Inspigo, beneran menginspirasi Bro!


Bertambah lagi nih #favoritthing aku.

Pertama kali tahu soal Inspigo karena ada seorang kawan di instagram yang bulak balik cerita soal ini. Tentang nara sumbernya, topik yang dibahas, ada kopi daratnya. Wah bikin mupeng! Jadilah aku terprovokasi untuk ngintip apa sih sebenarnya barang baru satu ini.

Well, sebenernya ini barang bukan baru-baru amat yak. Aku aja yang baru tahu hahaha.

Jadi ternyata Inspigo sudah dimulai sejak 2018. Dengan menggandeng narsum yang keren-keren, mereka punya berbagai topik yang inspiratif banget. Dari mulai Self improvement, Finance, Lifestyle, Career Development, sampai Mindfulness! Rasanya apa aja yang loe cari, ada!

Duhai para adek-adek milenials, aku rasa kalau diawal karirku dulu sudah ada Inspigo, mungkin aku tidak berada di tempat yang sama sekarang, hehehe. Manfaatin deh, sebaik-baiknya!

Oiya aku masih pake yang gratisan sih. Tentu dengan langganan yang berbayar, lebih banyak lagi konten yang bisa diakses. Saat ini aku masih berusaha keep up, antara meluangkan waktu mendengarkan konten, dengan kecepatan update kontennya. Kalah saing Ferguso!

Berhubung aku baru memulai karirku sebagai pendengar Inspigo, belum semua banget sempat kudengarkan. Tapi aku udah dapat beberapa yang insight nya bagus banget, sesuai dengan yang kubutuhkan saat ini. Ini cuplikan beberapa yang kuanggap keren.



Ronal Surapradja – Navigating Your Career to the Top
https://inspigo.id/


Siapa yang tidak kenal Ronal? Salah satu radio announcer kawakan di indonesia. Bawaannya lucu, ramah, dan dengerin podcastnya berasa menjadi pendengar radionya. Menghibur!

Tapi jangan salah. Topiknya serius dan dia mbahasnya juga serius kok. Tentang karir. Tentu saja dari sisinya sebagai seniman.

Yang aku tangkap dan ngenak banget di aku adalah ketika dia membahas tentang side stories. Jadi secara garis besar ya, Ronal bilang kita perlu mengangkat side stories. Kenapa? Karena berita itu bisa diakses dimana-mana. Bahkan setiap detik ada berita baru lagi. Jika kita mengangkat side stories, cerita sampingan dari berita utamanya, artinya kita tampil beda.

Buat aku ini insight bagus banget, dan bermanfaat banget buat aku, seorang blogger, yang haus dengan konten cerita, ceile. Gimana caranya menampilkan satu tema yang sama, namun dengan sudut pandang yang berbeda. Tentu ini butuh jam terbang dan latihan.

Beberapa kali aku sukses menulis dengan sudut pandang yang berbeda, juga membuktikan bahwa, side stories matters. Meski kala itu belum nyadar ya tentang side stories, hehe. Pengen aja cerita dari sisi yang ini. Dan bener, sukses berat. Banyak komentar yang masuk dari pembaca, yang merasa relate, dan kemudian menyentuh banyak orang.

Ada yang punya pengalaman sama gak dengan aku?



Marlies Fennema & Diego Yanuar – Life Lessons from Biking around The World


Pasangan ini, yes they are a romantic couple 😍, memutuskan bersepeda selama satu tahun, berangkat dari Belanda, dan finish di Jakarta. Motivasinya adalah untuk menemukan diri mereka. Hmm, goals banget kan ya!

Sangat menarik, dan nekat sih menurut aku. Gilaaa... rasanya aku gak mungkin senekat itu. Sepedaan, tidur di jalan, untungnya berdua ya! Dan setahun itu kan lama banget! Gak aku banget! Hahaha

Aku punya mimpi roadtrip keliling Indonesia. Tapi naik mobil, dan gak setahun juga ya. Pe er banget kan mikir duitnya dari mana kalo setahun hahaha

Ok, kembali ke Marlies dan Diego. Jadi di podcast ini mereka cerita tentang kisah mereka, sebelum dan selama perjalanan. Apa motivasinya, dan tantangan terbesar buat mereka.

Yang menarik ketika ditanya soal apakah mau mengulanginya lagi. Keduanya jawab tidak. Diego bilang at least belum kalau ditanya sekarang.

Hmm.. gak nyangka juga jawabannya 😀

Tapi aku jadi menyadari. Well kadang kita emang harus basah untuk tahu apakah kita menyukai air atau tidak. See? Kita harus mencoba hal-hal baru, yang tidak terbayang sebelumnya, di luar zona nyaman kita, untuk menantang diri kita, dan akhirnya kita menjadi lebih tahu tentang diri kita.

Rediscover yourself. 

Menemukan dirimu, yang sudah ada disana, untuk kamu temukan kembali.

Kita terlalu sibuk ingin ini ingin itu. Melihat kesitu pengen, melihat kesana mau juga. Tapi gak ngapa-ngapain juga.

Just go after that. And find out, if it is what you are looking for.

Aku jadi inget juga, kutipan yang pernah kubaca entah di mana, “Lakukan hal-hal yang membuatmu takut, karena itu yang membuatmu tumbuh.”

Nah, jelas kan kita TIDAK harus melakukan sesuatu yang besar, naik sepeda selama setahun misalnya, hanya untuk menemukan diri kita. Lakukan saja hal-hal baru di sekitar kita.

Dan aku terkaget-kaget menemukan bahwa ternyata aku tidak menyukai cowok yang banyak bicara. Terlalu berisik hahaha



Yoris Sebastian – Kreativitas : Skill Yang Bisa Diasah


Mendengar podcast yang ini, mengingatkan diriku di masa yang lalu. Ketika imajinasi anak-anak masih mendominasi duniaku, berani mencoba apa saja, belum mengerti arti konsekuensi. Beranjak dewasa, aku cenderung menjadi orang yang ingin seragam dengan teman-teman yang lain. Maklum ya, peer pressure hahaha.

Ternyata, itu salah satu faktor matinya kreativitas. Karena kreativitas itu bukan bakat, tapi skill. Begitu kata mas Yoris.

Tips yang paling yahud menurutku, untuk mengasah kreativitas, kita harus meninggalkan kebiasaan atau rutinitas. Karena rutinitas itu menutup kemungkinan-kemungkinan kreativitas.

Mulai saja dari hal-hal kecil. Dari hal-hal di sekitar kita. Berangkat ke kantor lewat jalan yang berbeda. Memilih menu makan siang yang berbeda. Menanggapi gangguan di kantor dengan cara yang berbeda. See?! Banyak banget variasi yang bisa kita lakukan, demi melatih kreativitas!

Tips Mas Yoris ini ngenak banget di aku, karena meskipun aku seorang blogger -dan bermimpi jadi content creator handal (amin)- keseharianku adalah seorang akuntan. Tahu kan, analitik dan kaku banget dunianya. Kreativitas emang biasanya aku pancing dengan jalan-jalan, nonton, dengerin musik. Harus keluar dari rutinitas. Nyambung kan sama mas Yoris.

Yang menarik juga, podcast kali ini memberikan sketsa sebagai ilutrasi sebelum mas Yoris bercerita. Jadi pendengar lebih bisa memahami maksud dari setiap episodenya.




Hmm.. ternyata kebanyakan podcast favorit aku berbau kreativitas dan soal menulis ya. Semua kembali ke selera dan kebutuhan masing-masing sih. Jangan dibuat petisi yah hahaha


















Comments

  1. Menarik ya,bisa mendengarkan pemikiran dan opini dari orang orang terkenal. Bisa secara gratis pula. Pilihan podcasts nya cukup beragam. Recommended ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bnr, bagus2
      Banget lho, mumpung masih gratis nih hehe

      Delete
  2. recomended ini bisa dicoba ah dari dulu cari podcast yang bagus gak ketemu juga sih

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat dan pastinya menginsiprasi ya mendengar pengalaman dan opini orang-orang yang hebat di bidangnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lho.. banyak banget pengetahuan baru yg aku dapet disini, karna lintas bidang jd sukak banget nget

      Delete
  4. Wow infonya keren aku jadi tertarik unt denger inspigo juga

    ReplyDelete
  5. Wuih. Sama, saya juga baru tahu kalau ada inspigo. Keren, gratisan pula meskipun yang berbayar aksesnya lebih luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyanih, apapun yang gratisan, kejarrr

      Delete
  6. Mbak, pertanyaan dasar nih, inspigo apa ya? Hehe baru denger banget. Btw nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. macam podcast begitu deh. coba saja cari di playstore

      Delete
  7. inspigo ? jujur aku baru denger dan sampai googling juga loh biar gak penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe syukak deh kalo tulisanku bisa ngasih ide2 baru :)

      Delete
  8. Waah, aku juga baru dengar tentang inspigo ini. Duh, sayang banget ya kalo dilewatin. Cuss mau donlot trus ngulik tiap podcast-nya juga aah...

    ReplyDelete
  9. Aku suka dengan caramu mengulas Inspigo ini....sekeren Inspigonya sendiri. Apalagi ternyata narsum nya kece badai dan memang terbukti dirinya menginpirasi. Sungguh penasaran kepoin Inspigo jadinya akutuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe makasih. kok jadi dapet review atas review yak *tersipu
      selamat ber-kepo ria yaa :)

      Delete
  10. Aku Baru pertama kali tahu inpigo kak pertama baca judulnya aku kira semacam Indigo.hehehe., sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe syukurlah kalau bisa sharing hal-hal baru yang bermanfaat yaaa..

      Delete
  11. Keren banget inspigo. Bisa lihat podcast orang-orang yang menginspirasi. Noted banget bagian untuk menciptakan kreativitas harus meninggalkan rutinitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat yaa... kita semua butuh selingan untuk recharge :)

      Delete
  12. Baru tahu Inspigo, nih. Ternyata asyik, ya. Saya senang mendengarkan ceramah dari motivator. Di Youtube, malahan. Makasih sharingnya. Saya coba nanti. Mau cari-cari tambahan informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bisa sharing hal baru dan bermanfaat ya, semoga cucok juga kayak eike :)

      Delete
  13. Tertarik pengen juga merasakan inspirasi nya nih. Sebebarnya 2018 belum terlalu lama. Jd termasuk yang keren nih podcast nya apalagi grati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. makanya buruan karena masih gratisan hehehe

      Delete
  14. Ooo... baru tahu tentang Inspigo. Sepertinya banyak tips-tipsnya ya. Ntar coba ah...

    ReplyDelete
  15. Huwaaa bagus kak semuanya menginspirasi. Aku suka tulisanmu kak. Berasa beneran aku ke sana heheh

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. 2018 launchingnya. Cukup baru yak. Tapi udh banyak banget contentnya..

      Delete
  17. Iya nih tambah lagi ilmunya biar makin kreativitas, thanks ya kak

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen membaca dan menmenyimak mereka semuanjuga

    ReplyDelete
  19. inspiring.......cool. nice share kak.

    ReplyDelete
  20. Waaaah aplikasi baru nih. wajib dicoba nih, akan sangat membantu sekali tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobalah dengarkan.. mungkin suka juga 😊

      Delete
  21. Wahhh saya sudah download sejak lama, isinya memang bagus banget podcast dari berbagai orang dan sudut pandang orang yang berbeda beda, jadi banyak inspirasi dari sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya ada juga yang sudah tahu hehe, bener kan ya keren :)

      Delete
  22. Baru tau nih ada inspigo, kirain konten kaya gitu cuman di metro tipi mario teguh :( butuh banget inspirasi kaya gini terima kasih banyak sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipi?? sekarang kan jamannya nonton di aplikasi kak hehehe

      Delete
  23. Dari apa yang mbak ceritakan sepertinya sangat menarik...
    Mau tanya, apakah inspigo itu sebuah aplikasi???

    ReplyDelete
  24. Aku juga pendengar inspigo tapi masih newbie juga sih Kak.
    Btw, tapi aku belum pernah mendengarkan Marlies dan Diego.
    Cuma kalau dari review kakak, mereka 1 tahun sepedaan dari Belanda ke Indonesia.
    Wow... Itu keren.
    Sometimes, aku juga ngerasa pengen ngelakuin hal-hal menakjubkan gitu. Tapi balik lagi, uangnya? Ah, tidak semudah itu.
    Bener Kata Kakak. Nggak gampang & juga pengalaman mereka semacam kenekatan yang luar biasa menurutku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, coba deh dengerin Marlies dan Diego. Pesan yang penting aku rasa, tidak harus melakukan sesuatu hal yang nekat atau besar sekali, untuk bisa menemukan jati diri kita. Kadang justru dari hal-hal kecil, kita bisa belajar kan :)

      Delete
  25. saya juga baru dengar ini, inspigo. kupikir mirip semacam konsultan indigo. ternyata saya salah kaprah.

    ReplyDelete
  26. aku juga baru-baru ini tau tentang inspigo.. seru banget sih menurutku

    ReplyDelete
  27. Kapan2 mau coba dengerin juga ah
    --https://bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete

Post a Comment

what do you think? :)

Popular posts from this blog

Parasite (2019)

My Life as Writer

Tentu saja aku bisa melakukan semuanya, tapi apakah aku mau?