[REVIEW BUKU] Lelaki Harimau by Eka Kurniawan

aplikasi IJak


DATA BUKU

Judul: Lelaki Harimau

Penulis: Eka Kurniawan, 2004

iSBN: 978-602-03-2465-4

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

 

REVIEW BUKU

Ini novel kedua karya Eka Kurniawan yang aku baca. Sebelumnya novel berjudul ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” aku bahas di sini.

Cerita diawali dari kisah pembunuhan Anwar Sadat oleh Margio. Pembunuhan ini dilakukan dengan cara yang tidak biasa. Sedikit tragis dan mengerikan, sebenarnya. Eka Kurniawan cukup detil menceritakan cara membunuh dan penampakan korban setelahnya. Aku cukup bergidik saat membayangkannya.

Pembunuhan ini pelan-pelan mengungkap kisah masing-masing tokoh di novel ini. Semua orang yang berada dalam lingkaran pembunuhan ini diceritakan satu-satu oleh Eka Kurniawan. Penceritaan ini runut mengalun tanpa putus. Pembaca bagai dibacakan dongeng seribu kisah, terbuai oleh si pendongeng.

Novel ini berjalan mundur. Sesungguhnya premis novel ini adalah alasan kenapa pembunuhan itu terjadi. Sepanjang membaca novel, aku tidak lagi bertanya kenapa Margio membunuh Anwar Sadat. Aku tidak peduli. Aku hanya menikmati dongeng para tokoh di dalamnya, masuk ke kisah mereka, ikut sedih dengan kisah tragisnya, ikut tersipu dengan kisah cintanya. Segala kisah kemiskinan, keluarga, dan persahabatan ada disini. Novel ini bercerita tentang keseharian kita. Hal yang dekat dengan kita.

Selesai membacanya, aku merasa lega. Ternyata itu alasan Margio membunuh Anwar Sadar. Dan aku memahaminya.

 

Baca juga: Review Buku Na Willa dan Rumah dalam Gang 

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Jadi Komuter di Ibukota. Siapa Takut?!

Tentu Saja Aku Bisa Melakukan Semuanya, Tapi Apakah Aku Mau?

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia