Posts

Apartemen vs Rumah, Yang Mana Pilihan Kamu?

Image
Menyambung artikel sebelumnya yang membahas soal hunting rumah, kali ini aku akan membahas soal mempertimbangkan apartemen sebagai hunian.
Baca juga: Menabung Impian Punya Rumah Sendiri
Dari pembicaraan dengan teman-teman sejawat, apartemen cukup bisa diperhitungkan untuk investasi. Bisa dipakai sendiri, dijual kelak, atau disewakan. Banyak juga sih yang kontra dengan memiliki apartemen. Pertimbangannya antara lain soal hak kepemilikian. Membeli rumah artinya memiliki rumah sekaligus tanahnya. Atas bukti kepemilikan tersebut, kita mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM).Berbeda dengan apartemen yang hanya memiliki ruang di dalam sebuah bangunan. Kita berhak menggunakan berbagai fasilitas atas kepemillkan bersama atau yang disebut strata title. Atas kepemilikan tersebut, kita hanya mendapatkan Hak Guna Bangunan (HGB) yang berlaku selama 20 tahun, dan perlu diperbarui setelahnya melalui proses tertentu. Tapi selain poin diatas, kelebihan punya apartemen juga banyak sekali lho...LokasiApart…

Ini Alasan Kenapa Bekerja bersama Para Bule Perlu Dipertimbangkan dengan Serius.

Image
Sebagai bagian dari komunitas karyawan swasta, kami memiliki privilese dalam hal pindah-pindah kerja. Berbeda dengan para PNS, dimana resign bukan cita-cita luhur mereka, kebanyakan dari kami akan semangat untuk pindah kerja karena ada gaji pilihan yang lebih baik di luar sana. Salah satu alasan teratas selain pertimbangan gaji biasanya adalah mencari pengalaman belajar yang berbeda. Dengan berpindah-pindah kerja, kami bisa mencicipi banyak bidang bisnis. Penjelasan sederhananya begini, seorang karyawan di bagian akuntansi bisa bekerja di perusahaan jasa periklanan, manufaktur, retail, restoran, jasa konsultan, dan masih banyak lagi bidang bisnis lainnya. Buat para insan dengan jiwa petualang, kesempatan seperti ini juga memperbanyak relasi, dan tentu saja menambah daftar pengalaman kerja di daftar riwayat hidup atau curriculum vitae. Nah, menurut pengalamanku yang masih sedikit ini, salah satu yang perlu dicicipi juga adalah bekerja di perusahaan asing. Buat para kawan yang sedang si…

Menabung Impian Punya Rumah Sendiri

Image
Adakah yang sedang menabung impian punya rumah sendiri?Rasanya mutlak ya, pada satu titik di kehidupan dewasa kita, pasti terbit keinginan untuk punya rumah sendiri. Bagi yang pernah merasakan lelahnya pindah-pindah kos atau kontrakan, atau betapa waktu berlalu dengan cepat tiba-tiba waktu membayar sudah datang lagi, memiliki rumah sendiri akan menjadi solusi. Uang buat kontrak lebih baik digunakan untuk dijadikan rumah. Hidup juga lebih tenang dengan menetap di suatu tempat. Rumah bukan barang remeh yang harganya murah. Membeli rumah adalah investasi jangka panjang. Membeli rumah harus dengan pertimbangan yang matang karena rumah akan bersama kita untuk waktu yang lama. Semisal salah beli, gak bisa diretur, dijualpun butuh waktu. Saat memutuskan membeli rumah pertamaku, aku terdorong keinginan untuk membuatkan rumah untuk orang tuaku. Dimana di masa tuanya kelak, mereka telah memiliki rumah untuk berlindung, tidak perlu pusing lagi mikirin soal kontrakan rumah. Kami anak-anaknya juga…

Belajar dari Drakor “Reply 1988”, Orang tua dan Anak Berhak Bahagia dengan Cara Masing-masing

