Apartemen vs Rumah, Yang Mana Pilihan Kamu?

https://www.pexels.com/id-id/foto/cahaya-hotel-lampu-dalam-3754700/
 


Menyambung artikel sebelumnya yang membahas soal hunting rumah, kali ini aku akan membahas soal mempertimbangkan apartemen sebagai hunian.


Baca juga: Menabung Impian Punya Rumah Sendiri


Dari pembicaraan dengan teman-teman sejawat, apartemen cukup bisa diperhitungkan untuk investasi. Bisa dipakai sendiri, dijual kelak, atau disewakan.

Banyak juga sih yang kontra dengan memiliki apartemen. Pertimbangannya antara lain soal hak kepemilikian.

Membeli rumah artinya memiliki rumah sekaligus tanahnya. Atas bukti kepemilikan tersebut, kita mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM).

Berbeda dengan apartemen yang hanya memiliki ruang di dalam sebuah bangunan. Kita berhak menggunakan berbagai fasilitas atas kepemillkan bersama atau yang disebut strata title. Atas kepemilikan tersebut, kita hanya mendapatkan Hak Guna Bangunan (HGB) yang berlaku selama 20 tahun, dan perlu diperbarui setelahnya melalui proses tertentu.

Tapi selain poin diatas, kelebihan punya apartemen juga banyak sekali lho...

 

Lokasi

Apartemen biasanya dibangun di pusat keramaian, di pusat bisnis, atau di jantung kota. Lokasinya tidak main-main. Sudah pasti sangat strategis dan terjangkau dari mana-mana.

Bagi yang kerja di dekat lokasi-lokasi top di atas, kita bisa menghemat waktu kita yang berharga untuk beraktivitas sehari-hari. Menghindari waktu tempuh dan kemacetan yang bikin kita tua di jalan, bisa sarapan pagi dengan santai, sempat olahraga dulu di pagi hari, dan berangkat kerja juga tidak terburu-buru.

Harga apartemen mungkin sedikit mahal, tapi jika pertimbangannya waktu dan kualitas hidup yang lebih tinggi, kenapa tidak?

 

Fasilitas

Di apartemen tersedia berbagai fasilitas buat kenyamanan hidup kita. Mulai dari fasilitas olahraga, belanja, sosial, kebersihan sampai keamanan.

Buat para singlewan dan singlewati, tinggal di apartemen mungkin lebih pas karena hidup bisa fokus untuk bekerja dan bersosialisasi. Urusan tempat tinggal sudah beres dengan pengelola.

Yang penting kuat mbayar, hahaha!

 

Sebagai Investasi

Apartemen kini banyak diminati oleh segala kalangan. Menyewakan apartemen umumnya sudah full furnished, yang artinya sudah sepaket dengan furnitur di dalam unitnya. Penyewa tidak perlu pusing lagi dengan acara mengisi perabot, yang tentu saja juga punya kewajiban untuk menjaga dan merawat isi apartemen.

Dengan mempertahankan kualitas ruangan, kita bisa menyewakan unit apartemen kita dengan sistem harian, bulanan atau tahunan.

Saat ini banyak juga wisatawan yang lebih menyukai apartemen untuk tinggal sementara. Selain keamanan, keleluasaan seperti di rumah sendiri juga didapat, seperti bisa masak di dapur. Cost sharing juga dimungkinkan di apartemen buat para budget traveler.


Baca juga: Roadtrip Pulau Jawa-Bali selama 12 Hari


 

***

 

Jadilah, sekarang aku benar-benar mempertimbangkan soal apartemen. Belum fix sih, tapi karena provokasi teman-teman aku sungguh memikirkan alternatif ini jadinya hahaha.

Apalagi kalau sudah mulai ngintip-ngintip situs properti. I want them all!! Bagus-bagus banget pilihannya. Langsung berhitung deh dengan budget. Untung masih punya pengingat bernama budget wkwkwk

Oiya, khusus di area Jawa Timur, aku juga menemukan info-info jual apartemen di Surabaya sekiranya minat berinvetasi. Namanya juga sedang mensurvei ya, segala alternatif aku kumpulkan untuk melengkapi dataku. Biar gak nyesel kelak saat mengambil keputusan.

Wish me luck!

Comments

  1. Buat saya investasi di apartment oke selama lokasinya dan fasilitasnya menjual 😁

    Karena jaman sekarang, waktu itu berharga banget, jadi banyak yang berminat 'membeli' waktu agar bisa memiliki kehidupan yang lebih nyaman ~ 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah poin waktu ini yang bikin lebih manteb Mbak Eno. Sudah purna rasanya capek di jalan tiap hari, 2x sehari pulak. Mari kita menghitung budget lagiiiii :D

      Delete
  2. Wish you luck kak Kartika! Semoga baik rumah atau apartemen yang nanti akhirnya dipilih, bisa menjadi hunian yang nyaman buat kakak ya 😍

    Apartemen memang menang banget kalau dari segi fasilitas, aku akui itu. Cuma sensasinya aja yang berbeda antara punya rumah napak sama apartemen hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apartemen kurang romantis kali yaa hahaha kadang ku juga mikir sih, bakal betah gak ya dengan suasana apartemen yang literally individual. Aku memang gak terlalu bergaul sih, tapi kalo sepi banget juga sedih kan. Dilemma :D

      Delete
  3. kayaknya kalau investasi memang apartemen ya dg lokasi yg strategis, kalau buat tinggal aku pilih rumah lebih terbuka dan lbh bisa mengenal tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih Bu, suasana di rumah memang lebih menyenangkan ya, bisa lebih kekeluargaan.

      Delete
  4. Apartemen ada juga yang SHM, mbak.
    Kalo Aku rumah tapak buat liburan, apartemen buat kerja.
    Hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asyik dong ya kalau punya dua2nya, buat alternatif staycation bisa dong yaa

      Delete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular posts from this blog

Parasite (2019), Film Terbaik Pemenang Oscar 2020

Pengalaman Pertama Jadi Komuter di Ibukota. Siapa Takut?!

Tentu Saja Aku Bisa Melakukan Semuanya, Tapi Apakah Aku Mau?