Tumis Labu Siam dan Jagung Manis, Resep Andalan yang Enak dan Gampang



instagram.com/sellypadi

Selama #dirumahaja, aku jadi lebih rajin masak di rumah lho. Tenang saudara-saudara, masakannya yang gampang aja kok, gak pake ribet. Bahannya juga yang gampang diperoleh di pasar. Masak sendiri juga membantu aku disiplin mengurangi gorengan, garam, dan gula.

Oiya, selama #dirumahaja aku masih pergi ke pasar sih. Tapi aku kurangi sampai seminggu sekali saja. Biasanya aku belanja di hari Senin karena lebih sepi. Mengurangi kontak di tempat ramai ya. Sehabis belanja, jangan lupa langsung cuci tangan dan kaki. Uang dari pasar juga aku jemur di bawah panas matahari, buat antisipasi gaes.
Oke, jadi kali ini aku akan bahas resep tumis sayur anti gagal. Karena ini resep gampang banget nget, dan gak perlu penyedap rasa. Bisa diterapkan ke beberapa jenis sayuran juga. Resep ini salah satu andalanku, jenis sayur dan lauknya saja yang diganti-ganti.
Kenapa labu siam dan jagung manis? Kebetulan hari ini di kulkas hanya tersisa dua jenis sayur ini. Sebenarnya kedua sayur ini memang jadi favorit di rumah sih karena bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama (seminggu misalnya) di kulkas. Jagung manis bisa jadi alternatif karbohidrat selain nasi merah dan kentang. Kalau labu siam bagus buat Ibuku yang punya tekanan darah tinggi.


Oiya, sebelum lupa, mungkin ada yang bingung, labu siam dan manisa itu sama ya, cuma beda nama panggilan saja, maklum lain Ayah dan Ibu πŸ˜ƒ
Kadang resep anti gagal ini juga aku pakai untuk membuat sayur buncis, kacang panjang, wortel, atau gabungan salah dua atau ketiganya. Versi paling enak kalau dikasih udang! Tapi hari ini aku pingin peyek udang, jadi udangnya aku skip, aku jadikan lauk saja. Biar puas makan peyek udangnya. Uwuwu.

Bahan
1 buah labu siam, iris sesuai selera
1 buah jagung manis, serut
1 ons udang kupas (bisa diskip)
1 siung bawang putih, iris halus
3 siung bawang merah (sesuai selera, aku sih suka banyakin bawang merah, biar manis alami), iris halus
2 cabe merah besar, iris serong
1 ruas lengkuas
2 lembar daun salam
Air secukupnya
Gula, garam, merica bubuk sesuai selera

Cara membuat
Tumis bawang merah, bawang putih hingga kuning.
Masukkan cabe, daun salam, lengkuas, udang jika ada.
Setelah cabe layu dan udang matang, masukkan air secukupnya sesuai dengan banyaknya sayuran. Jangan terlalu banyak, karena beberapa sayur mengeluarkan air nantinya.
Masukkan gula, garam, merica sesuai selera. Karena aku pakai jagung manis, gulanya aku kurangi.
Setelah air mendidih, masukkan labu siam dan jagung manis.
Tunggu sampai labu siam dan jagung manis matang. Apabila dirasa kurang air, bisa ditambahkan. Jangan lupa untuk koreksi rasa sekali lagi.
Setelah sayuran matang, angkat dan sajikan.
Selamat mencoba yaaa... di jamin anti gagal 😎

Comments

  1. Wahhh ini super gampiilll dan bergizi ya Mba
    Mau coba aahhh :) mumpung lagi #DiRumahAja jadinya bisa masak2 dewe ye kaaann

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mbak, lumayan buat membunuh waktu #eaaa

      Delete
  2. Hmm pakai lengkuas dan daun salam ya. Boleh nih dicontek resepnya. Terima kasih sudah berbagi, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 2 bahan ini sepertinya bahan wajib buat masakan tumis2 ya mbak :D

      Delete
  3. Labu siam ini sayur kesukaanku, kadang cuma di rebus aja rasanya manis. Kalau ada sambel tomat, ya di cocol sambel.

    Oh tumisnya pakai lengkuas juga ya. Saya biasanya kalau bikin tumis ya bawang merah dan bawang putih aja bumbunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, rasa aslinya sudah manis, direbus pun sudah nyes, enak.

      kebetulan aku suka aroma lengkuas mbak, jadi wajib deh dimasukkan :D

      Delete
  4. Waw enak nih, jadi Perempuan emang harus smart dan kreatif ya, apapun bisa jadi masakan enak

    ReplyDelete
  5. Mudah banget. jadi pengen nyobain, kebetulan juga penggemar labu siam dan jagung.
    Makasih resepnya, mba.

    ReplyDelete
  6. 2 jenis sayur ini favorit aku loh mbak, labu siam tuh kl di rumah di masak tumis pake tempe atau di masak pake santan. Dan jagung manis biasa dimasak sayur bening dengan si bayam atau aku bikin bakwan jagung. Boleh juga nih aku coba resepnya mbak biar bisa bervariasi masakannya.

    ReplyDelete
  7. Aysik saatnya masak memasak. Keluarga besar di rumah semua perlu trik supaya menu gak itu itu saja. Terimakasih untuk tambahan resepnya Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, banyak di rumah kok jadi sering lapar ya wkwkwk

      Delete
  8. Bahannya mudah di beli dan masaknya juga gampang, besok saya mau coba mbak.
    Selama ini kalo bikin tumis cuma pakai bamer dan baput doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut aku lebih mantab kalau pakai salam dan lengkuas. Semoga cocok ya dengan selera di rumah :)

      Delete
  9. Resep baru bagiku bakal dicoba nih apalagi sangat mudah dan bahannya juga mudah didapatkan Terima kasih atas sharingnya

    ReplyDelete
  10. Ga percaya itu enak! Sini nicipi dlu baru prcaya ✓

    ReplyDelete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular posts from this blog

Parasite (2019), Film Terbaik Pemenang Oscar 2020

Pengalaman Pertama Jadi Komuter di Ibukota. Siapa Takut?!

Tentu Saja Aku Bisa Melakukan Semuanya, Tapi Apakah Aku Mau?