Image
Rasanya sepakat ya bahwa Reply 1988 adalah salah satu drakor yang wajib ditonton. Premis ceritanya sebenarnya sederhana, namun karena dibalut dengan kisah persahabatan dan kekeluargaan, rasanya penonton satu suara, Aigoo!!!Sebenarnya sudah banyak sekali yang mengulas serial ini dari berbagai sudut pandang. Tapi kali ini ku ingin membahas soal hubungan orang tua dan anak-anaknya. Di 20 episode Reply 1988 banyak sekali konflik orang tua-anak yang sebenarnya banyak terjadi di sekitar kita, bahkan ada yang kita alami juga. Misalnya soal betapa orang tua mengkhawatirkan masa depan anaknya. Ibu Kim yang khawatir soal Jung-bong yang tak kunjung lolos tes kuliah. Akhirnya bisa lolos tes pun, Ibu Kim masih saja khawatir karena gelagatnya yang malas belajar, gimana mau lulus jadi Sarjana Hukum?! Ada juga Ibu Sung yang diceritakan sampai pergi ke dukun untuk membaca nasib Deok Sun. Ibunya sendiri gak yakin anak ini bakal bisa kuliah atau tidak, mengingat prestasinya di sekolah yang kurang mengge…

Kencan Virtual 15 Menit Bersama Keanu Reeves

Image
Keanu Reeves melelang 15 menit waktunya yang berharga untuk kepentingan amal! Hadiahnya sebuah kencan virtual melalui aplikasi Zoom. Siapapun itu yang beruntung, punya kesempatan ngapain saja selama 15 menit, eksklusif hanya bersama Keanu Reeves. Demi keamanan, disebutkan di situs resminya, Keanu (berasa konco plek banget ya!) bisa membatalkan janji 15 menit itu apabila ada tindakan atau kegiatan yang tidak menyenangkan beliau.Ini ide yang jenius sekali sih. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Keanu sangat in to charity. Dalam suasana pandemi yang khidmat ini, ajakan untuk berbagi kepada sesama dengan hadiah 15 menit nge-Zoom bareng Keanu tentu sangat menggiurkan. Dunia akhirat dapet deh hahaha! Tentu saja ini berlaku buat orang-orang yang berduit ya. Bagi sobat medioker seperti aku, meski ngefan berat sama Keanu sejak dahulu kala, tentu tidak bisa bersaing dengan para sultan sedunia. Catet ya, sedunia lho! Lelang ini berlangsung hingga 22 Juni 2020 lalu. Kabar terakhir di tanggal 18 Juni …

Ini Tips Agar Saat Liburan Kamu Tetap Bugar dan Keren!

Image
Hayoo, siapa yang sudah kangen berlibur?Aku, aku!!!Meski sudah banyak kota yang menerapkan masa transisi, bukan berarti kita bisa langsung lenggang kangkung santuy berlibur ya. Setiap protokol kesehatan tetap harus diperhatikan dan diterapkan. Demi apa? Demi kesehatan pribadi dan orang-orang tersayang di sekitar kita.Sebenarnya tips ini berlaku buat masa liburan yang mana saja, termasuk liburan new normal. Gak pengen kan, lagi liburan malah lemas, masuk angin, atau malah sakit gak bisa kemana-mana. Tips ini lebih ke pencegahan ya. kalau memang sudah terlanjur sakit, sebaiknya istirahat, kalau perlu ya periksa ke dokter.Yuk mariiii....Jangan lewatkan sarapanIni tips terpenting untuk memulai hari-hari berliburmu. Pilihan apapun sarapanmu, mau kopi aja, teh panas saja, atau ditambah makan roti, boleh banget, yang penting sarapan. Biasanya sih kalau lagi tidur di penginapan yang dapat fasilitas sarapan, aku gak akan melewatkan. Eman. Meski menu sarapan andalannya hanya minimalis, tapi lum…

Bukan cuma Buat Komoditi di Televisi, Air Mata Memang Bisa Jadi Solusi Buat Banyak Hal

Image
Membaca banyak artikel mengenai tren acara televisi maupun konten di Youtube yang menganggap air mata sebagai komoditi, saya jadi menyadari bahwa pada kenyataannya, air mata memang bisa menjadi solusi buat banyak hal. Banyak keajaiban terjadi dengan bantuan air mata. Contoh pertama nih, modus promosi jualan di twitter. Mulai dari jualan produk seperti kue kering, dan masakan rumahan, atau jualan jasa seperti karikatur komik dan edit video. Dengan mengedepankan kondisi yang sedang kurang beruntung, misalnya baru di PHK, atau sedang sakit keras, pokoknya yang mengundang rasa iba, baru setelahnya para penjual ini mempromosikan produk atau jasa yang dijualnya. Dengan harapan, kondisi yang disebutkan di awal bisa mengetuk hati para pemirsa tuips untuk membeli produk atau jasanya. Seperrtinya sukses, sih.Gak bisa nyalahin juga sih, mungkin sebagai pengusaha rintisan baru, mereka belum punya testimoni dari pelanggan, yekan? Apalagi buat membayar selebtwit buat endorsement. Ya kali udah punya…

[REVIEW BUKU] Gerhana Kembar by Clara Ng

Image
DATA BUKUJudul: Gerhana KembarPenulis: Clara Ng, 2007ISBN: 978-602-03-1878-3Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama REVIEW BUKUIni kali kesekian aku membaca buku karya Clara Ng. Sejak awal mengenal karyanya aku sudah menaruh minat pada gayanya berkisah. Jadi untuk membaca novelnya yang lain lagi tidak akan membuatku ragu. Aku meminjam buku ini di aplikasi Ijak. Awalnya aku memilih novel ini karena dari sinopsisnya bercerita tentang seorang editor buku dan tentang kisah cinta, favoritku! Baru ketika mulai membaca kata pengantar dari Clara Ng, aku mengetahui bahwa sesungguhnya novel ini berkisah tentang cinta sesama jenis khususnya tentang lesbian.Sangat jarang aku menemui novel yang berani mengangkat topik ini. Tentu saja aku semakin tertarik karena ingin mengetahui dari sudut pandang mana Clara Ng akan bercerita.Dan ternyata, dengan cerdiknya Clara Ng mengambil celah yang berbeda. Dengan alur maju-mundur, pembaca dibawa terbang ke atmosfer tahun 60-an, kemudian 80-an, lalu ke masa sekaran…

Woi, Ini New Normal, Bukan Back to Normal!

Image
1043 kasus baru dalam satu hari. WOW.Kabar terkini covid-19 ini sesungguhnya tidak terlalu mengejutkan. Bukannya berharap ya, tapi dari hari ke hari memang menanjak terus angkanya. Tinggal menunggu waktu saja kapan akan menyentuh angka 1000 per hari. Dan kini, hari itu telah datang rupanya.Tidak terlalu mengejutkan juga, karena sepertinya New Normal yang digadang-gadang sebagai kenormalan baru, lebih dianggap sebagai Back to Normal, kembali ke masa indah dulu. Tidak jelas apakah ini kesalahan dalam memahami istilah-istilah kerennya pemerintah, atau ini adalah sebuah bentuk optimisme bahwa semua akan kembali indah pada waktunya. Hmm~Setiap aku pergi ke minimarket, banyak orang yang cuek tidak memakai masker. Anak-anak juga diajak ikut serta. Mereka cuek berlari-larian dan berteriak-teriak di dalam toko. Orang tuanya cuek tidak melarang. Seperti di masa lalu. Garis batas antrian kasir di lantai juga diabaikan. Kalau ada jarak, malah bisa nyelip dan memotong antrian. Mungkin mereka pikir…