Incendies (2010), Film Pemenang Oscar dengan Plot Twist


imdb.com

Aku bergegas mencari film ini setelah membaca ulasan di salah satu akun di instagram tentang film-film dengan plot-twist keren. Film ini memenangkan beberapa penghargaan film berbahasa asing, yaitu berbahasa Perancis dan diputar dengan teks Bahasa Inggris.

Film-film yang menang di kompetisi selalu menarik hatiku untuk menonton. Rasa penasaran ingin tahu apa sih yang membuat film-film itu bisa menang, pasti ada sesuatu yang istimewa. Terutama film-film asing (baca : bukan Hollywood) seringkali membawa tema yang menarik. Meski sederhana, misal tentang kehidupan sehari-hari, tapi menjadi hal yang baru buatku untuk diketahui.

Aku tidak ingin memberikan spoiler ya, ulasan film juga sudah banyak sekali di media. Aku hanya akan bercerita mengenai kesan setelah menonton film ini.



Kesan pertama, aku sangat menyukai bahasa Perancis. Bukan saja karena dialeknya yang seksi, tapi bahasa ini telah lama menjadi obsesiku -yang sampai saat ini masih belum bisa kukuasai, masih di level pemula. Jadi menonton film ini banyak mengingatkanku pada kosa kata yang pernah kupelajari dulu. Di kepalaku terngiang "Hey, ayo dibuka lagi buku-bukunya!", menyadarkanku bahwa ternyata aku masih ingin belajar bahasa ini.

Kembali ke film, tema drama keluarga yang diangkat film ini juga merupakan favoritku. Banyak hal bisa dipetik dan pelajari dari film-film bertema ini. Apalagi film asing, yang akan mengenalkan beberapa hal baru kebiasaan mereka, atau malah beberapa hal yang sama yang bisa terjadi di Indonesia. Sangat menarik!

Beberapa adegan kekerasan banyak ditampilkan di sini, untuk mendukung cerita tentunya. Itulah sebabnya film ini diberi rating R oleh Rotten Tomatoes. Tidak heran, karena setting film memang di tahun-tahun saat negara tersebut berperang. Melihat adegan peperangan seringkali membuat kita berpikir kenapa sih harus berperang? Tidak ada pihak yang bisa dikatakan menang, karena sesungguhnya semua kalah dalam peperangan. Lalu apa yang sebenarnya hendak di capai? Huft.



Kembali ke film lagi ya 😊

Plot twist yang digadang-gadang di semua ulasan memang dapat banget. Akhir ceritanya tidak tertebak. Setelah menonton, beberapa fakta film saya pertanyakan, namun ketika menonton sama sekali tidak terbersit pertanyaan-pertanyaan itu. Menurut saya, di situlah hebatnya sebuah skenario dan seorang sutradara film, ketika sebuah kisah ingin dibuat dramatis dan durasi (mungkin?) memaksa mereka untuk "agak maksa" tapi dapat dikemas dengan halus sehingga penikmat film tidak repot-repot mempermasalahkan. Bravo!

Oiya beberapa ulasan juga merekomendasikan film lain karya sutradara Kanada ini. Jadi penasaran, mau hunting film dulu ahh!

Comments

  1. Wow seems like a really intriguing movie guess this one's a must watch !!! 👀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, you should if you like plot-twist movie!

      Delete

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah membaca. Tinggalkan komentar ya, biar aku bisa balas BW 😊

Popular posts from this blog

Kecombrang, Pemilik Aroma Segar Dan Rasa Khas Dari Hutan Indonesia

14+ First Love (2015), Kisah Cinta Pertama dari Sinema Rusia

Menikmati sistem transportasi di Jakarta, sudah keren banget!