Self Care... apaan sih?

https://campfire.org/blog/article/self-care-is-far-from-selfish/

Sebuah pertanyaan menarik muncul di sebuah status salah satu temanku di Facebook.
What is your self-care list like?”
Aku jadi berpikir, apa maksudnya dengan self care ya? Apakah sepertii merawat diri dengan luluran? Cukup minum air putih? Rutin berolahraga?
Karena penasaran, aku langsung mencarinya di google. Wahh.. ternyata banyak sekali lho artikel yang membahas tentang self care, utamanya artikel dalam bahasa Inggris sih.
(Lebih baik aku tetap menggunakan kata asli self care ya, karena belum menemukan padanan kata yang tepat dalam bahasa Indonesia.)
Nah kembali ke definisi self care, setelah melihat beberapa definisi, salah satu yang menurut aku sangat mudah diterima penjelasannya adalah :
Self-care is any activity that we do deliberately in order to take care of our mental, emotional, and physical health. Good self-care is key to improved mood and reduced anxiety. It's also key to a good relationship with oneself and others.” (https://psychcentral.com/blog/what-self-care-is-and-what-it-isnt-2/)
Menurut definisi diatas, self care adalah melakukan kegiatan yang kita sukai dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan secara mental, emosional, dan fisik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan.
Jadi kegiatan apa saja, pokoknya yang membuat kita merasa nyaman. Bukan hanya merawat tubuh secara fisik, tapi juga hal-hal non fisik yang memberikan manfaat baik buat diri kita.
Di artikel yang berbeda, diberikan juga contoh self care seperti membaca buku, tidur lebih awal, rutin minum vitamin, berdoa, atau pillow talk dengan pasangan.
Ternyata self care adalah kegiatan yang sangat personal ya, tergantung kebutuhan dan kesenangan setiap pribadi. Yang penting selalu kembali ke tujuannya tadi, yaitu meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan. Ingat-ingat saja kegiatan yang membuat semangat dan bahagia, maka hal tersebut adalah self care buat kamu. Itu sih kesimpulan aku J
Oiya disebutkan juga, self care adalah kegiatan yang secara sadar kita lakukan, bukan sekadar kebetulan atau tanpa sengaja dilakukan. Lebih baik lagi jika self care direncanakan sebelumnya, karena kita secara sadar ingin melakukannya dan mengerti apa tujuan kita melakukan kegiatan tersebut.
Setelah memahami self care, aku jadi pengen punya daftar juga nih hehehe
Menurut aku, self care buat aku adalah :
·         Me time seperti membaca buku, nonton film, atau menulis
·         istirahat tanpa merasa bersalah
·         Olahraga ringan 
·         Liburan ke alam bebas

Susah juga ya memikirkan aktivitas self care yang belum kulakukan. Setelah dipikir-pikir, ternyata aku cukup baik dalam hal menyenangkan diriku sendiri 😍😍😍 Di artikel sebelumnya juga pernah kubahas versi sehatku, baca disini ya 😃
Yang perlu diingat, self care itu bukan berarti kamu egois dan hanya memikirkan diri sendiri. Penting banget lho menjadikan dirimu prioritas sebelum memprioritaskan orang lain. Tentunya menjadi pribadi yang bahagia dan terpenuhi kebutuhan mental, emosional, dan fisiknya itu penting kan! Setelah itu baru kamu bisa membagi kebahagiaan itu kepada orang sekitar. 
Nah, kalau kamu sudah punya daftar self care belum? 



Comments

  1. mbak ini tulisannya kok kabur banget ya warnanya... saya kesulitan bacanya nih...

    btw, self care saya belajar tiap hari dan nonton... ngobrol juga sama teman bagian dari self care

    ReplyDelete
  2. wah iyaya, baru sadar. makasih ya.. karna barusan ku customize jadinya malah kacau :p
    btw, iyaa bener ngobrol sama teman juga asik tuh. yang paling penting konsisten jadi kita hepi trus deh :)

    ReplyDelete
  3. Intinya kegiatan personal kita tapi lebih ke arah postif yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyakk betul sekali. Gak susah ya sebenernya menyayangi diri sendiri :)

      Delete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular Posts