Kenalan dengan Festival Songkran di Thailand

Gara-gara nonton film Bangkok Traffic (Love) Story, aku jadi penasaran banget dengan sejarah dan serba-serbi lengkap Festival Songkran di Thailand. Yuk mari, kita kepoin satu-satu fun fact tentang Festival Songkran. Let's go....



Apa itu Festival Songkran?

Mengutip dari Asiahighlights, ternyata Songkran dalam bahasa Thai memiliki arti bergerak, atau dalam bahasa Inggris "to move". Songkran menandakan bergeraknya matahari dari periode zodiak Pisces ke Aries, yang merupakan pergantian tahun di Thai. 

Kenapa tahun baru jatuhnya di bulan April? 

Konon, saat orang Thai bermigrasi dari Cina bagian Selatan di tahun 200 BC, mereka harus beradaptasi dengan cuaca di Thailand yang lokasinya lebih ke selatan. Selain itu cara hidup yang banyak berkaitan dengan pertanian, akhirnya membuat mereka memilih bulan April ketika musim kering berakhir sebagai momen pergantian tahun. Ini juga yang membuat Songkran disebut Festival Air, karena dirayakan dengan permainan perang saling siram air untuk merayakan berakhirnya musim kering. 

Songkran merupakan festival yang paling penting di Thailand. Songkran akan diawali dengan upacara keagamaan, yaitu membersihkan patung Buddha. Orang-orang yang lebih muda akan membasuh tangan orang yang lebih tua, dan kemudian menerima doa sebagai balasannya. Setelah itu, keluarga bersama-sama akan turun ke jalan untuk ikut meramaikan permainan perang air.


Songkran Festival 2024: How to Celebrate Thai New Year (Water Festival) (asiahighlights.com)



Kapan Festival Songkran diadakan?

Di tahun 2023, Festival Songkran jatuh pada tanggal 13,14, dan 15 April. 

Hari pertama yang jatuh di tanggal 13 April menjadi puncak permainan perang air. Semua orang akan turun ke jalan, dan hari ini menjadi salah satu tujuan wisata yang ditunggu-tunggu para wisatawan asing.

Hari kedua, biasanya menjadi hari keluarga, Hari ini adalah hari terakhir di tahun yang lama, sehingga banyak orang menghabiskannya bersama keluarga untuk berlibur ke luar kota.

Hari ketiga, merupakan hari pertama di tahun yang baru. Masih banyak tempat yang menyelenggarakan permainan perang air. Bahkan di beberapa kota di Thailand, Songkran dirayakan hingga seminggu penuh, lho!


Tips Berlibur saat Festival Songkran

Ada beberapa peraturan resmi maupun tips khusus bagi yang ingin merasakan liburan dalam suasana Festival Songkran. Tujuannya tentu agar festival ini bisa dinikmati dengan nyaman, dan tetap menghormati budaya dan kebiasaan, utamanya yang berkaitan dengan upacara keagamaan di Festival Songkran..

  • Meskipun judulnya perang siram air, tujuannya tetap untuk bersenang-senang dan tidak saling menyakiti ya. Gunakan air yang bersih, dengan pistol air yang tidak berbahaya. Dilarang keras untuk menyemprot ke arah mata.
  • Cuaca bulan April di Thailand bisa mencapai 40 derajat lho. Tetap berhati-hati dengan panas matahari, dan jangan lupa untuk minum air meskipun sedang berbasah-basahan.
  • Ada dresscode khusus di Festival Songkrang, yaitu T-shirt yang nyaman. Dilarang topless, atau buka-bukaan baju ya. Kamu bisa ditangkap gara-gara ini karena dianggap tidak menghormati nilai dan budaya di Thailand.  
  • Dilarang menyiram biarawan, ibu hamil, bayi, lansia, atau orang yang sedang bekerja. Tetap hormati orang-orang yang tidak sedang bergabung dalam perang siram air..   
  • Dan yang penting, lindungi perangkat elektronik masing-masing dengan plastik tahan air.

Memberi Ucapan saat Festival Songkran


Kalau kamu sedang berada di Thailand saat Festival Songkran, bisa banget untuk sok akrab dan mengucapkan selamat tahun baru sebelum menyemprot seseorang hahaha. Seperti tahun baru lainnya, ucapan standar Selamat Tahun Baru bisa diucapkan. Tentunya lebih baik dalam Bahasa Thai, atau minimal Bahasa Inggris lah ya 😆 Atau bisa dicoba beberapa salam di bawah ini:

Songkran Festival 2024: How to Celebrate Thai New Year (Water Festival) (asiahighlights.com)



Ternyata menarik ya, sejarah dan serba serbinya Festival Songkran. Berminat untuk bergabung di festival tahun depan? 😉


   

Comments

  1. Festival ini termasuk budaya nya negri gajah putih ya mbk atau sekedar festival biasa aja..seru siih...ada beberapa yg mirip"tapi bukan siram"air..kayak India yg lempar "bubuk warna warni itu,trus ada juga budaya yg lempar" tomat,asal jangan lempar batu aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ini termasuk festival budaya dan agama sih. Karena memang ada kaitannya dengan tradisi bercocok tanam di masa lalu. Kayaknya memang seru apalagi sama sahabat dan keluarga.

      Delete
  2. Aku pernah ke Thailand pas April, tp bukan saat Songkran, dan itu ga kuat Ama panasnya. Pulang dari sana sampe radang tenggorokan parah dan demam, Krn memang aku ga kuat panas mba.

    Makanya sampe skr kalo ke Thailand aku ga pernah lagi april-sept. Itu panas masih. LBH suka dec-feb.

    Tapi rasanya kalo pun aku suka panas, ga akan mau juga pas festival Songkran, ga suka soalnya basah2an gini 🤣🤣. Risih aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kita di Indonesia sudah cukup panas ya mba, tetep aja kepanasan. Mungkin karna lg di jalan jadi capek dan kurang fit.

      Bener sih kalau basah2an males juga secara aku juga pake kudung ya, ribet bgt males ganti2 balik ke hotel hahaha

      Klo ke Thailland aku lebih sreg wisata kuliner atau belanja sih. Lebih sewruu!

      Delete
  3. Wah unik banget ya festival Songkran ini, tradisi turun temurun yang bisa jadi daya tarik wisata di Thailand juga. Tapi tidak disarankan untuk yang gak bawa baju ganti kayaknya ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, jadi bener2 harus siap amunisi klo serius mau ikutan Festival Songkran. Dan kalau lagi solo traveling juga kurang seru ya haha kagak ada temen semprot2nya

      Delete
  4. Festival Songkran di Thailand ini sangat menarik untuk diikuti. Oh ini masuknya ke budaya dan agama ya? Outfit harus sopan ya seperti kaos yang nyaman. Mantap nih. Terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa malah dilarang kalau buka2 baju atau pake baju yg cekci ya, supaya bisa saling menghargai, namanya kita bertamu ye kan...

      Delete
  5. Perasaan aku pernah komen di sini, atau ga masuk ya mba 😅.

    Dulu inget banget ke Thailand pas April, dan aku kapok Krn puanasnya ampuuuun mba . Pulang jakarta aku sampe demam dan radang tenggorokan 🤣. Sejak itj ga pernah lagi ke sana April, pasti selalu dec-feb. Krn itu Di mana suhu Thailand lebih sejuk.

    Dan jujurnya, aku ga terlalu suka sih acara basah2 begini 😂. Langsung kepikiran, ya ampuuun bulumataku yg baru diuplift gimana nih, atau baju yg basah kuyup 🤣🤣. Make up rusak wkwkkwwk.

    Jadi memang ga aku banget festival begini mba 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa udh masuk mbaa.. tp aku lg off karna masih berduka. Maafkeun yaa.. ini aku approve dua2nya 👌👌

      Delete

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah membaca. Tinggalkan komentar ya, biar aku bisa balas BW 😊

Popular posts from this blog

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia

14+ First Love (2015), Kisah Cinta Pertama dari Sinema Rusia

Menikmati sistem transportasi di Jakarta, sudah keren banget!