Tongkol Suwir Pedas, Pas Disajikan bersama Nasi Bakar

instagram.com/sellypadi
 


Ada yang suka banget ikan tongkol seperti diriku? Baik yang segar maupun sudah dipindang, ikan tongkol sangat gurih dan bisa diolah menjadi aneka masakan.

Kali ini aku akan membahas olahan ikan pindang tongkol. Dipadu dengan rasa pedas, segar, dan harum kemangi, tongkol suwir pedas menjadi salah satu menu favorit di rumahku.

 

Bahan:

3 ekor ikan pindang tongkol ukuran sedang, bersihkan, suwir kecil-kecil

5 butir bawang merah, iris tipis

2 siung bawang putih, iris tipis

3 buah cabai merah, iris tipis

3 buah cabai hijau, iris tipis

15 buah cabai rawit, iris tipis

3 lembar daun salam

1 ruas laos

1 ruas jahe

½ buah jeruk nipis, peras

Daun kemangi secukupnya

Gula dan garam secukupnya

Minyak goreng untuk menumis

 

Cara membuat:

Goreng suwiran ikan tongkol hingga setengah matang. Sisihkan.

Tumis bawang merah dan bawang putih. Setelah mulai menguning, masukkan irisan cabai merah, cabai hijau, cabai rawit. Masukkan juga laos, jahe, daun salam.

Setelah layu, masukkan sedikit air. Didihkan airnya.

Masukkan suwiran ikan tongkol. Koreksi rasa.

Setelah agak kering, masukkan daun kemangi.

Taraaaa, suwir tongkol pedas sudah bisa dinikmati.

 

Nah, kebetulan di rumah lagi banyak daun pisang. Iseng saja aku bungkus nasi jagung dengan suwir tongkol pedas tadi, lalu dipanggang dengan wajan teflon. Pas banget disantap hangat ketika berbuka puasa.


nasi bakar tongkol suwir


Baca juga:  Resep Jadul Favorit, Kukus Ikan Asin Peda 


 

 

Comments

  1. Ya ampun, aku negces banget ngeliat fotonya. ikan yang disuwir plus dikasih cabe tuh udah kelemahanku banget. Dimakan pake nasi hanget pasti super nikmat, apalagi kalo pakai nasi bakar ya? Pasti lebih maknyus lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ingin segera berbuka puasa ya Mbak hihihi, terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  2. Boleh juga nih mba resepnya, kapan kapan nyoba bikin ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. endeussss banget Mbak, selamat mencoba yaa ;)

      Delete

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah membaca. Tinggalkan komentar ya, biar aku bisa balas BW 😊

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama Jadi Komuter di Ibukota. Siapa Takut?!

Tentu Saja Aku Bisa Melakukan Semuanya, Tapi Apakah Aku Mau?

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia