ˜“πŸ˜“

      Delete
  14. Wah asyik, resepnya gampang dibuat.
    Kebetulan di rumah, suka masak nasi merah dan sisa :)
    Jadi bisa dibikin nasi goreng.

    ReplyDelete
  15. Simple kak Kartika cara bikin nasi gorengnya, bumbunya masih mudah ditemukan di dapur. Pas lagi saya demen banget nasi goreng hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mah males orangnya. Kalo gak simple makin malas hehehe makanya suka bikin nasgor karena udah paling gampang dan simple mah

      Delete
  16. Memang ya, di rumah aja bikin kita jadi kreatif. Aku nih, yang biasa males masak, dengan harus stay at home terus, jadi masak tiap hari. Padahal tadinya seringnya beli jadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kenapa bawaannya juga laper mulu yaa hahaha jadilah menggendats ini :')

      Delete
  17. Sejak stay home harus banyak kreasi, agar tidak bosan, seperti kreasi dalam masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, kalau jajan terus juga boros kan ya, belum lagi kuatir kebersihannya jaman gini hiks

      Delete
  18. Enyaaakkk... enyaaakk..
    Kalau saya biasanya bikin nasgor menyesuaikan isi kulkas, apa adanya bumbu dalam kulkas saja, pokoknya minus cabe aja deh :D

    Cuman memang jarang bikin nasgor merah, bahkan beli di luarpun lebih suka nasgor putihan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kirain kalau orang Sulawesi suka pedas juga lo Mbak Rey :))

      betul Mbak, makanya sering banget bikin nasgor karena sudah gampang banget hehehe tinggal nyemplung2in bahan saja

      Delete
  19. Wajah aku jg ga kepikiran bikin nasi goreng dr nasi merah :). Selama ini sesekali makan nasi merah. Tp Krn yg makan aku, jd tiap kali masak ga banyak. Cuma cukup utk aku makan di siang Ama malam. Makanya ga prnh nyisa.sesekali kayaknya mau coba juga deh resep nasi goreng pake nasi merah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kan, rasanya gak pernah terlintas ya bisa dijadikan nasgor hahaha sungguh meremehkan :P

      Selamat mencoba yaa :)

      Delete
  20. Nasi goreng tuh andalan banget ya! Selain mudah, pasti sekeluarga doyan! Jadi pengen bikin juga~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Favorit banget Mbak! Dan gampang juga bikinnya, syukakkk!! Top markotop deh pokoknya!

      Delete
  21. kalau mau bikin nasi merah itu hrs banyak airnya ya biar gak keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bu. Biasanya saya rendam kira2 1 jam sebelum ditanak, atau dicampur dengan beras putih buat pemula.

      ((Pemula))πŸ˜†πŸ˜†

      Delete
  22. Oh .nasi merah bisa buat bikin nasi goreng juga..ya, nanti aku mau coba resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata bisa!

      Selamat mencoba ya Kak 🀠🀠

      Delete
  23. Baru tau juga kalau nasi merah bisa dibikin nasi goreng :D taunya sih langsung dimakan hehehe boleh juga idenya ini, mudah dan enak pun hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulan enak Kak, karena beras merah sudah punya tekstur yang agak keras jadi enak banget dibikin nasgor

      Delete

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah membaca. Tinggalkan komentar ya, biar aku bisa balas BW 😊

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Jadi Komuter di Ibukota. Siapa Takut?!

Tentu Saja Aku Bisa Melakukan Semuanya, Tapi Apakah Aku Mau?

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia