Pintu Terlarang (2009), Another Plot Twist dari Joko Anwar



imdb.com

Di artikel Incendies (2010)saya mendapatkan rekomendasi untuk menonton film Pintu Terlarang di kolom komentar. Kebetulan lagi seru-serunya membahas film dengan aneka plot twist, maka kupersembahkan review film Pintu Terlarang. 

Dengan mengusung nama sutradara Joko Anwar, sebenarnya sudah tertebak akan ada yang berbeda di film ini. Sengaja saya tidak mencari review ataupun spoilernya, agar dapat menilai film ini dengan lebih obyektif. Hasilnya WOW.

Di awal masih belum tertebak arah ceritanya ke mana. Bahkan menurutku penyampaian ceritanya agak berloncatan. Mungkin juga karena di angkat dari sebuah novel sehingga ada keterbatasan di durasi.

Dikisahkan bahwa Gambir, seorang seniman yang sukses, memiliki karier yang gemilang, istri yang cantik, serta sahabat-sahabat yang sangat mendukung. Sayangnya beberapa tahun pernikahan mereka belum dikaruniai anak. Sepertinya hal ini menjadi sebuah isu penting di dalam keluarganya (Ibunda Gambir) dan juga beberapa penggemar Gambir (atau hater?). 


Baca juga: Parasite (2019)


Beberapa adegan mengisahkan tentang usaha perolehan anak ini. Tiba-tiba cerita melompat ke beberapa tahun sebelumnya, sebelum mereka menikah. Disini ke-absurd-an mulai muncul, dan sebenarnya bikin merinding. Terungkaplah rahasia sukses si Gambir dengan patung-patung buatannya.

Ke-absurd-an lain mulai muncul ketika Gambir mendapat pesan-pesan misterius. Sebuah kalimat "tolong saya" dengan gaya tulisan anak-anak. Sekelebat seorang anak laki-laki juga sering muncul secara misterius. Karena penasaran, si Gambir terus mencari anak ini, dan akhirnya tahu di mana bisa menemukannya. Di sebuah channel TV yang hanya disediakan oleh sebuah klub eksklusif. Gambir bisa melihat bagaimana anak itu disiksa oleh Ayah dan Ibunya di channel tersebut, dan di akhir anak itu selalu melihat kamera dan meminta tolong.

Cerita bergulir tentang bagaimana Gambir ingin menolong anak itu. Namun, dalam pencariannya ternyata yang didapat adalah rahasia gelap tentang Ibu, istri, dan sahabat-sahabatnya yang mengkhianatinya.


Untuk membalas pengkhianatan itu, dia mengundang ibu dan para sahabat untuk makan malam di rumahnya. Di meja makan itulah Gambir menghabisi hidup mereka dengan sangat keji dan berdarah dingin. Adegan ini menurut aku bagus bangetnget. Kualitas seorang Fachri Albar sangat kuat muncul di sini. Joko Anwar juga tidak ragu dengan vulgar memberikan adegan yang berdarah-darah. Ada rasa merinding yang tidak nyaman saat menonton adegan ini. KEREN!

Namun setelah ini, penonton masih belum dibuat tenang, karena misteri tentang si anak kecil belum terkuak. Begitu juga dengan apa kisah di balik pintu terlarang itu. Ternyata oh ternyata... ah mungkin nonton saja sendiri ya,, biar lebih seru menikmati endingnya yang memang plot twist. Terima kasih ya Anonymous 😊

Overall, ide ceritanya sangat menarik (bahkan saya penasaran bagaimana cerita di novel aslinya). Setelah menonton, karena masih agak tidak paham dengan jalan ceritanya, saya segera mencari spoilernya (yeah, I know, it sucks ya hahaha). 

Beberapa adegan menurut saya agak membingungkan karena tidak ada jembatan cerita, berloncatan. Tapi mungkin ini adalah daya tarik film ini. Tanyakan pada kritikus film atau yang lebih berkompeten secara teknis. Sebagai penyuka film, menurut saya film ini cukup sulit dicerna, namun di sisi lain bangga banget sineas Indonesia bisa dan berani membuat film seperti ini. Bravo Film Indonesia!

Comments

Popular posts from this blog

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia

14+ First Love (2015), Kisah Cinta Pertama dari Sinema Rusia

Menikmati sistem transportasi di Jakarta, sudah keren banget!